‘Wiro Sableng 212’ Menjadi Film Indonesia Pertama yang Diproduksi Fox International

Vino G. Bastian bakal memerankan karakter judul

Oleh
Salah satu materi promosi 'Wiro Sableng 212' Lifelike Pictures

Lifelike Pictures dan Fox International Productions bekerja sama mengangkat serial silat legendaris Wiro Sableng 212 ke format film panjang. Vino Bastian telah ditunjuk memerankan karakter Wiro Sableng. Wiro Sableng 212 sendiri pertama kali beredar di publik sebagai serial novel yang dikarang oleh Bastian Tito, penulis yang juga merupakan ayah dari Vino.

Film Wiro Sableng 212 diproyeksikan rilis tahun 2018 dan akan mulai diproduksi tahun ini. Angga D. Sasongko didaulat menjadi sutradara. Dalam rilis pers yang diterima Rolling Stone ia menyampaikan, "Bagi saya ini adalah sebuah kehormatan. Dengan Wiro Sableng 212 yang begitu menarik dan legendaris, saya mendapat kesempatan untuk keluar dari zona nyaman dengan menjelajah suatu tema dan genre film baru."

Skenario film ditulis oleh Sheila Timothy, Tumpal Tampubolon, dan Seno Gumira Adjidarma. Koreografi laga dikerjakan oleh Yayan Ruhian. Sampai sekarang belum ada sinopsis mengenai film yang akan dibuat.

Untuk jajaran pemeran, selain Vino ikut tampil pula Marsha Timothy dan Sherina Munaf. Keduanya belum diketahui akan berperan sebagai siapa. Film ini juga akan menandai kembalinya Sherina ke layar lebar setelah tujuh belas tahun lalu melakukan debut sebagai pemeran utama Petualangan Sherina.

Wiro Sableng pertama kali muncul pada 1967 dalam cerita Empat Berewok dari Goa Sanggreng. Setelahnya ada 184 judul lain yang diterbitkan; judul terakhirnya dirilis tahun 2006. Ini menjadikannya serial silat terpanjang dan terlama di Indonesia.

Usaha untuk membawa kisah Wiro Sableng ke layar sebetulnya telah beberapa kali dilakukan. Dalam film panjang, sudah ada tujuh film Wiro Sableng yang semuanya diperankan oleh Tonny Hidayat. Sedangkan dalam serial televisi, Wiro Sableng pernah diperankan oleh Ken Ken dan Abhie Cancer. Di antara ketiganya, peran Ken Ken paling melekat karena popularitas serialnya yang diputar rutin lewat stasiun televisi RCTI.

Wiro Sableng 212 edisi baru merupakan film Indonesia pertama yang turut diproduksi Fox International Productions, bagian dari salah satu rumah produksi terbesar di dunia 2oth Century Fox Film Corporation. Sebelumnya mereka sempat bekerja sama dengan rumah produksi Korea Selatan untuk membuat The Wailing dan The Yellow Sea yang keduanya diarahkan oleh Na Hong-jin. (rn)

Editor's Pick

Add a Comment