Hiroaki Kato Rilis Album Pertama di Indonesia

Juga berkolaborasi dengan Arina Mocca dan Noe Letto.

Oleh
Hiroaki Kato saat peluncuran album pertamanya pada Kamis (9/2) lalu di Rolling Stone Cafe, Jakarta. Rasyid Baihaqi

Penyanyi pendatang baru asal Jepang, Hiroaki Kato merilis album perdana berjudul sama dengan namanya, Hiroaki Kato, bersamaan dengan ulang tahunnya pada Kamis (9/2) kemarin yang juga bertepatan dengan Hari Musik Nasional. Hiroaki Kato memuat sepuluh lagu termasuk single perdana "Buatmu Tertawa" yang sudah disebarkan sejak Februari lalu. Dalam album ini, ia menyanyi dalam tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Jepang.

"Dalam sepuluh lagu yang saya bikin itu enam lagu dan empat lagu cover. Untuk empat lagu cover, saya menyanyi dengan bahasa Indonesia, Jepang, dan juga Inggris. Saya juga berkolaborasi dengan dua musisi, yaitu Noe Letto dan Arina Mocca," ujar Hiroaki Kato saat jumpa pers di Rolling Stone Café, Jakarta.

Empat lagu musisi lain yang dinyanyikan ulang oleh Hiro –panggilan Hiroaki Kato– diantaranya: "Ruang Rindu" dari Letto, "Happy" dari Mocca, "My Everything" penyanyi asal Vietnam, Tien Tien, dan "Nada Sousou" yang populer dinyanyikan Rimi Natsukawa.

"Lagu "Ruang Rindu" adalah lagu Indonesia pertama yang saya terjemahkan ke dalam bahasa Jepang dan saya menyanyikannya duet dengan Noe Letto. Kami bernyanyi dengan bahasa Jepang dan Indonesia," tambahnya. Ia juga mengatakan bahwa dalam lagu ini Noe Letto bernyanyi dengan bahasa Jepang. "Saya memaksa dia menyanyi dengan bahasa Jepang [tertawa]."

Hiroaki Kato juga mengajak vokalis Mocca, Arina Epiphania untuk ikut bernyanyi dalam lagu "Nada Sousou". Ia berkata: "Lagu ini merupakan salah satu lagu Jepang yang saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan saya berduet dengan Arina Mocca."

Selain bernyanyi, Arina juga membantu Hiro dalam menulis lirik lagu bahasa Indonesia. "Saya minta kepada Arina untuk membantu saya mengerjakan album ini terutama dalam penulisan lirik. Karena bahasa Indonesia saya belum cukup untuk bikin lirik yang sempurna. Jadi saya menulis lirik dan Arina mengoreksinya," ujar Hiro yang sudah lama menggemari Mocca.

Sementara untuk pengerjaan albumnya, Hiroaki Kato dibantu Ari Renaldi sebagai produser –produser musisi kenamaan Indonesia seperti Mocca, Glenn Fredly, Tulus, Yura Yunita–, serta melibatkan Topan Abimanyu dan Rudy Zulkarnaen. Setelah peluncuran albumnya, Hiro akan tampil di berbagai kota di Indonesia dan juga di Okinawa, dan Hammatsu, Jepang.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Maliq & D’Essentials, The Sigit, Stars and Rabbit Siap Ramaikan Pizza e Birra Oktobeerfeast, Jakarta
  2. Seni Musik Keras di Rock In Borneo 2017
  3. Film 'Turah' Dipilih untuk Mewakili Indonesia pada Oscars 2018
  4. Konferensi Musik Indonesia, Archipelago Festival, Siap Diselenggarakan Oktober Mendatang
  5. 10 Kolaborasi Seru yang Terjadi di Soundrenaline 2017

Add a Comment