Anang Menggagas RUU Tata Kelola Industri Musik Pada Hari Musik Nasional

"UU Tata Kelola Industri Musik akan membuat kebijakan kemajuan musik Indonesia lebih sistematik dan berkesibambungan," ungkap anggota DPRI RI ini

Oleh
Anang Hermansyah, anggota DPR RI. fraksipan.com

Untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini, musisi sekaligus anggota DPR RI Anang Hermansyah menggulirkan Rancangan Undang Undang Tata Kelola Industri Musik. Menurutnya, peringatan Hari Musik Nasional harus disertai dengan langkah kongkret dan simultan.

"Secara resmi saya gulirkan usulan RUU Tata Kelola Industri Musik. Naskah akademik (NA) RUU tersebut telah rampung digodok oleh tim. Insya Allah tahun ini masuk dalam perubahan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2017 atau setidaknya masuk dalam Prolegnas tahun 2018," ujar Anang di sela-sela reses di Jember dalam siaran pers yang diterima Rolling Stone.

Pemicunya adalah UU No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Persoalan tata kelola musik hanya diatur melalui keberadaan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK). Persoalan lainnya belum diatur di UU Hak Cipta. "Makanya cukup urgent keberadaan UU Tata Kelola Industri Musik ini. Karena dalam UU ini juga akan mengatur soal hak ekonomi semua stakeholder, hak moral, sertifikasi dan royalti serta penegasan terhadap musik tradisional," papar Anang.

UU Tata Kelola Industri Musik yang dirancang akan lebih menjamin dan menghargai profesi musisi. Menurut Anang, jaminan terhadap hak-hak pelaku industri musik akan menempatkan industri musik pada posisi terhormat. "Lebih dari sekadar itu, dengan UU Tata Kelola Industri Musik juga akan membuat kebijakan kemajuan musik Indonesia lebih sistematik dan berkesibambungan. UU ini juga mengatur soal pendidikan musik," ungkap Anang.

Musisi asal Jember ini mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengumpulkan stakeholder musik Indonesia mulai dari musisi, industri dan pihak terkait untuk meluncurkan secara resmi usulan RUU Tata Kelola Industri Musik.

Dia meyakini bila RUU Tata Kelola Musik disahkan maka akan menjadi kebangkitan di dunia musik Indonesia. Menurut dia, praktik pembajakan diyakini akan dapat ditekan semaksimal mungkin. "Bayangan saya, pembajakan akan menghilang dengan komitmen penegakan hukum yang serius serta para stakeholder di insutri musik akan semakin terlindungi karya dan hak-haknya," tandas pencipta lagu ini.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  2. 8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan
  3. Dialog Santai Komunisme dalam Peluncuran Album Debut Jason Ranti
  4. JKT48 Meluncurkan Setlist Terbaru ‘Sekarang Sedang Jatuh Cinta’
  5. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017

Add a Comment