8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan

Sejumlah lagu dari The Beatles, Metallica, hingga Michael Jackson yang dinyanyikan ulang sang rocker

Chris Cornell. (oleh Ivo Kendra)

Chris Cornell selalu memiliki sisi yang lembut, namun di tahun-tahun terakhirnya, vokalis Soundgarden ini berkembang dari menjadi bagian band rock bonafide yang tur kemana-mana hingga sering melakukan sebuah tur akustik solo. Cover "Nothing Compares 2 U" ini mulai beredar tahun lalu, tapi itu hanya sekadar puncak gunung es saja. Sepanjang kariernya, Cornell menggunakan format solo tersebut sebagai kesempatan untuk memamerkan berbagai pengaruh musiknya yang luar biasa luas, mengaransemen ulang lagu-lagu dari semua orang, mulai dari Metallica hingga Bob Marley dengan cara yang cerdas dan mengejutkan. Berikut adalah beberapa contoh favorit dari kami.

1) Led Zeppelin, "Thank You"

Kemiripan vokal Cornell dengan Robert Plant jelas terdengar saat ia menampilkan lagu-lagu Soundgarden yang penuh amarah. Namun di sini, ia menghormati sisi halus pendahulunya dengan membawakan ulang lagu haru "Thank You" dari album Led Zeppelin II.

2) Metallica/U2, "One"

Dalam sebuah acara pada 2013, Cornell bertindak kreatif dengan meleburkan dua lagu terkenal dengan judul serupa: hits kepunyaan Metallica dan U2 yang sama-sama berjudul "One". Ia menyanyikan lirik Metallica dengan iringan musik U2, berujung kepada penampilkan akustik mempesona yang menggabungkan dua estetika yang sangat berbeda.

3) The Beatles, "A Day in the Life"

"Black Hole Sun" memperjelas apa yang diterka orang: selain statusnya sebagai master alt-metal, Cornell juga merupakan seorang pengagum melodic rock khas Beatles. Di lagu ini dia menawarkan versi rapuh dari mahakarya Sgt. Pepper, lengkap dengan bebunyian perkusif di tengah-tengahnya.

4) Whitney Houston, "I Will Always Love You"

"I Will Always Love You" dikenal sebagai sebuah lagu yang sulit dinyanyikan, apalagi setelah lagu klasik Dolly Parton ini dinyanyikan oleh Whitney Houston dan menjadi jauh lebih terkenal. Cornell membuktikan bahwa balada yang sukses ini bisa ia atasi, walaupun dia merendahkan nadanya untuk sebuah versi akustik ini.

5) Pearl Jam, "Better Man"

Setelah Pearl Jam dan Soundgarden menjadi band besar dan terkenal, kolaborasi perdana di antara kedua pentolannya, Cornell dan Eddie Vedder pada album Temple of the Dog telah sukses menjadi sebuah tonggak kebangkitan grunge. Cornell memberikan penghormatan kepada mantan rekan duetnya dengan menyanyikan hit besar milik Pearl Jam, "Better Man".

6) Michael Jackson, "Billie Jean"

Cornell membuat lagu hit dari album Thriller ini menjadi nada yang sedih, mengubahnya menjadi balada rakyat yang suram, pada versi live 2013 ini.

7) Elvis Costello, "(What's So Funny 'Bout) Peace, Love and Understanding"

Pada Lollapalooza 2003 tepatnya di Seattle, AS, Cornell reuni dengan Tool, pentolan sekaligus teman dari Lolla, Maynard James Keenang, turut berkolaborasi di dalamnya, untuk sebuah versi berapi-api dari tembang klasik milik Nick Lowe ini.

8) Bob Marley, "Redemption Song"

Tampaknya setiap penyanyi dan pencipta lagu dengan gitar akustik pernah membawakan lagu bertema harapan dari Bob Marley yang abadi ini, dan tak terkecuali Cornell. Pada 2015, ia menampilkan lagu ini di New York dengan bantuan putrinya, Toni.



Related

Most Viewed

  1. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik
  2. Lagu "Rock Da Mic" dari Shaggydog Digubah Ulang Menjadi Empat Versi Berbeda
  3. Rich Chigga Siap Tur Konser Keliling Amerika Serikat Kedua Kalinya
  4. Iko Uwais Melawan Alien di Candi Prambanan dalam Trailer 'Beyond Skyline'
  5. Kahitna, Slank, hingga Superman Is Dead Siap Ramaikan Synchronize Fest 2017

Editor's Pick

Add a Comment