Kreator ‘Star Wars’ Siap Dirikan Museum di Los Angeles

Rencananya Lucas Museum of Narrative Art akan dibuka pada 2020

Oleh
George Lucas Joi Ito

Kreator Star Wars George Lucas akan membangun sebuah museum dengan biaya hingga Rp 1 miliar dolar AS (Rp 13 triliun) di Los Angeles, AS. Dinamakan Lucas Museum of Narrative Art, konten museum ini terdiri dari koleksi pribadi Lucas, termasuk memorabilia Star Wars dan film-film lain, foto-foto antik, serta berbagai lukisan yang diseleksi secara khusus.

Menurut penuturan Eric Garcetti selaku Wali Kota Los Angeles, museum ini direncanakan buka untuk umum pada 4 Mei 2020.

Garcetti berterima kasih kepada Lucas dan istrinya, Mellody Hobson, yang telah memilih Los Angeles untuk pembangunan museum. "Mereka memiliki visi bahwa museum seharusnya tidak intimidatif, melainkan menyambut ramah," ujar Garcetti saat konferensi pers pada Selasa (10/1) lalu di Balai Kota Los Angeles.

Dia juga mengingatkan bahwa Lucas Museum of Narrative Art bukanlah museum Star Wars. "Ini adalah koleksi seni naratif di kota yang memiliki pencerita dan pembuat cerita terbaik di dunia. Koleksi terbaik dari lukisan Norman Rockwell di muka bumi, karya-karya R. Crumb," sambung Garcetti seperti dikutip dari Hollywood Reporters.

Sebelumnya Lucas mengungkapkan bahwa ia memiliki dua desain untuk museumnya, masing-masing untuk Exposition Park, Los Angeles dan Treasure Island, San Francisco. Chicago juga sempat dijadikan pertimbangan, namun batal setelah rencana tersebut menerima protes dari aktivis taman Friends of the Parks pada Juni tahun lalu.

"Setelah melalui ketekunan dan pertimbangan secara panjang lebar, jajaran direksi Lucas Museum of Narrative Art dengan senang mengumumkan rencana pembangunan museum di Exposition Park, Los Angeles," ujar jajaran direksi.

Mereka juga menyampaikan bahwa rencana pembangunan museum ini mendapat banyak dukungan positif dari San Francisco dan Los Angeles selama proses seleksi. "Pemilihan lokasi pun menjadi keputusan yang sulit karena keinginan dari kedua situs dan kota tersebut," tambah pihak direksi.

Lucas Museum of Narrative Art akan didesain dengan gaya futuristik oleh arsitek Ma Yansong asal Tiongkok. Pembangunan museum ini dikabarkan bakal melibatkan sebanyak 350 pekerja tetap dengan tambahan 1.500 pekerja lepas. (rn)

Rencana desain bangunan Lucas Museum of Narrative Art (Dok. Lucas Museum of Narrative Art)

Editor's Pick

Add a Comment