Spotify: “The Chainsmokers Paling Didengarkan oleh Pelajar Indonesia”

Berdasarkan temuan data riset Spotify dalam rangka meluncurkan penawaran Student Plan

Oleh
Perilisan Spotify pada Maret 2016 lalu Decky Arrizal

Layanan streaming musik raksasa asal Swedia, Spotify baru-baru ini merilis data temuan terhadap pendengar mereka yang masih pelajar. Data ini dirilis sekaligus dalam rangka memperkenalkan layanan khusus untuk para pelajar yang disebut dengan Student Plan untuk 33 negara, termasuk Indonesia di dalamnya.

Berdasarkan rilis pers yang diterima Rolling Stone, dalam riset tersebut Spotify menemukan bahwa secara global, pelajar adalah penggemar musik terbesar di Spotify.

"Pelajar mendengarkan musik sekitar 70 persen jam lebih banyak dari musik per minggu dari tipikal pengguna rata-rata," tulis pihak Spotify melalui rilis pers.

Lebih lanjut, terkait temuan riset, mereka menambahkan, " Secara global, pelajar mendengarkan musik paling banyak pada hari Sabtu, dengan waktu utama di jam 17:00. Sepuluh hari terbesar bagi pelajar untuk mendengarkan musik yang membantu mereka fokus belajar terjadi pada pertengahan Desember, dengan hari puncak pada 12 Desember."

Sementara The Chainsmokers, masih berdasarkan riset tersebut, adalah artis paling populer di kalangan pelajar, khususnya di Indonesia. Para pelajar pendengar The Chainsmokers adalah mereka yang berusia 18 hingga 21 tahun dalam 12 bulan terakhir riset tersebut dilakukan. Berdasarkan rentang usia yang sama pula, pendengar tersebut menjadikan "Closer" dari The Chainsmoker sebagai artis paling populer.

Untuk genre, pop dan hip hop masih mendominasi di daftar sepuluh besar lagu paling populer di kalangan pendengar pelajar ini. Secara berurutan dimulai dari urutan pertama yakni : Pop, Dance Pop, Pop Rap, Rap, Southern Hip Hop, Hip Hop, Trap Music, Dwn Trap, Post-Teen Pop, dan terakhir Gangster Rap.

Layanan musik streaming Spotify sendiri diluncurkan pertama kali di Swedia pada 2008. Pada Juni 2016, streaming musik ini mengumumkan bahwa mereka telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya. Ini secara tidak langsung menjadikan Spotify memimpin pasar layanan streaming musik dari segi jumlah pengguna.

Di Indonesia sendiri Spotify secara resmi telah tersedia sejak 30 Maret 2016 silam.

Editor's Pick

Add a Comment