Album Terbaru Judika Dikerjakan Secara Cepat dan Mahal

Rilisan berjudul sama dengan namanya ini menjadi yang keenam dan berisi sepuluh lagu

Oleh
Judika dalam jumpa pers peluncuran album barunya di Jakarta belum lama ini. Mohammad Zaki

"Ini seperti album Candi Prambanan sebetulnya. Bikinnya ekspres," komentar Mahavira Wisnu Wardhana, A&R Sony Music Indonesia tentang album terbaru Judika yang bertajuk Judika. Wisnu mengaku hanya mengerjakan album ini dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan saja.

"Dalam tiga bulan itu, Judika paling cuma punya waktu kurang dari dua minggu lah," sambungnya lagi. Kesibukan Judika dari satu panggung ke panggung membuat sang solois tak punya waktu banyak untuk rekaman. Bahkan tak jarang, ketika waktu tersedia, giliran kondisi suara Judika yang menghilang.

Beruntung semua keterbatasan itu teratasi oleh profesionalitas Judika. Pernah suatu ketika Wisnu diminta untuk memesan studio untuk rekaman, ekspektasinya adalah satu lagu, satu hari. "Paling satu lagu sudah tepar. Ternyata, tiga (lagu)!" ujar Wisnu, yang lebih dikenal publik sebagai Inu "Numata" ini.


"Judika ini sudah tahu mau kemana arahnya. Dia cuma bilang pingin lagu (yang isinya) strings nya begini, begini. Dia pingin lagu itu diaransemen megah. Megah? Berarti pakai Andi Rianto," ceritanya lagi, "Sama, kemarin pas di Jepang bikin dua video klip dalam satu hari."

Sekadar informasi, pengambilan gambar untuk dua video musik itu pun diambil saat Judika sedang berlibur ke Jepang bersama keluarga. Dia menyempatkan satu hari dalam liburannya itu, khusus untuk pengambilan gambar bagi video musiknya.

Semua kisah itu dibeberkan dalam jumpa pers peluncuran album Judika di Jakarta belum lama ini. Atas semua cerita di balik pengerjaan album keenamnya yang ngebut, Judika lantas mengimbanginya dengan fakta lain. Tanpa menyebut angka, Judika mengklaim ini adalah album mahal.

Selain karena proses mastering dilakukan di Sterling Sound, New York, Amerika Serikat, lagu demi lagu di album ini juga digarap secara serius oleh sejumlah penata musik ternama di negeri ini. Mulai dari Badai (eks-Kerispatih), Bebi Romeo, Aldi Nada Pratama (pencipta lagu "Harus Terpisah" yang dipopulerkan Cakra Khan), Tohpati, Andi Rianto, trio Lale Ilman Nino, Ari Aru (penata musik lagu-lagu Tulus), Ricky Five Minutes, hingga Irwan Simanjuntak.

Sedangkan untuk proses mixing, Judika mempercayakan lagu-lagunya kepada Stephan Santoso. "Aku pikir ini juga sudah album keenam, jadi wajar lah jika Judika kami beri yang terbaik, dari rekaman, mixing sampai mastering, pemotretan sampul album sampai logo Judika pun kami ganti," jelas Inu.

Judika juga langsung merilis dua single sekaligus, yakni "Lebih dari Cinta" dan "I Love You", dimana kedua single inilah yang dikerjakan dalam satu hari selama sang penyanyi masih liburan di Jepang. Tak heran, model di dalam video musik ini adalah istri Judika, Duma Riris serta dua buah hatinya, Cleo dan Judeo.


Sebelumnya rilisan terakhir Judika keluar pada dua tahun yang lalu. Ketika itu runner-up Indonesian Idol 2005 ini merilis album The Best of Judika, setelah pada 2014 merilis album Hati & Cinta, yang di dalamnya berisi hits seperti "Apakah Ini Cinta" dan "Sampai Kau Jadi Milikku."

Editor's Pick

Most Viewed

  1. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  2. Inilah Para Pemenang AMI Awards 2017
  3. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  4. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
  5. Trailer Film 'Posesif' Tampilkan Adipati Dolken dan Putri Marino dalam Percintaan yang Brutal

Add a Comment