Saksikan Dokumenter Perjalanan Vokalis Endank Soekamti ke Indonesia Timur

Memakan waktu pengerjaan sepuluh hari, dokumenter ini berbicara soal keindahan alam dan bawah laut Papua

Oleh

Memasuki tahun 2017, Erix Soekamti selaku vokalis dan bassist Endank Soekamti telah merilis edisi baru dari video diary miliknya--Diary of Erix Soekamti (DOES)--dengan durasi paling panjang. Ada pun judulnya adalah Living on Board: In Eastern Indonesia.

DOES berdurasi seratus menit ini dirilis pada 21 Januari lalu dan memotret perjalanan Erix selama sepuluh hari di atas kapal pinisi bernama KLM Kurabesi dalam menyusuri Indonesia Timur, khususnya wilayah Papua.

Dengan mengambil rute Sorong, Misol, Fakfak, Triton, dan Kaimana, DOES kali ini menampilkan Erix yang mengeksplorasi keindahan alam juga kecantikan bawah laut dengan menggunakan kamera 360 derajat. Bahkan dia membuat tautan sendiri untuk video hasil eksperimennya dengan kamera tersebut di bawah laut hingga kedalaman dua puluh meter.

Selain memanjakan penonton DOES dengan aneka ragam video keindahan alam, Erix juga menceritakan kisah pasangan Bustar dan Rani, pemilik kapal pinisi yang digunakan dalam perjalanan saat itu.

Pengambilan gambar memakan waktu sepuluh hari, sementara proses penyuntingannya dua hari. Penyutradaraan dan penyuntingan dilakukan oleh Erix Soekamti sendiri. Durasi pengerjaannya sendiri diakui sangat singkat oleh Erix.

"Semoga ini bisa jadi pemicu buat kita semua untuk mencintai apa yang kita punya dengan cara yang kita suka," tulis Erix melalui rilis pers.

Dia juga mengungkapkan bawah tujuan awal dari perjalanannya ke Indonesia Timur tak lain adalah bagian dari survei lokasi pembuatan album Endank Soekamti kedelapan, yang rencananya akan dibuat pada bulan puasa nanti; sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun karena kondisi alamnya juga luar biasa, Erix pun berkeputusan sekaligus membuat edisi istimewa dari DOES untuk mendokumentasikan kekayaan alam maritim Indonesia yang menurutnya jarang diketahui orang-orang.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Sandhy Sondoro Siap Gelar Tur Konser Perdana di Inggris Raya
  2. Kuartet Rock Asal Bali, Zat Kimia, Luncurkan Album Perdana
  3. Synchronize Fest 2017: Merayakan Musik Indonesia dengan Segala Keunikannya
  4. 10 Kolaborasi Seru yang Terjadi di Soundrenaline 2017
  5. Saksikan Trailer Film ‘Chrisye’ yang Menampilkan Vino G. Bastian

Add a Comment