Paul McCartney tentang Chuck Berry: "Ia adalah Penyihir"

"Sangat tidak mungkin untuk menyimpulkan bagaimana berartinya ia bagi kami, para pemuda yang tumbuh di Liverpool," tulis salah satu eks Beatle ini tentang legenda rock yang telah berpulang

Oleh
Paul McCartney menulis sebuah penghormatan kepada Chuck Berry, menyebut legenda rock yang telah berpulang tersebut sebagai seorang "penyihir" yang amat memengaruhi The Beatles. paulmccartney.com

Dalam sebuah penghormatan reflektif kepada mendiang Chuck Berry, Paul McCartney memberikan penghormatan kepada pengaruh besar ikon rock tersebut pada format musik The Beatles. "Bagi kami, ia adalah seorang penyihir yang membuat musik yang eksotis, namun normal, dalam waktu yang bersamaan," tulis sang penyanyi lewat situs resminya. "Kami belajar banyak sekali darinya yang kemudian membawa kami ke dalam dunia impian musik rock & roll."

Sementara ia mengakui bahwa "sangat tidak mungkin untuk menyimpulkan bagaimana berartinya ia bagi kami, para pemuda yang tumbuh di Liverpool," McCartney menunjuk beberapa momen khas yang mendemonstrasikan kejeniusan Berry sebagai gitaris dan penulis lirik. "Sejak menit pertama kami mendengar intro gitar hebat untuk lagu 'Sweet Little Sixteen,' kami menjadi penggemar Chuck Berry yang hebat," lanjutnya. "Ceritanya lebih mirip seperti puisi daripada lirik – seperti 'Johnny B. Goode' or 'Maybellene.'"

Sang mantan Beatle juga mengingat pertemuan dengan idola rocknya tersebut di kampung halaman Berry, St. Louis, di sela-sela tur mereka. "Itu adalah sebuah kenangan yang akan selalu saya hargai selamanya," ujarnya, menyebut Berry sebagai "salah satu penyair terbesar rock & roll."

The Beatles membuat rekaman ulang dari salah satu hit khas Berry, "Roll Over Beethoven" (1956) dalam album kedua mereka, With the Beatles (1963). Mereka juga menambahkan sentuhan mereka sendiri dalam lagu "Rock and Roll Music" dalam album Beatles for Sale (1964).

The Fab Four kemudian sering memberi penghormatan kepada Berry dalam tahun-tahun tur mereka. Kompilasi Live at the BBC (1994) memasukkan versi mereka dari lagu "Too Much Monkey Business," "Carol," "Johnny B. Goode," "Memphis, Tennessee," "Roll Over Beethoven," "Sweet Little Sixteen," "Rock and Roll Music" dan "I Got to Find My Baby."

Anggota Beatle yang lain, John Lennon, adalah seorang penggemar Chuck Berry yang antusias selama hidupnya. Pada 1972, mereka berdua tampil bersama (dengan Yoko Ono) dan duduk dalam sebuah wawancara untuk The Mike Douglas Show.

Setelah kematian Berry hari Sabtu (18/3) lalu di usia 90 tahun, musisi papan atas banyak yang menulis penghormatan yang merefleksikan kejayaannya. The Rolling Stones menyebutnya "seorang gitaris, penyanyi, dan penampil yang brilian" dan "yang paling penting … adalah seorang ahli dalam menulis lagu." Bruce Springsteen menganggapnya sebagai "praktisi rock terbesar, gitaris, dan penulis rock & roll murni terbesar yang pernah hidup," sementara Brian Wilson menyatakan bahwa Berry "mengajarkannya untuk menulis melodi rock & roll."

Penghormatan Paul McCartney untuk Chuck Berry

"Chuck Berry, sedihnya, telah berpulang akhir minggu lalu. Ia adalah salah satu penyair terbesar rock 'n' roll. Ia akan dirindukan namun diingat oleh semua yang pernah mencintai rock 'n' roll.

" Sejak menit pertama kami mendengar intro gitar hebat untuk lagu 'Sweet Little Sixteen,' kami menjadi penggemar Chuck Berry yang hebat. Ceritanya lebih mirip seperti puisi daripada lirik – seperti 'Johnny B. Goode' atau 'Maybellene. Bagi kami, ia adalah seorang penyihir yang membuat musik yang eksotis, namun normal, dalam waktu yang bersamaan. Kami belajar banyak sekali darinya yang kemudian membawa kami ke dalam dunia impian musik rock & roll."

"Chuck pernah, dan akan selalu menjadi salah satu legenda terbesar rock "n" roll di seluruh dunia. Saya merasa terhormat pernah bertemu dengannya di kampung halamannya, St Louis, saat saya bermain di sana dalam sebuah tur dan itu adalah sebuah kenangan yang akan saya hargai selamanya. Sangat tidak mungkin untuk menyimpulkan bagaimana berartinya ia bagi kami, para pemuda yang tumbuh di Liverpool, namun saya akan mencobanya." (fra/wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 20 Lagu Indonesia untuk Kaum Buruh
  2. [Exclusive] Emir Hermono Merilis Album '3 AM in Jakarta'
  3. Movie Review: Guardians of the Galaxy Vol. 2
  4. Stars and Rabbit Siap Menjalani Tur Konser Asia 2017
  5. Damon Albarn Bicara tentang Album Terbaru Gorillaz yang Penuh Bintang dan Masa Depan Blur

Add a Comment