'Athirah' Menang Besar di Festival Film Indonesia 2016

Sementara 'Rudy Habibie' tak membawa pulang piala satu pun dari sepuluh nominasi yang diraih

Oleh
Dari Kiri ke Kanan: Arman Depari, Riri Riza, Salman Aristo, Mira Lesmana, Jajang C. Noer Eko Kristianto

Film arahan Riri Riza, Athirah, memenangkan enam Piala Citra di Festival Film Indonesia 2016. Dari total 10 nominasi, Athirah membawa pulang gelar di kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Riri Riza), Pemeran Utama Wanita Terbaik (Cut Mini), Penata Artistik Terbaik (Eros Eflin), Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Salman Aristo dan Riri Riza), dan Penata Busana Terbaik (Chitra Subiyakto). Sedangkan Rudy Habibie yang juga mendapat sepuluh nominasi tidak mendapatkan apa-apa.

Pergelaran Festival Film Indonesia 2016 yang diadakan di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Minggu (6/11) lalu. Tahun ini, acara yang diketuai oleh Lukman Sardi menjanjikan perubahan mulai dari penjurian sampai acara. Meski begitu, beberapa perubahan yang ditetapkan belum terlaksana dengan baik. Semisal, ketika acara berlangsung masih banyak kursi kosong. Padahal panitia sudah mengkonfirmasi kedatangan setiap undangan dengan undangan pribadi. Untungnya kekurangan terasa sedikit dibandingkan acara-acara sebelumnya.

Tahun ini, panitia Festival Film Indonesia layak dipuji karena memilih untuk tidak bekerjasama dengan televisi. Alhasil setiap kategori tetap diumumkan dan hiburan dikurangi. Banyak nama besar juga menghadiri acara dan bertahan sampai akhir. Secara teknis panggung juga acara berlangsung lancar. Berlangsung dari jam delapan sampai jam sebelas malam, FFI 2016 tidak melelahkan seperti acara penghargaan lainnya.

Bisa dibilang, Piala Citra tahun ini hadir tanpa kejutan yang berarti. Reza Rahadian kembali menang di kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Kali ini untuk peran komikalnya di My Stupid Boss. Rekannya di film yang sama, Alex Abbad juga membawa pulang kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Film Salawaku yang belum pernah diputar di Indonesia secara resmi membawa tiga piala untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Raihaanun), Pemeran Anak Terbaik (Elko Kastanya), dan Pengarah Sinematografi Terbaik (Faozan Rizal). Film yang lolos seleksi Oscar, Surat Dari Praha tidak memenangkan piala.

Editor's Pick

Add a Comment