Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka

Lagu "Jadilah Legenda" awalnya ingin digunakan dalam kampanye #JokowiMenjawab

Oleh
Superman is Dead. Ucok Olok

Drummer Superman is Dead, Jerinx memberikan dukungan kepada para petani Kendeng dengan menolak penggunaan lagu bandnya untuk kampanye Presiden Indonesia, Joko Widodo. Melalui Facebook pribadi, Jerinx memberikan pernyataan yang diberi tagar #kendengberduka.

Jerinx menulis, "Hampir saja jadi miliuner. Kid you not. We (SID) just said NO to the (team of) President of Indonesia. They sent us a request to use the song (which I wrote) 'Jadilah Legenda' for their campaign. It was a really good offer that could bring us lots of fortune. But humanity comes first. Unless there"s justice for the Kendeng revolution, we will not associate our band and our songs with the President."

Melalui wawancara lewat aplikasi pesan kepada Rolling Stone, Jerinx menceritakan kalau tanggal 22 Maret, Superman is Dead menerima SMS dari tim media sosial Presiden Joko Widodo. Isinya adalah permintaan izin untuk memakai lagu "Jadilah Legenda" beserta beberapa bagian video musik lagu tersebut sebagai soundtrack untuk program #JokowiMenjawab.

"Saya sebagai penulis lagu 'Jadilah Legenda' merasa kurang sreg saja lagu saya dipakai alat 'kampanye' Jokowi (atau politisi manapun) terlebih setelah melihat sikap Jokowi terhadap kasus Kendeng. Saya 100% mendukung perjuangan warga Kendeng. Saya khawatirkan solidaritas saya terhadap Kendeng terdistorsi jika lagu yang saya tulis dipakai alat kampanye beliau. Saya juga menolak tawaran tersebut sebagai peringatan pada beliau jika saya/SID tidak akan selalu setuju atas kebijakan beliau. Contohnya, sikap 'diam' beliau terhadap penolakan reklamasi Teluk Benoa yang diperjuangkan selama 4 tahun oleh puluhan desa-desa Adat di Bali. Saya merasa beliau sudah saatnya untuk diingatkan," jawabnya. Ia menegaskan, "Saya bukan musisi istana."

Berikutnya Jerinx belum punya rencana lebih banyak untuk mendukung petani Kendeng, namun ia mengatakan, "Mungkin jika ada kesempatan konser di kota yang dekat dengan Kendeng kami akan mencoba mencari waktu untuk sekadar bertemu dengan para petani tersebut."

Kini Superman is Dead sedang mengerjakan album kesembilan. "Saat ini saya sudah menulis belasan lagu, rekan-rekan saya di SID juga menulis banyak lagu. So far, sepertinya akan menjadi album bertemperatur tinggi. Direncanakan rilis tahun ini. Mungkin selepas tur Eropa SID Agustus-September ini," tutupnya.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Live Review: Mocca x Payung Teduh
  2. Payung Teduh Memperkenalkan Single Terbaru, "Di Atas Meja"
  3. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  4. JRX, Frau, Iksan Skuter Bakal Tampil di Acara Solidaritas Korban Penggusuran Kulon Progo
  5. Live Review: Elephant Kind X Rock N Roll Mafia

Add a Comment