Konsol Rekaman Album 'The Dark Side of the Moon' dari Pink Floyd Akan Dilelang

TG12345 MK IV yang mahsyur pernah tersimpan di Studio 2 Abbey Road dan juga digunakan oleh Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr

Oleh
Sampul album Pink Floyd, 'The Dark Side of the Moon'. Harvest

Konsol rekaman di Studio Abbey Road yang digunakan dalam pembuatan album The Dark Side of the Moon dari Pink Floyd akan dilelang Maret ini.

Konsol rekaman EMI TG12345 MK IV milik Studio Abbey Road, yang sejak 1971 hingga 1983 tersimpan di Studio 2 Abbey Road yang mahsyur, adalah salah satu benda penting di pelelangan yang diselenggarakan Bonham dan TCM Presents… Rock and Roll Through the Lens, yang akan dilangsungkan pada 27 Maret mendatang di New York, AS.

Tidak ada perkiraan harga yang ditetapkan untuk alat ini, namun konsol ini diharapkan dapat mencapai angka enam digit pada pelelangannya.

Mikerossphotographic.com

Tiga anggota The Beatles - Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr – juga masing-masing menggunakan konsol tersebut untuk rekaman sebagai artis solo, Kate Bush dan The Cure pun memakai Studio 2 (Abbey Road) untuk dapat menggunakan konsol yang hanya terdapat dua unit di dunia tersebut.

TG12345 MK IV tercipta berkat kolaborasi antara Abbey Road dengan teknisi EMI dan dianggap sebagai salah satu konsol terbaik yang pernah dibuat berkat teknologi inovatif dan perangkat modern-nya.

Penjual konsol ini, produser Mike Hedghes, membelinya langsung dari Abbey Road pada 1983, saat studio itu memperbarui peralatan mereka. Sejak saat itu Hedghes menyimpan konsol tersebut di studionya, di mana TG12345 MK IV masih dalam 'kondisi kerja yang sempurna'.

Sementara satu unit TG12345 MK IV lainnya, yang dulu berada di Studio 3 Abbey Road dan kemudian dipindahkan ke Studio 1, saat ini tersimpan di Prime Studios di Austria.

Pelelangan konsol rekaman ini disertai dengan surat asal kepemilikan, termasuk dari mantan manajer Abbey Road Studio Ken Townsend, juga disertai dengan instruksi manual, sejarah yang terdokumentasikan mengenai konsol tersebut dari teknisi Abbey Road Brian Gibson dan satu kopi The Dark Side of the Moon, yang disebut oleh Rolling Stone sebagai Album Rock Progresif Terbaik Sepanjang Masa. (ims/wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 20 Lagu Indonesia untuk Kaum Buruh
  2. [Exclusive] Emir Hermono Merilis Album '3 AM in Jakarta'
  3. Movie Review: Guardians of the Galaxy Vol. 2
  4. Stars and Rabbit Siap Menjalani Tur Konser Asia 2017
  5. Damon Albarn Bicara tentang Album Terbaru Gorillaz yang Penuh Bintang dan Masa Depan Blur

Add a Comment