Vokalis Shaggydog Rilis Lagu Elektronik Terbaru, "Senyawa Alam"

Memuat bebunyian yang diambil langsung dari alam

Oleh
Heru Wahyono alias Heruwa Facebook Heru Wahyono

Lebih dari satu tahun lalu sejak berkolaborasi dengan JRX dari Superman is Dead untuk menghasilkan single "Samiya", vokalis Shaggydog Heru Wahyono alias Heruwa kini telah merilis lagu baru sebagai artis solo yang diberi judul "Senyawa Alam".

Untuk mendapatkan racikan komposisi dalam single bernuansa elektronik ini, Heruwa turun langsung ke alam untuk merekam berbagai hal yang kemudian dituangkan ke dalam lagu.

Heruwa menyatakan kalau "Senyawa Alam" menyimpan suara-suara yang dikumpulkan dari lima 'sumbu imajiner' Yogyakarta, yaitu Gunung Merapi, Tugu, Kraton, Panggung Krapyak, dan Laut Selatan. Beberapa suara tersebut adalah gaung benturan batu vulkanik di Gunung Merapi, riuh pengamen angklung di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, hingga olahan perkusi dari cadik perahu di Laut Selatan. Lagu ini juga dibuka dengan lantunan "Macapat".

"Saya ditantang untuk menjadi 'pesulap' di proyek ini. Saya merekam apa saja yang saya jumpai di jalan bersama Erix Soekamti. Misal, suara mangkok penjual bubur yang akhirnya jadi 'gamelan' . Ya, apa saja dan tanpa direncana," ujar Heruwa.

Lagu yang di-mastering oleh Rangga Sang Eshayoga ini dirilis oleh DoggyHouse Records dan dapat dibeli di toko musik pada 3 April mendatang. Untuk menyempurnakan segi visualnya, Heruwa mempercayakan departemen artwork kepada Gilang Kusuma Wardhana yang mengadaptasi lukisan Raden Saleh berjudul Gunung Merapi Meletus di Malam Hari. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Afgan Dipaksa Turun Panggung di Prambanan Jazz Festival 2017
  2. Bos Prambanan Jazz Menjelaskan Insiden yang Menimpa Afgan
  3. Live Review: Efek Rumah Kaca: Semarang Bisa Dikonserkan
  4. Semarang Bisa Dikonserkan oleh Efek Rumah Kaca
  5. Saksikan Trailer Film ‘Pengabdi Setan’ Garapan Ulang Joko Anwar

Add a Comment