Free Download: Skalie - "Alkohol"

Single terbaru salah satu band pelopor ska di tanah air

Oleh

Skalie, sebuah band ska fenomenal dari timur Jakarta yang berdiri sejak 1996 dan sangat besar di komunitas underground era Harley Davidson dan Poster Café setelah melewati perjalanan dan proses yang cukup panjang dan berliku akhirnya akan merilis album kedua di awal 2017.

Album kedua ini memakan rentang waktu 10 tahun setelah debut album perdana mereka Skalie For Sale (Revival Records) di tahun 2007 yang cukup sukses di lingkup komunitas ska independen Jakarta, cukup banyak kendala dan problema yang dihadapi dalam proses pengerjaan album ini. Berawal dari kepergian drummer Skalie yang meninggalnya dikarenakan sakit, keyboardist dan gitaris yang harus pindah keluar kota dikarenakan pekerjaan namun pada akhirnya mereka kembali ke Jakarta dan kembali aktif bersama Skalie, pergantian personel pada bass dan drum serta penambahan fomasi personel untuk mengisi trombone. Proses rekaman album ini sendiri memakan waktu dua tahun.

Album yang diberi tajuk Abadalabid atau berarti "abadi" menurut bahasa Indonesia baku berisikan 12 lagu ska yang sangat variatif, memadukan musik ska dengan elemen musik lain seperti bossas, rock, 80's pop dan new wave menjadi sebuah album transisi dari musikalitas Skalie yang semakin mengalami pendewasaan eksplorasi sound dan progresi kord lagu yang berbeda dari album pertama namun tetap tidak keluar dari karakter dan benang merah music Skalie.

Secara konsep Skalie mencoba keluar dari pakem tradisional yang ada pada musik ska dan pada kebanyakan band ska lainya dengan karakteristik vokal yang menjadi signature tersendiri dan lirik yang banyak menggunakan kata-kata yang diambil dari kamus bahasa Indonesia baku serta dikemas dengan lugas dan jenaka.

Perilisan album terbaru ini juga akan dibarengi dengan rilisnya film dokumenter Drugs, Violence and Revival – 20 Years of Skalie. Sebuah film dokumenter berdurasi hampir satu jam yang menceritakan tentang perjalanan band Skalie pada era awal yang dekat dengan drugs dan perkelahian hampir di setiap acara di era ini hingga mereka mempunyai slogan "Skalie, Sex, Drugs and Rocksteady" sampai perjuangan Skalie untuk kembali berkarya dengan citra yang jauh lebih positif dengan meninggalkan drugs, alkohol beserta sejenisnya. Film dokumenter ini di garap oleh Allan Soebakir dari Sinema Pinggiran.

Single pertama dari album kedua ini berjudul "Alkohol", lagu yang bercerita tentang seseorang yang memutuskan untuk berhenti mengonsumsi alkohol. Sebuah lagu yang dibuat dan dedikasikan untuk Skalie sendiri. Single dan video musik "Alkohol" dirilis secara berbarengan pada 3 Februari 2017. Video musik "Alkohol" juga diproduksi oleh Allan Soebakir dan Sinema Pinggiran.

Skalie, untuk info lebih lanjut hubungi:
Tubagus Boris Herlambang
Mobile : 0898 904 9503
Email : indonesian.revival@gmail.com

----

ALKOHOL


*Bergelas-gelas sudah terlewati
Di balik namamu ku benamkan diri
Hingga ku tak"kan sanggup lagi berdiri

Reff : Alkohol

Lupa ingatan dan ku lupa diri
Dibalik wajahmu ku sembunyi
Yang di dalam perut pun termuntahkan lagi
Reff : Alkohol

Sejenak jiwa ku terbang melayang
Bumi yang ku pijak pun bergoyang
INTERLUDE

Kembali ke *
Alkohol ( Ku tak"kan sanggup lagi )
Alkohol ( Aku tak sanggup lagi )
Alkohol ( Aku tak sanggup lagi )
Alkohol ( Dan akupun berhenti )

---

Download MP3: "Alkohol" - Skalie

(Untuk mengunduh lagu silakan klik kanan pada pranala dan klik 'Save Link As')

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Narasi Musik Metal Indonesia di Kancah Dunia
  3. Killing Me Inside Kolaborasi dengan Aiu eks-Garasi, Rilis Single Baru “Fractured”
  4. Saksikan Foo Fighters Memainkan Lagu Baru, "Lah Di Da"
  5. 10 Film Indonesia Terbaik 2016

Add a Comment