Peringati Ulang Tahun ke-30, Roxx Rilis Album Baru Bertajuk 'Anthem'

Memuat lima lagu baru dan empat lagu lama, termasuk nomor legendaris "Rock Bergema"

Oleh
Roxx 2017: Raiden Soedjono, Toni Monot, Trison Manurung, Didik Danardono, dan Iwan Achtandi (dari kiri) Indra Suhyar

Salah satu veteran heavy metal tanah air, Roxx, telah merilis album baru bertajuk Anthem dalam rangka merayakan ulang tahun mereka yang ke-30. Album studio keenam ini memuat sembilan lagu yang terdiri dari lima lagu baru serta empat lagu lama yang menurut band ini dicantumkan setelah melalui proses seleksi dengan para penggemar.

Pihak band mengakui bahwa pembuatan Anthem terinspirasi oleh semangat dari album Black rilisan tahun 1992, yaitu dengan niat membuat sejarah baru dalam perjalanan musik Roxx. Hal teknis pada penggarapan album baru juga berusaha menyerupai album klasik tersebut.

"Teknis pekerjaan recording-nya berusaha seperti album pertama banget. Jadi nggak terlalu banyak overdubbing. Roxx itu drum, bas, dua gitar, vokal; selesai. Jadi saat tampil exactly seperti ini. Dari vokal juga nggak banyak efek," jelas gitaris Didik Danardono alias DD Crow dalam sesi konferensi pers di Rolling Stone Cafe, Ampera, Jakarta pada Jumat (31/3) lalu.

Anthem juga menjadi album Roxx pertama pasca mundurnya gitaris Jaya pada Januari 2016 lalu. Mereka terakhir bekerja dengan Jaya pada album Jauh dari Tuhan yang dirilis tahun 2013. Dalam pernyataannya, Roxx mengaku memiliki berbagai perubahan cara kerja dalam menggarap album ini yang disebabkan oleh ketiadaan Jaya.

"Kalau dulu dengan adanya Abah (panggilan akrab Jaya), dia merangkap produser dan sound engineer juga. Jadi semua materi melewati satu portal, yaitu dia. Sekarang portal itu sudah nggak ada, jadi kami lebih bebas beride mengungkapkan keinginan," ujar drummer Raiden Soedjono.

Selain DD Crow dan Raiden, Roxx kini juga diperkuat oleh Trison Manurung (vokal), Toni Monot (bas, vokal latar), dan Iwan Achtandi (gitar, vokal latar). Album keenam mereka, Anthem, akan diperjualbelikan mulai 1 April dalam format ketengan CD dan paket beserta bonus DVD. Pada format yang terakhir disebut, Roxx menyelipkan video musik untuk lagu "Rock Bergema" versi gubahan terbaru. Sebelumnya lagu legendaris ini tidak pernah memiliki video musik sejak pertama diciptakan pada 1987 silam.

"'Rock Bergema' itu terlalu sakral untuk diubah-ubah, jadi kami nggak ubah terlalu banyak. Tapi pastinya yang kami rekam adalah emosi kami saat ini," jelas Raiden.

Sebelum merilis album keenam ini, Roxx telah lebih dulu melepas video musik untuk single berjudul "Black Status". (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Konser Lima Dewa Gitar Dunia di Jakarta
  2. Meluncurkan Album Debut, Mooner Gelar Acara ‘NasiPadangEveryday’
  3. Eks-Drummer Dewa 19 Memperkuat Duo Math Rock, Direct Action
  4. Bergabung dengan Orange Cliff Records, Helmproyek Rilis Album Mini
  5. Penampilan Danilla dan Stars and Rabbit di Authenticity

Add a Comment