Tipe-X Resmi Meluncurkan Buku Perdana, '1999'

Berisi kisah unik dan penting dalam dua puluh dua tahun perjalanan karier

Oleh
Para personel Tipe-X memamerkan buku yang baru mereka luncurkan. Indra Suhyar

Grup musik ska ibu kota Tipe-X telah meluncurkan buku perdana mereka yang bertajuk 1999 pada Rabu (8/3) lalu di toko buku Gramedia cabang Matraman, Jakarta. Buku ini memuat berbagai kisah unik dan penting yang pernah terjadi dalam perjalanan karier band sejak didirikan dua puluh dua tahun silam, mulai dari disandera haters hingga momen nyaris bunuh dirinya salah satu personel.

Vokalis Tresno Riadi mengungkapkan bahwa biografi ini dibuat untuk mencurahkan pengalaman bahwa menjadi grup musik itu tak selalu penuh suka. "Ada kisah lain yang tak bisa diungkapkan dari atas panggung," ujarnya.

Biografi ini memiliki tagline "Ketika Pecundang Menjadi Pemenang"; dan pemilihannya tidak muncul tanpa alasan. Tresno menjelaskan, "Awal kami mulai, sebelum tahun 1999, kami dianggap aneh sama orang-orang. Mereka bilang, 'Apa sih itu bandnya? Genre-nya apa?' Kalau ngobrol dengan orang lain tentang musik ska juga dibilang, 'Musik apaan tuh? Aneh.'"

Pandangan sebelah mata tersebut juga sempat mereka terima dari label rekaman. Namun akhirnya mereka bisa membuktikan diri dan sukses menjual ratusan ribu kopi album.

Dalam menerbitkan 1999, Tipe-X terlebih dahulu menggalang dana lewat situs Cari Cara selama lebih kurang empat bulan. Dengan bantuan beberapa X-Friends dan X-Angels, sebutan bagi penggemar Tipe-X, buku ini akhirnya berhasil diterbitkan melalui Warmedia Publisher.

"Buku ini nggak terlalu kaku seperti biografi lainnya, jadi lebih ke semi-novel. Tapi cerita-ceritanya cukup real. Masing-masing anggota punya banyak cerita menarik," ujar Aranda Ara mewakili Warmedia Group. Ia kemudian membeberkan kalau ke depannya mungkin saja buku ini diadaptasi ke dalam bentuk visual.

Saat ini, 1999 baru tersedia di toko buku kawasan Jabodetabek. Bagi yang ingin membeli namun berada di luar kawasan tersebut, buku ini bisa dipesan melalui situs Blibli.com. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Afgan Dipaksa Turun Panggung di Prambanan Jazz Festival 2017
  2. Bos Prambanan Jazz Menjelaskan Insiden yang Menimpa Afgan
  3. Sixpence None the Richer, Dewa19, KLa Project, Stinky Siap Ramaikan The 90's Festival 2017
  4. Saksikan Trailer Film ‘Pengabdi Setan’ Garapan Ulang Joko Anwar
  5. Aktor ‘X-Men’ dan ‘Jurassic Park’ Menjadi Anggota Queen di Film Biografi

Add a Comment