Filastine & Nova Suarakan Kehancuran Dunia Lewat Lagu "Perbatasan"

Dirilis pula video musik yang sesuai dengan konsep lagu

Oleh

Setelah menyelesaikan seri video musik Abandon, Filastine bergerak ke proyek selanjutnya. Pada single baru "Perbatasan", duo musik lintas negara ini mengubah nama menjadi Filastine & Nova. Lagu terbaru mereka disebut sebagai pembuka untuk album mendatang bertajuk Drapetomania.

Lagu "Perbatasan" masih menonjolkan percampuran musik elektronik eksperimental dengan sensibilitas pop. Liriknya masih terinspirasi dari kerusakan yang terjadi di dunia. "Di antara kekacauan dunia/Kehancuran di mana-mana/Kepercayaan hilang musnah," nyanyi Nova Ruth dengan lirih seakan merespons keadaan dunia di mana orang-orang dibelah oleh dominasi kapital.

Bersamaan dengan perilisan lagu, Filastine & Nova juga melepas video musik untuk "Perbatasan". Penyanyi Nova Ruth menyanyi di atas becak berhias lampu neon yang menyusuri jembatan penyeberangan. Video musik disutradarai oleh Grey Filastine dengan bantuan kamera dari Rahadyan Amandita, Varyan Tyan, dan Fauzi Sasongko.

Album Drapetomania akan dirilis pada 28 April mendatang. Album sudah bisa dipesan melalui Bandcamp kepunyaan Post World Industries selaku label rekaman. Tersedia tiga pilihan format, yaitu piringan hitam dua belas inci, CD kemasan digipack, dan album digital. Post World Industries juga menyediakan paket diskografi digital yang merangkum perjalanan bermusik Filastine.

Grey Filastine berasal dari Barcelona, sedangkan Nova datang dari Malang. Filastine & Nova adalah suami istri yang telah bermusik bersama sejak album Loot pada 2012. Mereka dikenal atas aktivisme dan perhatiannya kepada masyarakat terpinggirkan. Kolaborasi Filastine & Nova telah menghasilkan antara lain mixtape resmi untuk film dokumenter The Act of Killing, penampilan di kamp migran Hutan Calais, sampai sound hack di Paris Climate Summit. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Konferensi Musik Indonesia, Archipelago Festival, Siap Diselenggarakan Oktober Mendatang
  2. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  3. Film 'Turah' Dipilih untuk Mewakili Indonesia pada Oscars 2018
  4. Saksikan Trailer Film ‘Chrisye’ yang Menampilkan Vino G. Bastian
  5. Proyek Musik Elektronik Putra Bungsu Addie MS, Mantra Vutura, Rilis Album Mini

Add a Comment