Rio Dewanto Membuat Video Dokumenter tentang Konflik Agraria di Langkat

‘Petani Mekar Jaya’ berdurasi tiga belas menit dan dapat disaksikan via YouTube

Oleh
Aktor Rio Dewanto saat berkunjung ke Desa Mekar Jaya. Dok. Rio Dewanto

Aktor kenamaan Indonesia, Rio Dewanto, pada Senin (16/1) kemarin telah merilis sebuah film dokumenter yang berjudul Petani Mekar Jaya. Film dokumenter berdurasi tiga belas menit ini menceritakan tentang konflik agraria yang terjadi di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada November tahun lalu. Rio sendiri bertindak sebagai sutradara sekaligus produser dokumenter ini.

Konflik agraria di Langkat terjadi ketika lahan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) di kawasan tersebut digusur dengan aksi kekerasan oleh aparat Kepolisian Resor Langkat dan TNI dari LINUD Raider dengan mengerahkan 1500 personel juga puluhan alat berat. Para petani dan masyarakat setempat pun mengalami luka-luka juga trauma yang mendalam.

Ketua Badan Pengurus Cabang SPI Kabupaten Langkat, Suriono, menjelaskan, "sebelum melakukan penggusuran, kami sudah sampaikan kepada pihak kepolisian agar masalah ini dibawa ke Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Langkat untuk meminta kejelasan langkah penyelesaian, tapi mereka malah tidak mau," ungkapnya seperti dikutip dari situs resmi SPI.

Suriono pun sempat meminta agar semua personel kepolisian meninggalkan lahan karena para petani dan warga setempat merasa ketakutan. "Namun alih-alih pergi, tanpa mempertimbangkan penjelasan yang kami sampaikan pihak kepolisian yang dipimpin oleh Kabag POS Polres Langkat tetap melakukan penggusuran dan meratakan lahan pertanian dan perumahan petani," tambahnya.

Rio sendiri menggambarkan kondisi pasca konflik tersebut ketika dirinya mengunjungi langsung Desa Mekar Jaya. "Ketika kami datang anak-anak masih merasakan trauma akibat bentrokan yang sempat terjadi, mereka terlihat seperti ketakutan. Saya berkomitmen untuk mengawal penyelesaian dari konflik agraria di Langkat hingga tuntas dan berharap pemerintah memiliki keberpihakan kepada petani," terangnya seperti dikutip dari siaran pers.

"Saya berharap setelah menonton film dokumenter tersebut masyarakat bisa terpanggil untuk ikut membantu masyarakat di Desa Mekar Jaya. Selain itu, semoga pemerintah juga bisa datang dan melihat dampak dari konflik yang terjadi," kata Rio. (wnz)

Editor's Pick

Add a Comment