Drummer Ajaib, Rafi Muhammad, Merilis Single "Break the Rules"

Melibatkan musisi-musisi andal tanah air, termasuk maestro jazz Indra Lesmana

Oleh
Rafi Muhammad. Alain Goenawan

Drummer yang merilis album perdana satu dekade silam dengan identitas Rafi and the Beat ketika masih berusia 10 tahun, Rafi Muhammad, telah merilis single terbaru "Break the Rules" pada Kamis (2/3) ini. Lagu tersebut merupakan salah satu materi dalam album barunya yang dijadwalkan rilis pada 2017. Pada lagu ini Rafi melibatkan musisi-musisi andal tanah air, termasuk maestro jazz Indra Lesmana.

"Awalnya gue ingin ada part solo gitar di lagu 'Break the Rules', tapi gue nggak kepikiran siapa sosok gitaris yang bisa memiliki energi dan pemilihan nada keren. Akhirnya gue minta Mas Indra untuk mengisi dengan keytar dan setelah dengar hasilnya gue kaget banget. Gila!," kata Rafi seperti dikutip dari siaran pers.

Selain menyumbangkan permainan keytar, Indra juga terlibat dalam proses mixing dan mastering untuk album Rafi secara keseluruhan. "Mas Indra adalah salah satu orang yang berperan besar dalam kehidupan gue. Hampir semua hal yang ingin gue lakukan selalu didiskusikan dengan dia. Gue main musik bareng dia sejak usia 14 tahun sampai sekarang, dia adalah mentor yang sangat menginspirasi," puji Rafi.

Tak hanya Indra, "Break the Rules" juga melibatkan Felix Bulix (gitar), Fajar Adi Nugroho (bas), Doni Joesran (piano), dan Randy MP (programming).

Menurut penuturan Rafi, single ini bercerita soal kehidupan masa mudanya. Proses penciptaannya terjadi cukup spontan dan natural. Ia menerangkan, "Lagu ini juga bercerita tentang proses bermusik gue. Awalnya gue ragu untuk membuat album solo hingga akhirnya memberanikan diri untuk merilisnya tahun ini." katanya yang juga mengaku sudah memendam materi-materi albumnya selama tiga tahun.

Album solo Rafi dijanjikan memuat elemen musik jazz, fusion, rock, progressive jazz, psychedelic, dan hip hop. Ia mengaku sudah memendam sekumpulan materinya selama tiga tahun. Gitaris tersohor Dewa Budjana juga dikabarkan menyumbang permainan pada album yang tajuknya masih belum diketahui ini.

Untuk departemen artwork, Rafi mempercayakan penggarapannya kepada Ardneks. Bahkan single "Break the Rules" pun sudah disertai dengan desain dari seniman muda ibu kota bernama asli Kendra Ahimsa ini.

Selain Rafi and the Beat, Rafi juga pernah merilis album bersama Art of Tree. Ia terlibat pula dalam trio jazz LLW serta band terbarunya Her Coat of Arms yang diperkuat Sri Hanuraga dan Adra Karim. (rn)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan
  2. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  3. Dialog Santai Komunisme dalam Peluncuran Album Debut Jason Ranti
  4. JKT48 Meluncurkan Setlist Terbaru ‘Sekarang Sedang Jatuh Cinta’
  5. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017

Add a Comment