25 Peristiwa Penting Sepanjang Desember 2016

Mulai dari band yang merilis single, pengumuman konser band luar negeri, hingga wafatnya pelaku industri hiburan dunia.

Oleh

Cukup banyak yang terjadi pada Desember 2016. Band-band meluncurkan single terbaru mereka mulai dari kuartet heavy rock Piston, band rock legendaris /rif, duo elektronik Bottlesmoker, duo indie rock Much, hingga penyanyi solo Andien. Tidak hanya para musisinya yang aktif, wadah dalam bentuk festival musik seperti Djakarta Warehouse Project 2016 dan Cikini Folk Festival 2016 juga ramai diselenggarakan pada bulan terakhir ini.

Di bulan kedua belas 2016 terdapat pula pengumuman-pengumuman penting macam konser tunggal Warpaint yang bakal diselenggarakan di Jakarta, Megadeth yang siap bertandang kembali ke tanah air, hingga dirilisnya album debut milik Mondo Gascaro dalam bentuk boxset. Perihal prestasi yang mengharumkan nama Indonesia, Kartika Jahja dari Tika & The Dissidents, terpilih menjadi salah satu dari BBC 100 Women.

Namun sayangnya serupa dengan bulan-bulan sebelumnya, berita duka juga tak luput dari Desember 2016. Pemeran Princess Leia Organa, Carrie Fisher, wafat di usianya yang ke 60 karena gagal jantung. Dan dua puluh empat jam setelahnya, aktris legendaris Debby Reynolds - ibu kandung Carrie - wafat di usia 84 tahun. Selamat jalan.

Berikut 25 peristiwa penting sepanjang Desember 2016:

25) Piston Merilis Single Bebas Unduh Berjudul ‘Adrenalin’

Kuartet heavy rock asal Jakarta, Piston merilis single terbaru mereka yang diberi judul "Adrenalin" pada awal bulan lalu. Lagu ini dapat didengar dan diunduh gratis lewat akun Soundcloud resmi Piston.

"Adrenalin" sendiri tercantum dalam album perdana mereka bertajuk Titik Nol yang juga rilis beberapa hari lalu, di penghujung 2016. Album Titik Nol dirilis lewat dua label rekaman independen yaitu Sepsis Records dan Lawless Records.

24) /rif Memperkenalkan Single Terbaru, “Nikmati Aja”

Menginjak usia ke-22, grup rock /rif meluncurkan single terbaru berjudul "Nikmati Aja" pada 5 Desember 2016 lalu. Lagu yang liriknya diciptakan oleh Andy (vokalis) dan musiknya digarap oleh Magi (drum) ini menceritakan tentang kebersamaan /rif yang telah dijalani dengan suka cita selama ini.​

23) Mondo Gascaro Meluncurkan Album Debut dalam Format Boxset

Setelah beberapa waktu lalu telah meluncurkan album debut dalam format digital, Mondo Gascaro kini tengah merilis edisi khusus bagi album Rajakelana miliknya. Ia akan merilis album tersebut dalam format boxset dengan persediaan terbatas.

Rajakelana format boxset memiliki beberapa perbedaan dengan edisi reguler nantinya. Format boxset akan dikemas dalam kotak kayu yang akan berisi CD reguler Rajakelana, frame kacamata yang terbuat dari kayu, satu bungkus biji kopi pilihan, tiga buah kartu pos, satu buah poster, satu buah voucher belanja, dan booklet berisi wawancara eksklusif, sketch partitur dan foto-foto proses penggarapan album tersebut.

22) Bottlesmoker Meluncurkan Single “Anima” dalam Format Disket

Beberapa kali melakukan kerja sama dengan label rekaman independen dari berbagai negara, Bottlesmoker kini mengumumkan kolaborasi terbaru dengan label rekaman asal Britania Raya, Wrieuw Recordings. Duo elektronik pop asal Bandung tersebut pada 5 Desember lalu resmi meluncurkan single "Anima" dalam format disket.

Duo yang diperkuat Angkuy dan Nobie ini menjelaskan melalui rilis pers bahwa Bottlesmoker menjadi satu-satunya grup asal Indonesia yang bergabung dengan Wrieuw Recordings. Sebelumnya, label rekaman tersebut dikenal cukup produktif dalam merilis karya dalam format disket.

21) Joey Alexander Kembali Meraih Nominasi Grammy Awards

Joey Alexander, pianis jazz asal Indonesia, dipastikan meraih nominasi Grammy Awards ketiga miliknya pada 6 Desember 2016 lalu. Sosok berusia 13 tahun itu tercantum sebagai nomine dalam kategori Best Improvised Jazz Solo untuk lagu "Countdown" yang berasal dari album kedua miliknya, Countdown.

Joey–yang kini menetap di New York, AS–menjadi satu-satunya musisi asal Asia yang masuk ke dalam nominasi tersebut. Ia bersanding dengan empat musisi jazz asal Amerika Serikat: Ravi Coltrane, Fred Hersch, Brad Mehldau, dan John Scofield.

20) Film Laga ‘Headshot’ Telah Ditayangkan

Film laga Headshot yang dibintangi Iko Uwais resmi tayang pada 8 Desember 2016 lalu di bioskop Indonesia. Film arahan The Mo Brothers itu telah lebih dulu diputar di berbagai festival film internasional, mulai dari Kanada hingga Hawaii. Pada film ini, Iko beradu akting dengan Sunny Pang, Chelsea Islan, dan Julie Estelle.​

19) Cikini Folk Festival 2016

Cikini Folk Festival sukses digelar di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta untuk pertama kalinya pada 17 Desember 2016. Festival ini menampilkan musisi-musisi folk dalam negeri dari berbagai generasi, mulai AriReda selaku nama paling senior hingga Vira Talisa yang belia.

Total terdapat dua belas nama musisi dan band folk yang tampil. Dengan skala festival yang belum begitu besar, acara ini dihadiri oleh sekitar 200 orang penonton.

18) Warpaint Akan Konser di Indonesia untuk Pertama Kalinya

Kuartet indie rock asal California, AS bernama Warpaint akan menggelar konser di Indonesia untuk pertama kalinya. Kabar ini didapat dari akun Instagram promotor pendatang baru Wire It Up!. Mereka mengumumkan bahwa band yang dibentuk dua belas tahun silam tersebut akan tampil di Jakarta pada 17 Februari 2017.​

17) Penyanyi dan Aktivis, Kartika Jahja, Terpilih Sebagai Satu dari ‘BBC 100 Women’

Penyanyi dan aktivis asal Indonesia, Kartika Jahja, terpilih menjadi satu dari seratus wanita yang masuk ke dalam daftar BBC 100 Women. Selain dirinya, Dwi Handa seorang bintang Instagram menjadi perempuan Indonesia lainnya yang masuk ke dalam daftar ini. Dalam daftar tersebut, Kartika Jahja disebut sebagai "Penyanyi-penulis lagu yang memperjuangkan kesetaraan gender dengan lagu-lagunya".​

16) Band Punk Rock Bandung, Joey The Gangster, Jadi Aksi Pembuka Tur Anti Flag

Joey The Gangster

Band punk rock asal kota Bandung, Joey The Gangster, menjadi aksi pembuka tur konser Anti Flag pada 13, 14, 15 Desember lalu. Band punk rock veteran asal Pennsylvania, Amerika Serikat tersebut memang kini tengah menjalankan tur konser yang bertajuk Celebrating the 10th Year Anniversary of For Blood and Empire.

Menjadi aksi pembuka dari Anti Flag di tiga negara merupakan bagian dari tur konser Asia Tenggara dari Joey The Gangster yang bertajuk Barisan Kebencian Tour 2016. Setelah beraksi di tiga negara berbeda, vokalis sekaligus gitaris Pite, gitaris Junior, bassist Adith, dan drummer Uwho bakal melanjutkan tur konsernya di tujuh kota pulau Jawa dalam periode 18-24 Desember. Mereka menyambangi Yogyakarta, Solo, Ngawi, Madiun, Kediri, Surabaya, dan Malang.

15) Djakarta Warehouse Project 2016 Diklaim Dihadiri 90 Ribu Penonton

Djakarta Warehouse Project 2016

Festival EDM (electronic dance music) Djakarta Warehouse Project (DWP), yang diklaim sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, digelar untuk kedelapan kalinya pada 9 dan 10 Desember lalu. Kembali diadakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, festival musik garapan Ismaya Live tersebut tahun ini menghadirkan 33 DJ mancanegara dan 24 DJ asal Indonesia.

Melalui rilis pers yang diterima Rolling Stone, pihak penyelenggara mengklaim bahwa DWP 2016 sukses mendatangkan sekitar 90 ribu penonton dari berbagai negara selama dua hari. Ismaya Live juga menjelaskan bahwa DWP tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah festival tersebut mereka adakan.

14) Pameran Video Musik Indonesia, MuVi Party, Diselenggarakan

Potongan video musik "Alumunium Foil" dari Ramayana Soul.

Pameran video musik Indonesia, MuVi Party, diselenggarakan mulai Selasa (13/12) di Gudang Sarinah Ekosistem, Jakarta. Acara yang digarap oleh Ok. Video – salah satu divisi dari kolektif seni Ruangrupa – ini berlangsung sampai 18 Desember dengan menayangkan lebih kurang 250 video musik Indonesia.

Video-video musik tersebut diperoleh pihak panitia dari sistem aplikasi terbuka pada Oktober hingga November kemarin. "Festival Muvi Party dihadirkan sebagai upaya untuk melacak, melihat, dan mengukur perkembangan musik digital dan teknologi audio-visual di masyrakat," terang pihak panitia seperti dikutip dari siaran pers.

13) Berkolaborasi dengan Rayi Putra dan A. Nayaka, Emir Hermono Rilis Single Baru

"021"

Produser Indonesia yang berbasis Malaysia, Emir Hermono, meluncurkan single terbarunya secara eksklusif melalui RollingStone.co.id. Berjudul "021", lagu ini menampilkan dirinya berkolaborasi dengan rapper pendatang baru A. Nayaka dan Rayi Putra yang dikenal sebagai salah satu personel RAN.

Emir yang kini tinggal di Kuala Lumpur sebelumnya telah bekerja sama dengan banyak rapper di Malaysia. Ia telah menelurkan tiga album solo yang bertajuk Beats & Breakups, Songs About Her, dan Karma Kisses. Pada awal tahun ini, ia mengeluarkan single "3 AM in Jakarta" bersama A. Nayaka, lalu menyusul "Fake Friends" dan "021"; ketiganya dijanjikan untuk tercantum dalam mixtape akan datang berjudul 3 AM in Jakarta.

12) ‘Rogue One: A Star Wars Story’ Telah Ditayangkan

Rogue One

Film fiksi ilmiah yang cukup ditunggu di 2016, Rogue One: A Star Wars Story telah ditayangkan sejak 14 Desember di bioskop-bioskop Indonesia. Rogue One yang disutradarai oleh Gareth Edwards –sutradara film Godzilla pada 2014 – merupakan produk turunan pertama dari kisah Star Wars.

Rogue One merupakan prekuel dari edisi pertama trilogi asli Star Wars yaitu Episode IV: A New Hope yang tayang 39 tahun silam. Film ini berkisah tentang mata-mata dari Rebel Alliance yang berupaya mencuri data pembuatan senjata mematikan milik Empire, Death Star; kemudian data tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Luke Skywalker dan kawan-kawan.

11) FSTVLST, Frau, Jogja Hip Hop Foundation Gelar ‘Konser Amal untuk Aceh’

FSTVLST

Musisi Yogyakarta menggelar acara musik bernama "Konser Amal untuk Aceh". Acara ini digarap dengan mengedepankan nama #GugurGunung. "#GugurGunung adalah tagar yang sudah berulang kali digunakan oleh para musisi di Yogyakarta untuk kegiatan konser amal, dimulai dari Merapi (2010), Palestina (2012), Kelud dan Sinabung (2014). "Konser Amal untuk Aceh" menghadirkan FSTVLST, Frau, Jogja Hip Hop Fondation, dan NDX a.k.a Familia sebagai musisi tamu. Acara ini diselenggarakan di Jogja nasional Museum pada 19 Desember mendatang.

10) Film ‘Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara’ Memenangkan Piala Maya

Laudya Chintya Bella dalam sebuah adegan di film 'Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara'.

Piala Maya, ajang apresiasi film Indonesia dari dunia maya, kembali hadir dengan penuh semangat untuk kelima kalinya. Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara memenangkan gelar Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih. Film tentang toleransi umat beragama ini dibintangi oleh Laudya Chintya Bella dan Ge Pamungkas. Malam penghargaan digelar pada 18 Desember di Grand Kemang Jakarta.

Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara membawa pulang tiga piala penting lainnya: Skenario Asli Terpilih (Jujur Prananto), Penyuntingan Gambar Terpilih (Wawan I. Wibowo), dan Aktor/Aktris Utama Cilik/Remaja Terpilih (Dionisius Rivaldo Moruk). Namun Athirah film arahan Riri Riza yang memborong banyak piala di malam pengumuman. Athirah menang di kategori Sutradara Terpilih (untuk Riri Riza), Tata Kamera Terpilih (Yadi Sugandi), Tata Artistik Terpilih (Eros Eflin), Tata Kostum Terpilih (Chitra Subyakto), Tata Rias Wajah & Rambut Terpilih (Jerry Octavianus), dan kategori akting Aktris Utama Terpilih (Cut Mini).

9) Duo Indie Rock Malang, Much, Merilis Single Terbaru

Much

Grup indie rock asal Malang, Much merilis single kedua "Uneven". Single ini merupakan lanjutan dari single sebelumnya "Break Heart, Break Apart" yang dirilis awal tahun ini. Perilisan ini sekaligus menjadi penanda telah selesainya sesi rekaman album kedua mereka. Lagu ini kemudian dibuatkan video musiknya yang dapat ditonton melalui kanal YouTube Haum Entertainment.

8) Seruan Damai dari God Bless via Album 'Cermin 7'

Dari Kanan Ke Kiri: Fajar Satritama, Abadi Soesman, Ahmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono

Setelah tujuh tahun vakum dari dunia rekaman, God Bless menutup 2016 lewat peluncuran album terbaru: Cermin 7. Judul ini merujuk pada penggabungan dua informasi. Angka tujuh menunjukkan jumlah volume album yang pernah dihasilkan. Album terakhir, 36, dirilis pada 2009 atau tujuh tahun lalu. Adapun Cermin merupakan album kedua yang dirilis pada 1980 melalui label JC Record. Sembilan lagu dari album inilah yang diaransemen ulang ditambah tiga lagu baru berjudul "Kukuh" (diciptakan oleh Donny Fattah/Diah Pitaloka), "Bukan Mimpi Bukan Ilusi" (Ian Antono/Teguh Esha) serta "Damai" (Ian Antono/Teguh Esha).

7) Single Terbaru Andien Didedikasikan untuk Anaknya

Pada hari Ibu (22/12), Andien merilis lagu terbaru yang didedikasikan untuk anaknya. Diberi judul "Belahan Jantungku", lagu ini merupakan suatu bentuk hadiah penyambut kelahiran anak pertamanya. Lagu tersebut sudah bisa didengar melalui berbagai layanan musik streaming.

6) Berusia 17 tahun, Lagu “Catch Me When I Fall” Milik Bangkutaman Dirilis Ulang

Setelah merilis album pendek bertajuk Rileks pada Oktober 2016, Bangkutaman kini merilis ulang lagu "Catch Me When I Fall" dalam format terbaru. Lagu ini telah dirilis bertepatan dengan hari Natal 2016 lewat akun Soundcloud resmi mereka. "Catch Me When I Fall" sendiri pertama kali dirilis oleh Bangkutaman pada 1999 silam lewat album pendek berjudul sama dengan nama band.



Related

Most Viewed

  1. Afgan Dipaksa Turun Panggung di Prambanan Jazz Festival 2017
  2. Bos Prambanan Jazz Menjelaskan Insiden yang Menimpa Afgan
  3. Live Review: Efek Rumah Kaca: Semarang Bisa Dikonserkan
  4. Semarang Bisa Dikonserkan oleh Efek Rumah Kaca
  5. Saksikan Trailer Film ‘Pengabdi Setan’ Garapan Ulang Joko Anwar

Editor's Pick

Add a Comment