JKT48 Akan Hadir Sebagai Karakter Superhero dalam Komik ‘HeartXBreak’

Kerja sama dengan platform komik KOSMIK

Oleh
Anggota JKT48 berpose dengan dua karakter komik. Jessica Veranda, Melody Nurramdhani, Cindy Yuvia, Ratu Vienny Fitrilya, serta karakter Yuvia dan Valkryie (dari kiri) Muhammad Omar Azis

Idol group JKT48 akan hadir sebagai karakter superhero dalam komik besutan platform penerbitan komik lokal KOSMIK. Komik berjudul HeartXBreak ini resmi terbit lewat platform online Kosmik.id mulai Jumat (27/1) ini. HeartXBreak ditulis oleh E.R. dan art dikerjakan oleh Tim Kroma.

Komik HeartXBreak bercerita tentang Yuvia, seorang mutan berkekuatan super yang menjadi I.D.O.L. (Intensified Dealers with Outlandish Linkage). Ia datang ke Mandala Union, markas I.D.O.L. di mana mereka melatih diri dan juga menyelamatkan dunia. Di tempat tersebut ia bertemu dengan Valkyrie, Matron, dan Storm Chaser (nantinya disebut Tempest), juga dua puluh delapan orang lainnya.

Ide pembuatan komik datang dari Dentsu Aegis Network Indonesia, agensi periklanan yang merupakan induk dari JKT48 Operation Team. Mereka memilih KOSMIK sebagai kolaborator karena dinilai sebagai platform penerbitan komik lokal yang konsisten membuat konten kreatif berkualitas.

Elfi Syahmiar selaku perwakilan manajemen JKT48 melihat pembuatan komik dengan karakter anggota JKT48 sebagai kesempatan untuk mengenalkan idol group ini ke masyarakat luas. "JKT48 ingin mengembangkan potensi ke dunia komik," tuturnya dalam konferensi pers yang digelar di JKT48 Theatre, fX Sudirman, Jakarta.

Sunny Gho, Managing Director dari KOSMIK menambahkan, "KOSMIK sudah bikin berbagai tema komik, tapi kami belum pernah bikin dengan tema musik. Ketika Dentsu Aegis Network Indonesia mengajak, kamu langsung menyambut."

Kolaborasi komik dengan musik bukanlah sesuatu yang baru; NAIF dan Koil telah melakukannya. Namun sedikit yang memiliki umur panjang. Sunny dengan percaya diri mengatakan kalau komik HeartXBreak akan menjadi komik musik lokal dengan edisi paling banyak. "Komik ini akan dirilis dalam versi digital dalam jangka waktu sebulan sekali dan versi fisik dua bulan sekali," jelasnya.

Sunny menjelaskan pula ketertarikannya, "JKT48 beda dengan yang lain secara konsep grup. Tantangannya adalah membuat mereka appealing ke banyak orang. Kami akan menjadikan mereka superhero; dengan harapan ini menarik buat fans sekaligus bisa lebih gampang relate dengan yang bukan fans."

Untuk menjembatani dunia fans dan masyarakat umum, Elfi menerangkan: "Karakter masing-masing member masih muncul, walaupun nggak ada simbol yang mengarah ke JKT48. Kami tetap mengawal agar komik ini bisa diterima masyarakat."

Ratu Vienny Fitrilya, anggota JKT48 yang didaulat menjadi salah satu karakter utama dalam komik, mengatakan: "Ini kesempatan buat mengenalkan JKT48 ke orang banyak. Semoga diterima masyarakat luas."

JKT48 merupakan sister group dari AKB48 asal Jepang. Konsepnya adalah sekumpulan gadis berusia remaja sampai 20-an yang tampil di panggungnya sendiri setiap hari sehingga penggemar bisa bertemu langsung dengan idolanya.

JKT48 merupakan grup pertama yang dibuat di luar Jepang. Selain mereka, sister group lainnya adalah SKE48 (Jepang), NMB48 (Jepang), HKT48 (Jepang), NGT48 (Jepang), STU48 (Jepang), SNH48 (China), TPE48 (Taiwan), MNL48 (Filipina), BNK48 (Thailand). AKB48 juga mempunyai rival group yang dibentuk oleh manajemennya sendiri, yaitu Keyizaka46 (Jepang) dan Nogizaka46 (Jepang). (rn)

Editor's Pick

Add a Comment