‘Si Juki The Movie’ Tayang di Bioskop Akhir Tahun Ini

Belasan artis ternama ikut terlibat mengisi suara tokoh-tokoh dalam film

Oleh
Para aktor suara dan tim produksi film 'Si Juki The Movie' saat jumpa pers pada Kamis kemarin di kantor Falcon Pictures, Jakarta. Rasyid Baihaqi

Si Juki The Movie merupakan film animasi pertama buatan Falcon Pictures. Rencananya film komedi-keluarga ini akan diputar serentak akhir 2017 nanti. Sebelumnya Si Juki The Movie telah menyebarkan video teaser dengan format 2D seperti versi komiknya karya Faza Meonk pada September 2016 lalu. Berbeda dengan komiknya, Si Juki The Movie akan menawarkan kisah Si Juki di luar kesehariannya sekaligus akan muncul karakter-karakter baru.

"Kisahnya berlatar ketika Juki sudah populer. Ia sering kali dipaksa produser dan sponsor untuk melakukan ini-itu sampai akhirnya ia jengah juga. Di sisi lain, ternyata ada sebuah bencana yang akan datang yaitu meteor jatuh. Kemudian Juki bertemu dengan Erin (karakter baru) yang akan membantunya menghentikan bencana itu", ungkap Faza Meonk menceritakan sekilas tentang Si Juki The Movie saat jumpa pers pada Kamis, (12/1) kemarin di kantor Falcon Pictures, Jakarta Selatan.

Selaku content director Faza Meonk juga akan menghadirkan karakter-karakter baru dalam film animasi ini. "Saya mau memunculkan sesuatu yang orang-orang tidak dapat di komiknya. Saya juga mau orang-orang dapat sesuatu yang menarik, epik, dan seru tentunya," ujar Faza terinspirasi dari Doraemon The Movie yang sering memunculkan karakter baru pada setiap filmnya.

"Penggarapan film ini tidak kalah dengan film Hollywood. Biaya yang dikeluarkan juga cukup tinggi. Kita berharap film animasi ini bisa jadi tonton keluarga di akhir tahun nanti," ujar produser Si Juki The Movie, Frederica. Ia juga mengungkapkan penggarapan musiknya nanti akan dikerjakan di Praha, Ceko.

"Tim produksinya akan melibatkan kurang lebih sekitar 100 orang termasuk pengisi suara, story board artist, character design, visual artist dan lain-lain," ujar animation director Daryl Wilson. Ia juga menambahkan, tantangan membuat film ini adalah ekspresi Juki yang memiliki ciri khas unik dengan mata yang selalu melirik ke kanan dan ke kiri.

Si Juki The Movie melibatkan belasan artis ternama sebagai voice actor. Mereka adalah Bunga Citra Lestari, Nikita Mirzani, Tio Pakusadewo, Agus Kuncoro, Butet Kartaredjasa, Indro Warkop, Tarzan, Pandji Pragiwaksono, Babe Cabita, Ari Kriting, Mongol, Mudy Taylor, Maya Wulan, Ki Joko Bodo, Tyson Lynch, dan Wizzy Williana. Kabarnya Wizzy juga akan mengisi soundtrack film animasi ini.

"Kami memilih aktor yang berpengalaman karena sebenarnya mengisi suara juga butuh kemampuan berakting. Namun mereka tetap butuh latihan untuk menyesuaikan perannya hanya lewat suara," jelas Faza mengenai pemilihan para pengisi suara.

Sebelum rekaman suara, para artis tersebut juga telah mengikuti workshop sebulan yang lalu. Mereka berlatih mengeluarkan emosi hanya lewat suara karena mimik wajah dan bahasa tubuh digantikan oleh animasi.

Faza juga menjelaskan proses produksi film ini akan dimulai dari rekaman suara yang nantinya akan dijadikan referensi untuk membuat animasi. "Dengan begini para pengisi suara bisa lebih mengekplorasi karakternya," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Bunga Citra Lestari yang mengisi suara Erin. "Uniknya kami merekam suara dulu baru kemudian animasinya dibikin seperti film animasi Hollywood. Karena itu kami di sini bukan dubber tetapi voice actor makanya produksi ini ada acting coach dan co-director," ujar ibu anak satu ini.

Film animasi Si Juki The Movie akan dikerjakan sepenuhnya oleh para animator Indonesia. "Saya sudah tahu bagaimana kualitas animator-animator lokal kita. Saya ingin memaksimalkan kemampuan mereka yang sebenarnya sudah bagus kualitasnya," ujar Faza yang sering memakai topi. (wnz)

Editor's Pick

Add a Comment