Record Store Day Umumkan 10 Tahun Perayaan

Acara tahunan yang mendukung penjual independen umumkan tanggal untuk 2017

Oleh
Record Store Day

Record Store Day akan merayakan ulang tahun yang ke-10 pada Minggu (22/4) mendatang. Acara tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan toko musik konvensional melalui rilisan CD dan vinil spesial yang dirilis oleh berbagai artis.

Record Store Day (RSD) diselenggarakan pertama kalinya pada 2007 dalam sebuah pertemuan antar pemilik dan karyawan toko musik independen. Sejak kemunculannya di 2008, saat ini RSD sudah diikuti 1.400 toko independen di Amerika Serikat dan ribuan lainnya secara global. Semenjak label rekaman besar mengikuti perayaan ini, label independen masih tetap menjadi inti dari RSD, menghasilkan 60 persen rilisan resmi di 2015.

Bersamaan dengan segudang rilisan spesial, RSD juga memiliki duta musik tersendiri setiap tahunnya. Sementara Metallica pada tahun lalu secara khusus menjadi duta acara ini dan bertemu dengan para penggemar di Rasputin Music di San Francisco dalam gelaran Record Store Day, Jesse Huges dari Eagles of Death Metal menjadi duta RSD pertama pada 2009. Sejak saat itu, Josh Homme, Ozzy Osbourne, Iggy Pop, Jack White, Chuck D dan Dave Grohl telah menjadi duta untuk RSD.

Metallica selain menjadi duta RSD tahun lalu juga tampil di Rasputin dan merilis CD live Liberté, Egalité, Fraternité, Metallica! untuk mengumpulkan dana amal. Di tahun tersebut, rilisan penting lainnya adalah vinil dari trio David Bowie, EP 7 inci eksklusif dari Bob Dylan, sebuah video virtual reality dan viewfinder dari Run the Jewels serta Best of the Johnny Cash Show milik Johnny Cash serta reissue All Aboard the Blue Train miliknya dari Sun Records. (wnz)

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. 5 Cerita Tentang Lagu-Lagu Efek Rumah Kaca
  2. Sick Of It All: "Sepertinya Donald Trump Sengaja Ditempatkan untuk Melumpuhkan Negara"
  3. Movie Review: Posesif
  4. Telah Berpulang: Benny Panjaitan dari Panbers
  5. Bersenang-senang di Perhelatan Oktobeerfeast 2017

Add a Comment