Anang Menyerahkan Naskah Akademik RUU Permusikan ke Komisi X DPR

Akan mengatur standar dalam industri rekaman, pertunjukan, perdagangan hingga edukasi musik

Oleh
Anang Hermansyah bersama para anggota Komisi X DPR RI.. dok. Anang Hermansyah

Penyanyi sekaligus anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah, pada Rabu (12/4) kemarin telah menyerahkan secara resmi Naskah Akademik (NA) Permusikan kepada pimpinan Komisi X, termasuk ketua Teuku Riefky Harsya. Hal ini dilakukan oleh Anang sebagai bentuk komitmen dirinya dalam memajukan industri musik Indonesia.

"Alhamdulillah respons pimpinan Komisi X atas usulan saya tentang RUU Permusikan sangat positif. Ini langkah positif bagi musik Indonesia," kata Anang di gedung DPR Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Rolling Stone. Bagi Anang dengan adanya dukungan dari Komisi X, proses pembahasan RUU Permusikan akan berlangsung lebih cepat. Dirinya pun menargetkan RUU Permusikan bakal masuk ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2017 pada pertengahan atau akhir tahun ini.

Menurut Anang, RUU Permusikan akan memberi kejelasan tentang peraturan juga jaminan hak-hak para pelaku industri musik Indonesia. "Misalnya dalam RUU Permusikan akan diatur secara jelas terkait dengan pengaturan hak-hak keperdataan dalam industri musik," katanya.

Dirinya melanjutkan, "yang penting juga RUU Permusikan mengatur soal standard pengaturan dalam industri rekaman, pertunjukan, perdagangan termasuk melalui berbagai media komunikasi seperti karaoke, restaurant dan lain-lain," jelas Anang. Tidak hanya sampai di situ, RUU Permusikan juga akan menyentuh aspek edukasi di bidang musik. "Aspek pendidikan musik juga akan diatur dalam regulasi ini," tambah Anang.

RUU Permusikan juga akan mengatur tentang sertifikasi musisi yang dengan kata lain melindungi juga mengakui hak-hak para musisi. "RUU Permusikan ini juga mengatur soal organisasi musisi yang berfungsi untuk mengatur mereka sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk penguatan musisi yang akhirnya menjadi bagian kemajuan musik nasional," jelas Anang.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
  4. Inilah Para Pemenang AMI Awards 2017
  5. 17 Lagu Indonesia Bertema Kebangsaan Terbaik

Add a Comment