Gitaris Jazz Fusion Legendaris, Allan Holdsworth, Tutup Usia

Wafat dalam usia 70 tahun, penyebab kematiannya belum diketahui

Oleh
Allan Holdsowrth. youtube.com/jarasum jazz

Gitaris jazz fusion legendaris, Allan Holdsworth, dikabarkan telah wafat di rumahnya di kawasan San Diego County, California, Amerika Serikat, pada Minggu (16/4) kemarin. Kabar duka ini awalnya disebarkan oleh anak kandung dari Holdsworth bernama Louise via akun Facebook-nya. Saat berita ini dituliskan belum diketahui penyebab kematian holdsworth. Ia wafat di usia 70 tahun.

"Dengan berat hati kami ingin memberi tahu semuanya bahwa ayah kami tercinta telah meninggal dunia. Dengan hormat kami minta privasi dan waktu berduka kami atas kehilangan ayah, kakek, teman dan musisi jenius kecintaan kami. Kami akan mengabarkan teman-teman dekat dan keluarga ketika pengaturan layanan telah dibuat dan memberitahu publik akan adanya upacara pemakaman terbuka, di mana Anda semua bisa hadir," kata Louise seperti dilansir dari teamrock.com.

Ia melanjutkan, "Tidak bisa dipungkiri kami masih terkejut atas kematiannya yang mendadak dan tidak bisa berkata banyak atas kesedihan luar biasa yang kami alami sekarang ini. Ia akan sangat dirindukan. Louise, Sam, Emily, & Rori."

Nama Holdsworth mulai dikenal sebagai pemain gitar yang orisinal dan menjanjikan di era akhir '60-an hingga awal '70-an. Kemudian permainan gitarnya mulai menjadi sorotan ketika di pertengahan '70-an Holdsworth mulai memperkuat musisi-musisi fusion jazz dan rock progresif ternama seperti Tony Williams Lifetime (meneruskan tugas John McLaughlin), Soft Machine, Gong, hingga Jean-Luc Ponty.

Gitaris-gitaris ternama dunia pun menyampaikan rasa dukanya lewat linimasa sosial media atas kehilangan sosok Holdsworth. "Kontribusi unik Allan Holdsworth terhadap gitar elektrik sangat luar biasa," kata Steve Vai. "Saya ingat ia mengatakan kepada saya bahwa ia memiliki tujuan untuk membuat katalog musik yang besar. Dan ia berhasil … Kepada Allan, Anda sangat luar biasa dari kami semua yang tersentuh sangat dalam dengan kecemerlangan Anda, kami bersyukur. Beristirahat lah dengan sangat damai, temanku."

Hal serupa juga disampaikan oleh gitaris Joe Satriani. "R.I.P. Allan Holdsworth. Anda tetap menjadi inspirasi yang sangat besar untuk saya. Musik indah yang Anda buat akan hidup selamanya."

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Konser Lima Dewa Gitar Dunia di Jakarta
  2. Meluncurkan Album Debut, Mooner Gelar Acara ‘NasiPadangEveryday’
  3. Eks-Drummer Dewa 19 Memperkuat Duo Math Rock, Direct Action
  4. Bergabung dengan Orange Cliff Records, Helmproyek Rilis Album Mini
  5. Penampilan Danilla dan Stars and Rabbit di Authenticity

Add a Comment