Europe on Screen 2017 Akan Terlaksana Sepuluh Hari di Enam Kota

Memutar tujuh puluh empat film dari dua puluh satu negara daratan Eropa

Oleh
Materi promosi Europe on Screen 2017. EuropeOnScreen.org

Europe on Screen selaku festival yang khusus memutar film-film dari Benua Eropa siap diadakan kembali pada tahun 2017. Dimulai dari 5 hingga 14 Mei mendatang, ajang tahunan ini bakal diadakan di enam kota yaitu Jakarta, Denpasar, Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Semua acara dan pemutaran film dapat dihadiri secara gratis.

Total tujuh puluh empat film dari dua puluh satu negara daratan Eropa akan ditayangkan. Seluruhnya terbagi dalam lima program yang masing-masing adalah XTRA, Discovery, Docu, Retro, Open Air, dan Film Meetings.

Pada XTRA, delapan belas film berstatus box office maupun yang ikut kompetisi Oscar dan/atau Cannes akan diputar. Ada pun lokasi pemutarannya di Erasmus Huis, Goethe Haus, Institut Francais, Instituto Italiano, dan Kineforum. Beberapa judul film yang tercantum dalam program XTRA adalah A Man Called Ove (Swedia) dan Toni Erdmann (Jerman) yang membawa pulang trofi Oscar 2017 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Sementara untuk program Discovery, ada dua puluh tiga film dari sutradara-sutradara berbakat Eropa yang akan ditayangkan, antara lain Goodnight Mommy (Jerman), Standing Tall (Perancis) yang membuka festival film Cannes 2015, dan Son of Saul (Hungaria) yang memenangkan Oscar 2016 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Pada program Docu, ada enam belas film dokumenter yang ditayangkan. Fire at Sea (Italia) yang menjadi salah satu nomine dalam kategori Film Dokumenter Terbaik pada Academy Award 2017 layak diantisipasi. Film dokumenter kisah cinta dua tahanan Syria, A Syrian Love Story (Inggris), juga diputar.

Sesuai dengan nama programnya, Retro mempersembahkan film-film lampau dari sutradara legendaris. Untuk tahun ini, ada Blackmail garapan Alfred Hitchcock yang rilis tahun 1929 dan The Exterminating Angel buatan Luis Bunues dari tahun 1962.

Bagi pecinta film-film yang lebih populer, program Open Air yang digelar di Erasmus Huis, Bintaro Xchange, dan Gandaria City menayangkan deretan judul yang meliputi Paddington, Now You See Me 2, sampai Ballerina.

Jadwal dan informasi lengkap Europe on Screen 2017 bisa diakses melalui situs resminya. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment