Joko Anwar Garap Ulang Film Horor Legendaris 'Pengabdi Setan'

Direncanakan rampung tahun ini

Oleh
Joko Anwar Bayu Adhitya

Sutradara Joko Anwar mengumumkan kalau ia bakal menggarap ulang film horor legendaris Pengabdi Setan. Kabar ini disampaikan melalui akun media sosialnya, baik Twitter maupun Facebook. Bila semua berjalan sesuai rencana, Pengabdi Setan akan menjadi film horor pertamanya.

Dalam beberapa kesempatan Joko pernah mengatakan kalau Pengabdi Setan adalah salah satu film horor lokal favoritnya. Saat dikontak melalui sambungan telepon oleh Rolling Stone Indonesia, ia mengatakan: “Pengabdi Setan adalah film masa kecil favorit gue.”

Keinginan untuk membuat ulang Pengabdi Setan pun telah Joko utarakan berulang kali. “Gue sudah kejar dari sepuluh tahun lalu. Sekitar akhir tahun lalu, gue diperbolehkan oleh Rapi Films untuk menggarap ulang,” ujarnya menceritakan. Rapi Films adalah rumah produksi yang membuat Pengabdi Setan asli dan nantinya juga versi modern yang akan digarap Joko.

Poster film Pengabdi Setan versi orisinal

 

Sejauh ini film Pengabdi Setan sudah menyelesaikan skenario dan sedang memasuki tahap casting. Joko yang menulis sendiri skenarionya. Syuting direncanakan untuk mulai pada akhir April. Sementara jadwal tayang masih belum bisa dipastikan.

Pengabdi Setan yang memiliki judul internasional Satan’s Slave adalah film horor yang telah menjadi cult bagi pecinta film internasional. Terutama dikarenakan pernah rilis di Jepang dalam versi bootleg dan di Amerika Serikat lewat distributor Brentwood Home Video.

Film yang dirilis tahun 1980 ini merupakan garapan dari Sisworo Gautama Putra, sutradara yang lebih dikenal lewat kolaborasinya dengan Suzzanna. Ada pun pemerannya antara lain Ruth Pelupessy, W. D. Mochtar, Fachrul Rozy, sampai H. I. M. Damsyik. Pengabdi Setan menduduki posisi puncak pada daftar 13 Film Horor Indonesia terseram versi Rolling Stone Indonesia. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment