Biopik 'Chrisye' Mulai Digarap Februari Ini

Menghadirkan Vino G. Bastian dan Velove Vexia sebagai pemeran utama

Oleh
Para pemeran dan kru film Chrisye di sesi konferensi pers, Rabu (1/2) Rasyid Baihaqi

Kisah hidup legenda musik Indonesia, Chrisye akan diangkat ke layar lebar dalam sebuah biopik bertajuk Chrisye. Dua pemeran utama dalam biopik ini akan diisi oleh Vino G. Bastian sebagai Chrisye dan Velove Vexia sebagai Yanti Noor, istri Chrisye. Adapun kursi sutradara film ini diduduki oleh Rizal Mantovani yang belakangan juga menjadi sutradara untuk Trinity: The Nekad Traveller. Film ini sendiri merupakan hasil garapan MNC Pictures dan Vito Global Visi.

Proses syuting sendiri akan dimulai pada 7 Februari mendatang dan mengambil latar waktu dari dekade 70-an hingga 90-an. "Kita ambil pada saat dia memutuskan untuk pertama kali pergi nge-band di Amerika tahun '72 sampai pada saat dia rekaman lagunya Taufiq Ismail "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" tahun 97-an. Jadi itulah kerangka dari film ini. Tentunya ada sampai meninggalnya Chrisye, tapi itu adalah scene terakhir," ujar Rizal dalam sesi konferensi pers di Rolling Stone Café, Jakarta pada Rabu (1/2) ini.

Tak hanya menawarkan kehidupan Chrisye sebagai musisi, menurut Rizal film ini juga menampilkan peran Chrisye sebagai seorang kepala rumah tangga, sahabat dan sebagai orang yang memiliki karya luar biasa. Hal ini juga diamini oleh pemeran utama, Vino G. Bastian yang merasa sosok besar Chrisye terlahir berkat peran orang-orang di sekitarnya, "Perjuangan Chrisye itu berhubungan dengan orang-orang yang mencintai dia, jadi itu yang mau kami sampaikan."

Dalam film ini akan dihadirkan pula beberapa aktor dan aktris yang memerankan sosok yang dianggap vital dalam hidup Chrisye seperti Gauri Nasution, Jay Subiakto, Addie MS, Sys NS, dan berbagai tokoh penting lainnya. Bagi Rizal, pemeran yang saat ini ada dipilih karena ia ingin menghadirkan penjiwaan, terutama dalam dua sosok utama. "Perlu seseorang yang mewakili soul. Jadi kita lebih mengejar soul-nya," jelas Rizal.

Bahkan, untuk film ini Vino G. Bastian melakukan berbagai pendalaman termasuk belajar memainkan piano dan bass untuk dapat mengkhayati peran sebagai legenda musik Indonesia yang juga merupakan personel Gipsy/Guruh Gipsy tersebut. Bahkan, ia mengaku akan memperdengarkan suaranya dalam film ini. "Saya akan bernyanyi juga, tapi untuk seperti apa jadinya, nanti kita lihat di film ini," ungkap Vino.

Sebelumnya, berbagai hal tentang Chrisye pernah diangkat dalam buku seperti Chrisye: Sebuah Memoar Musikal pada 2007 dan The Last Words of Chrisye di tahun 2010. Namun, menurut Rizal akan ada hal yang berbeda dalam biopik ini. "Dalam film ini ada hal-hal yang tidak ada dalam buku dan dalam berbagai wawancara. Itu serunya. Jadi penggemar fanatik Chrisye juga bisa 'oh, ternyata gini ya?'," ungkap Rizal.

Editor's Pick

Add a Comment