Kisah Hidup David Tarigan Diceritakan dalam Komik

Pada rubrik Kosmonots di edisi terbaru majalah komik bulanan, Kosmik

Oleh
David Tarigan. Dian Tamara

David Tarigan, salah seorang sosok muda berpengaruh di kancah musik independen Indonesia diabadikan kisah hidupnya dalam sebuah cerita komik. Cerita ini muncul dalam majalah komik bulanan Kosmik edisi 01 yang terbit pada 25 Januari 2017. David muncul dalam sebuah rubrik berjudul Kosmonots.

Kosmonots adalah sebuah rubrik yang membahas kiprah orang-orang hebat. Kisah nyata perjuangan hidup orang-orang tersebut diadaptasi ke dalam bentuk komik. Cerita ditulis oleh Dimar Pamekas, gambar dibuat oleh W.D. Willy dan Jho Tan.

Dalam dua belas halaman tersebut diceritakan bagaimana David Tarigan mulai menyukai musik, bersekolah seni rupa di Bandung sampai memutuskan untuk menjadi penikmat yang giat mendokumentasikan musik lokal. Ditampilkan pula sepak terjangnya bersama Ripple Magazine, Aksara Records sampai proyek pendokumentasian musik terbarunya Irama Nusantara.

Kepada Rolling Stone, David mengatakan, "Awalnya gara-gara ada teman mau rilis komik yang ada musiknya. Dia minta pendapat gue di bidang musiknya. Hingga satu saat dia ketemuan sama geng Kosmik ini di kantor gue, diskusi umum saja tentang komik dia itu beserta konsep besarnya. Jadinya malah sekalian ngobrolin Irama Nusantara dan lain-lain." Akhirnya pembicaraan tersebut kemudian menghasilkan komik biografi mini tentang dirinya.

Selain kisah hidup David Tarigan, Kosmik meluncurkan judul-judul paling gres untuk edisi terbarunya. Salah satu highlight adalah perkenalan perdana komik Peribahasa. Selain itu, ada juga kisah terbaru dari Manungsa, serta kelanjutan dari kisah Rixa.

Memasuki tahun keduanya, Kosmik kini dicetak oleh Elex Media Komputindo dan rencananya akan meluncurkan beberapa judul baru sepanjang 2017. Selain versi fisik, komik juga dapat dinikmati via situs kosmik.id

Halaman pertama komik tentang David Tarigan. (Kosmik)

Editor's Pick

Add a Comment