Film-film Asia Tenggara Akan Ditayangkan di ASEAN International Film Festival & Awards 2017

Ada 10 film Indonesia yang akan ditayangkan di pesta perayaan film Asia Tenggara ini

Oleh
'Istirahatlah Kata-Kata' menjadi salah satu film Indonesia yang akan ditayangkan di ASEAN International Film Festival & Awards 2017. Limaenam Films

ASEAN International Film Festival & Awards (AIFFA) kembali dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Acara yang diadakan dua tahun sekali ini akan digelar pada 4 hingga 6 Mei 2017 di Kuching, Sarawak. Seluruh pembuat film Asia Tenggara diundang untuk mengirimkan karya.

Livan Tajang, direktur festival AIFFA datang langsung ke Indonesia untuk menyampaikan kabar ini. Konferensi pers bertempat di Restoran Dua Nyonya, Cikini, Jakarta ia mengharapkan lebih banyak film Indonesia didaftarkan dan tentunya kedatangan penonton Indonesia ke acara tersebut. "Festival ini terbuka untuk film komersial maupun independen, dengan tema seputar permasalahan negara ketiga," tuturnya.

ASEAN International Film Festival & Awards pertama kali diadakan pada 2013. Tahun ini, AIFFA mengadakan serangkaian acara yang dimulai sejak Februari 2017. Program yang dijalankan adalah lokakarya film untuk 200 anak muda Sarawak, peluncuran Sarawak Youth Short Film Education & Competition 2017, lalu Hollywood MasterClass Program di Selangor, sampai pemutaran film ASEAN selama sebulan di Godown Amphitheatre Waterfront.

Untuk acara utama, tahun ini AIFFA memperkenalkan AIFFA Biz World yang pertama –sebuah kolaborasi antara AIFFA dan South-east Asian Audio-Visual Association (SAVAA). Sebuah program yang memungkinkan pembuat film untuk bertemu dengan produser kreatif, pemilik IP, distributor, dan pemodal konten. Selain itu ada juga Café Crawl di mana penonton dapat berbaur dengan para bintang dan sineas sambil menyaksikan film-film ASEAN dan internasional.

AIFFA juga berusaha mematahkan Guiness World Records untuk pertemuan terbesar orang-orang dengan kostum kucing pada 4 Mei di Kuching. Sementara pada 6 Mei akan diadakan Gala Night yang merupakan jamuan makan malam resmi sekaligus pengumuman pemenang festival film. Penghargaan diberikan dalam 16 kategori untuk sutradara, direktur fotografi, aktor, penulis, editor, dan juga penghargaan khusus Lifetime Achievement and Inspiration.

Tahun ini, film arahan sutradara asal Filipina Lav Diaz The Woman Who Left akan ditayangkan sebagai film pembuka. Total 10 film Indonesia sudah mendaftar untuk AIFFA yaitu Salawaku, Ziarah, Turah, Surat dari Praha, Jingga, Super Didi, Sunya, Ada Apa Dengan Cinta? 2, Istirahatlah Kata-Kata, dan Athirah.

Editor's Pick

Add a Comment