Endank Soekamti Rekaman Album Kedelapan di Atas Perairan Papua Barat

Menggunakan kapal Pinisi Kurabesi Explorer selama satu bulan penuh

Oleh
Endank Soekamti. Dok. Endank Soekamti

Hari ini (23/5) melalui akun instagram resminya, grup pop punk Endank Soekamti berencana melakukan proses rekaman drum untuk album kedelapan mereka. Dengan masih digawangi oleh drummer tamu, The Super SAS, proses take drum kali ini akan mengambil tempat di suatu kawasan perbukitan di Papua, yang jika merujuk pada rilis pers dari pihak band, tempat tersebut bernama Ureni.

Sambil berlayar menggunakan kapal Pinisi Kurabesi Explorer, Endank Soekamti dikabarkan memang sedang dalam perjalanan mereka mengitari perairan Papua Barat guna merekam album kedelapan. Band yang kini berisi Erix Soekamti (vokalis, bass), Dory Soekamti (gitar), juga drummer tamu, Tony Soekamti atau lebih dikenal sebagai The Super SAS memasuki hari kedua pembuatan album kedelapan.

Perjalanan pembuatan album ini dimulai sejak kemarin (22/5) dari Sorong dan direncanakan berakhir pada 21 Juni mendatang dengan berlabuh di Manokwari.

"Sambil menyelam minum air. Di bulan Puasa penuh berkah ini, kembali Endank Soekamti melakukan tradisi tahunannya yaitu bertamasya untuk berkarya. Uniknya kali ini Endank Soekamti akan berlayar mengarungi perairan di wilayah Kepala Burung Papua Barat untuk belajar dan mengajar," jelas pihak band melalui rilis pers.

Nantinya seluruh materi untuk album kedelapan ini akan direkam selama pelayaran satu bulan penuh di atas perairan Papua Barat. Tentunya, mulai dari membuat lirik hingga proses rekaman masing-masing instrumen juga vokal.

Bukan pertama kali Endank Soekamti merekam album di tempat khusus dan bertepatan dengan bulan Puasa. Sebelumnya di album Soekamti Day, Endank Soekamti yang kala itu masih diperkuat drummer Ari Soekamti, juga melakukan karantina, tepatnya di Pulau Gili Sidak, Nusa Tenggara Barat.

Jika tahun lalu mereka aktif menyiarkan kabar terkini soal rekaman selama masa karantina melalui webseries "Ngintip Pembuatan Album Soekamti" di kanal YouTube, tahun ini dengan alasan keterbatasan koneksi internet, Endank Soekamti menggantinya dengan acara siaran live streaming bertajuk Sahur Kamtis setiap pukul 03:00 WIB.

Meski dipandu bukan oleh para personel band Endank Soekamti sendiri, namun tim Euforia Audiovisual Yogyakarta tetap akan memandu dan menyampaikan perkembangan terkini proses pembuatan album kedelapan Endank Soekamti di Papua.

Misi Endank Soekamti menuju Papua Barat untuk membuat album kedelapan sebenarnya sudah tercium sejak awal tahun ini. Ketika itu sang vokalis, Erix bersama dengan timnya melakukan perjalanan ke Indonesia Timur sambil membuat edisi terpanjang dari vlog pribadinya, Diary Of Erix Soekamti (DOES).

Endank Soekamti terakhir merilis album Soekamti Day, sebagai album ketujuh mereka pada Februari 2016. Ketika itu Soekamti Day dirilis dalam format boxset dan proses rekamannya berlangsung di Pulau Gili Sudak, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Narasi Musik Metal Indonesia di Kancah Dunia
  3. Killing Me Inside Kolaborasi dengan Aiu eks-Garasi, Rilis Single Baru “Fractured”
  4. Harry Styles: Superstar Pop Dunia
  5. 10 Film Indonesia Terbaik 2016

Add a Comment