Eddie Vedder Berkonser untuk Pertama Kalinya Pasca Kematian Chris Cornell

“Saya berpikir tentang banyak orang malam ini. Dan terutama beberapa orang tertentu dan keluarganya. Saya tahu kalau penyembuhan membutuhkan waktu," kata vokalis Pearl Jam tersebut

Oleh
Eddie Vedder. Anna Viotti/Side Stage Collective

Eddie Vedder melakukan konser solo pada Sabtu (27/5) malam lalu di Amsterdam, Belanda. Acara tersebut merupakan penampilan pertama sang vokalis Pearl Jam sejak kematian rekan grunge-nya Chris Cornell.

Walau Vedder tak menyebut nama Cornell secara langsung atau membawakan lagu yang berhubungan dengan vokalis tersebut, kematian Cornell tampak memengaruhi suasana sepanjang malam, demikian menurut para penggemar yang berbincang di forum resmi Pearl Jam.

Di satu bagian ketika penampilan, Vedder mengatakan, "Saya berpikir tentang banyak orang malam ini. Dan terutama beberapa orang tertentu dan keluarganya. Saya tahu kalau penyembuhan membutuhkan waktu, kalaupun terjadi, tak akan langsung terjadi, dan hal itu berarti Anda harus memulai di suatu tempat, sebut saja musik. Biarkan cinta dan kebersamaan mengambil alih, dan lepaskanlah semuanya Amsterdam."

Karena ada peraturan yang ketat mengenai pelarangan merekam selama konser, akibatnya tak ada satu pun video tentang percakapan Vedder mengenai kematian Cornell yang dapat diakses.

Vedder memainkan lagu Pearl Jam "Long Road" untuk membuka penampilannya dan mengganti lirik "But still/Something"s missing" dengan "Without you/Something is missing" untuk merefleksikan kematian Cornell.

Vedder juga memainkan cover dari lagu Neil Young "The Needle and the Damage Done," lagu yang sering dibawakan dalam setlist solo Vedder, juga debut cover dari lagu Fugazi "I"m So Tired", judul yang mirip dengan kata-kata terakhir Cornell kepada istrinya via telepon sebelum kematiannya.

Selanjutnya Vedder melanjutkan konser solo lagi di Amsterdam AFAS Live pada 29 dan 30 Mei ini.

Personel Pearl Jam lainnya Jeff Ament merupakan satu dari sekian banyak artis yang menyampaikan pidato penghormatan dalam upacara pemakaman Chris Cornell pada Jumat lalu di Los Angeles, AS. (im/wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Rich Chigga Siap Tur Konser Keliling Amerika Serikat Kedua Kalinya
  2. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik
  3. Pesta Death Metal Maksimal di Everloud III
  4. Bag Raiders, Pendulum dan Colour Castle Akan Tampil di Bestival Bali 2017
  5. Kahitna, Slank, hingga Superman Is Dead Siap Ramaikan Synchronize Fest 2017

Add a Comment