Berkolaborasi dengan Papermoon Puppet Theatre, Tulus Rilis Video Musik "Manusia Kuat"

Lagu ini melibatkan lima puluh musisi dalam proses pembuatannya

Oleh

Solois ternama tanah air, Tulus, telah melepas video musik terbarunya yang berjudul "Manusia Kuat" pada Kamis (27/4) lalu. Seperti halnya "Ruang Sendiri", video musik ini digarap bersama Embara Films. Namun kini Tulus juga berkolaborasi dengan Papermoon Puppet Theatre, kolektif seniman teater boneka asal Yogyakarta yang karyanya telah mendunia.

Dalam video "Manusia Kuat" milik Tulus, Papermoon Puppet Theatre menampilkan satu tokoh anak-anak yang sedang dihadapkan dengan rasa takut. "Tokoh anak-anak ini berhasil menunggangi rasa takutnya menjadi kekuatan. Sosok anak-anak merupakan lambang harapan, kebebasan, dan masa depan," ujar Tulus melalui rilis pers yang diterima Rolling Stone.

Ia juga menjelaskan bahwa "Manusia Kuat" secara garis besar berfokus pada jiwa selaku kekuatan besar dalam raga manusia. Tulus menyambung, "Jiwa merupakan bagian tidak tersentuh yang tetap bisa berlari kencang walau raga mungkin lumpuh. Lagu ini juga menyerukan keyakinan bahwa tidak ada satu manusia pun yang bisa benar-benar mematahkan langkah baik manusia lain."

Secara musik, lagu "Manusia Kuat"--tercantum dalam album Monokrom--masih digarap oleh produser musik Ari Renaldi dan melibatkan lima puluh musisi dalam proses pembuatannya. Rekamannya dilakukan di dua tempat, yakni Indonesia dan salah satu studio besar di Republik Ceko.

Track dasarnya direkam di Aru Studio, Bandung bersama Ari Renaldi. Sementara untuk pengerjaan di Ceko, Tulus melibatkan The City of Prague Philharmonic Orchestra untuk memainkan isian alat musik gesek. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 12 Lagu Esensial Linkin Park
  2. Iko Uwais Bertarung Bersama Tony Jaa dan Tiger Chen di Film Terbaru, 'Triple Threat'
  3. Linkin Park Batalkan Tur Setelah Kematian Chester Bennington
  4. Dunkirk
  5. Justin Broadrick dari Godflesh Tampil di Album Baru Cavalera Conspiracy

Add a Comment