Shaggydog Rilis Ulang Album 'Putra Nusantara' dalam Format Piringan Hitam

Merayakan Record Store Day 2017 regional Yogyakarta

Oleh
Shaggydog. Agan Harahap

Grup musik ska/reggae veteran asal Yogyakarta, Shaggydog, siap merilis ulang album Putra Nusantara dalam format piringan hitam dua belas inci. Album yang pertama kali dirilis tahun lalu ini memuat lagu-lagu seperti "Putra Nusantara", "Rock da Mic", "Suka Reggae", hingga "Kere Hore". Rencananya piringan hitam Putra Nusantara akan dilepas bersamaan dengan perayaan Record Store Day 2017 regional Yogyakarta.

Proses rekaman album ini dilakukan oleh para personel Shaggydog dengan metode karantina di kawasan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Bantul, Yogyakarta. Album yang juga melibatkan beberapa musisi seperti Sudjiwo Tejo, Danar 'Souljah', Iwa K, dan Riri 'Everyday' ini di-mastering oleh Andy Walter--pernah menangani U2, Coldplay, David Bowie--di studio legendaris Abbey Road, London, Inggris.

"Durasi vinyl yang lebih pendek dari CD membuat lagu 'Kamu Di Hatiku' dan sebuah hidden track terpaksa dihilangkan sehingga hanya menyisakan total sebelas lagu," tulis pihak Doggyhouse Records seperti dikutip dari siaran pers.

Ada pun kuantitas piringan hitam Putra Nusantara hanya akan disediakan terbatas, tepatnya sebanyak seratus buah.

Pihak Doggyhouse Records akan membuka periode pra-pesan piringan hitam Putra Nusantara seharga Rp 275 ribu mulai 22 April hingga 30 April mendatang. Sedangkan harga normalnya akan dipatok Rp 300 ribu. Namun Para Doggies (sebutan penggemar Shaggydog) bisa membeli piringan hitam Putra Nusantara lebih dulu dengan harga istimewa Rp 250 ribu di perayaan Record Store Day 2017 regional Yogyakarta yang akan terselenggara di Rumah Budaya Prof. Soeroso (Angkringan Sari Dele) pada 22 April.

Pada hari Record Store Day 2017, Shaggydog juga akan melepas video musik untuk nomor "Rock Da Mic" yang penggarapannya dilakukan oleh tim Shaggydog sendiri. Pengambilan gambar untuk video musik ini dilakukan saat mereka tampil di festival musik dan industri kreatif ternama South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, AS. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Grass Rock, Steven Jam, SATCF Siap Ramaikan RadioShow di Kota Malang
  2. 24 Kota Merayakan Record Store Day 2017 di Indonesia
  3. Alvin Eka Putra: Bermusik dengan Sikap Mental Positif
  4. Kelompok Penerbang Roket dan Mooner Dijadwalkan Tampil di Australia
  5. Unit Post-Punk Pendatang Baru Ibu Kota, Pelteras, Rilis Dua Lagu dalam Format Kaset

Add a Comment