Al Jarreau, Penyanyi Jazz Pemenang Grammy, Wafat dalam Usia 76 Tahun

“The Acrobat of Scat” wafat setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit akibat kelelahan

Oleh
Al Jarreau. Jasper De Boer/The Nederlands

Al Jarreau, penyanyi jazz pemenang tujuh kali Grammy yang dijuluki "Acrobat of Scat" dan aktif merilis karya selama lima dekade, meninggal dunia pada hari Minggu (12/2) lalu. Ia berusia 76 tahun.

Kematian Jarreau dikonfirmasi melalui situs resminya namun tidak ada informasi mengenai penyebabnya. Awal pekan lalu, akun Facebook resmi Jarreau mengabarkan bahwa ia sedang menjalani perawatan di rumah sakit Los Angeles akibat kelelahan dan semua jadwal konser mendatang terpaksa dibatalkan.

"Hal ini kami umumkan dengan rasa sedih yang mendalam, Al berhenti tur," tambah catatan tersebut. Selang sehari, penggemar diberitahu bahwa Jarreau "perlahan membaik. Anaknya melaporkan bahwa ia melihat ayahnya sedang menyanyikan 'Moonlighting' ke salah satu perawat." Namun tiga hari kemudian, Jarreau meninggal.

Dalam sebuah tulisan tentang kematian Jarreau pada situs resminya, seseorang yang kenal dengan penyanyi tersebut menulis, "Beberapa hari yang lalu, saya diminta untuk mendeskripsikan Al kepada seseorang yang mengetahui keberhasilannya tapi tidak mengenalnya secara personal. Saya menanggapinya dengan ini: prioritas keduanya dalam hidup adalah musik. Tidak ada prioritas ketiga. Dan prioritas pertamanya, jauh dari prioritas lainnya, adalah untuk menyembuhkan atau menghibur siapa pun yang membutuhkan. Dari kepedihan emosional, ketidaknyamanan fisik, atau penyebab derita lainnya, ia ingin menenangkan pikiran kita dan mengistirahatkan hati kita. Ia ingin memunculkan senyum hangat. Lagu hanyalah alatnya untuk membuat itu terjadi."

Selama kariernya yang telah menginjak empat puluh tahun, Jarreau pernah berkolaborasi dengan nama-nama seperti Miles Davis (legenda jazz itu pernah membawakan lagu yang berjudul "Al Jarreau"), George Benson, Jill Scott, David Foster, David Saborn, Chick Corea, dan musisi jazz raksasa lainnya.

Selain memenangkan tujuh Grammy, sebagian besar untuk kategori Best Jazz Vocal Performance, Al Jarreau juga dinominasikan sebanyak delapan belas kali, termasuk Album of The Year pada 1982 untuk album penuh Breakin" Away rilisan 1981. Nominasi Grammy terakhirnya datang pada tahun 2013 sebanyak tiga buah: Best Jazz Vocal Album (Live), Best Instrumental Arrangement Accompanying Vocalist ["Spain (I Can Recall)"] dan Best Children"s Album (JumpinJazz Kids – A Swinging Jungle Tale).

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Narasi Musik Metal Indonesia di Kancah Dunia
  3. Killing Me Inside Kolaborasi dengan Aiu eks-Garasi, Rilis Single Baru “Fractured”
  4. Saksikan Foo Fighters Memainkan Lagu Baru, "Lah Di Da"
  5. 10 Film Indonesia Terbaik 2016

Add a Comment