Trent Reznor dan Atticus Ross Garap Soundtrack Dokumenter Tentang Perang Vietnam

Serial dokumenter sepuluh episode ini dikerjakan oleh Ken Burns dan Lynn Novick

Oleh
Trent Reznor Facebook Nine Inch Nails

Trent Reznor dan Atticus Ross membuat musik yang luas dan kelam dalam cuplikan video pertama dari dokumenter karya Ken Burns dan Lynn Novick, The Vietnam War.

Video tersebut memperlihatkan peristiwa pengeboman saat Natal di daerah sekitar Hanoi dan Haiphong antara 18-29 Desember 1972. Reznor dan Ross menyumbangkan soundtrack yang mengerikan di antara gambar kehancuran dan dua wawancara bertolak belakang dari tahanan perang Amerika Serikat dan seorang asal Vietnam Utara. Dentingan synth membangun melodi kelam, berpadu dengan suara narator Peter Coyote yang menceritakan soal reaksi ketakutan demonstran dan politisi di seluruh dunia atas pengeboman tersebut.

Selain gubahan musik dari Reznor dan Ross, The Vietnam War juga akan diisi musik baru dari cellist Yo-Yo Ma and the Silk Road Ensemble. Ada pula lagu-lagu yang dirilis pada masa perang Vietnam, antara lain dari The Beatles, The Rolling Stones, Bob Dylan, Jimi Hendrix, Joni Mitchell, dan Nina Simone. Serial dokumenter sepuluh episode ini nantinya akan tayang perdana lewat stasiun televisi PBS pada September mendatang.

Melalui rilis pers, Burns dan Novick mengatakan bahwa Reznor dan Ross sudah terlibat untuk mengisi musik The Vietnam War sejak dokumenter ini mulai dikerjakan. Para penggarap film membagikan materi mentah dan hasil wawancara kepada kedua musisi, deskripsi rinci mengenai atmosfer yang ingin dibangun, juga efek-efek suara dari masa perang Vietnam yang bisa digunakan Reznor dan Ross.

"Besarnya skala proyek ini dikombinasikan dengan pentingnya subjek yang diangkat membuat kami ciut pada awalnya, namun komitmen, kepedulian, dan rasa hormat yang mereka tampilkan membuat pengalaman ini sangat memuaskan pada berbagai tingkatan," ujar Reznor dan Ross dalam sebuah pernyataan.

The Vietnam War menandai karya terbaru Ross dan Reznor dalam menggarap soundtrack, menyusul sumbangan mereka untuk Patriots Day dan film dokumenter Before the Flood. Mereka juga sedang sibuk mengerjakan materi baru Nine Inch Nails, merilis album mini Not the Actual Events pada Desember 2016 lalu dan dikabarkan sedang menyiapkan dua proyek untuk tahun 2017. (rb/rn)

Editor's Pick

Add a Comment