Sajian Energetik di Authenticity

The SIGIT, Seringai, Barasuara, Rajasinga, Indische Party, dan Scaller menjadi daya tarik

Oleh
The SIGIT saat beraksi dalam gelaran Authenticity. Dennis Tumiwa

Authenticity, festival musik yang menghadirkan penampilan sejumlah musisi dengan berbagai aliran musik, sukses digelar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Kendari, Palu, Makassar, Samarinda, Mataram, dan Surabaya. Nama-nama besar seperti Kotak, Isyana Sarasvati, Seringai, Sore, Andra and the Backbone, Judika, hingga Aura Kasih berhasil menyedot ribuan penonton untuk menikmati festival musik tersebut.

Setelah tujuh kota tersebut, Authenticity berkolaborasi dengan Rolling Stone Music Series untuk menyebarkan keriaan di Jakarta pada Oktober lalu. Sejumlah nama-nama di bawah payung rock dipersiapkan menumpahkan distorsi di Rolling Stone Cafe, Jakarta: The SIGIT, Indische Party, Barasuara, Scaller, Seringai, dan Rajasinga.

Edisi pertama dilaksanakan pada 7 Oktober lalu, dibuka oleh band rock n" roll "60-an asal Jakarta, Indische Party. Band yang diperkuat oleh vokalis Japs Shadiq, gitaris Kubil Idris, bassist Jacobus Dimas, dan penggebuk drum Tika Pramesti ini memainkan lagu-lagu yang terdapat di album mini terbaru mereka, On Vacation, hingga single terbaru mereka, "Serigala", yang rencananya akan masuk ke dalam album kedua.

Setelah Indische Party turun panggung dan digantikan oleh The SIGIT, total sekitar 500 penonton sudah memadati Rolling Stone Cafe untuk menikmati aksi dari vokalis sekaligus gitaris Rekti Yoewono, bassist Adit Bagja, gitaris Farri Icksan, dan drummer Acil Armando. Ketika The SIGIT memainkan lagu-lagu dari album Visible Idea of Perfection dan album kedua yang didaulat menjadi Album Terbaik 2013 versi Rolling Stone Indonesia, Detourn, moshing hingga crowd surf spontan terjadi untuk merayakan keriaan.

Authenticity edisi kedua pada 13 Oktober menghadirkan dua band ibu kota yang tengah hangat diperbincangkan oleh khalayak. Sebagai aksi pembuka adalah Scaller, duo rock alternatif beranggotakan vokalis/pemain synthesizer Stella Gareth dan vokalis/gitaris Reney Karamoy yang turut dibantu oleh drummer tambahan yaitu Dhani Siahaan. Scaller intens menebarkan energi kepada publik Authenticity dengan menampilkan lagu-lagu seperti "Three Thirty", "Dreamer", "Stay on the Track", "The Youth", juga "A Song".

Ketika penonton sudah memanas berkat aksi Scaller, saatnya Barasuara melabuhkan sauh rock-nya lewat aksi panggung yang tenar akan keapikannya. Malam itu Barasuara tidak diperkuat oleh drummer Marco Steffiano. Namun bukan berarti adik kandung Marco, Enrico Octaviano, tak mampu menggantikan posisinya dengan baik. Barasuara tampil mengucurkan tenaga mereka di atas panggung dengan lagu-lagu yang sudah tidak asing lagi seperti "Api & Lentera", "Sendu Melagu", "Nyala Suara", dan "Bahas Bahasa".

Kombinasi ganas dan liar Seringai bersama Rajasinga akhirnya menutup kolaborasi Authenticity dengan Rolling Stone Music Series pada 21 Oktober lalu. Penampilan Rajasinga ini menjadi spesial karena merupakan aksi pertama mereka di Jakarta setelah merilis album ketiga, RAJASINGA: III. Tentu saja band yang diperkuat oleh bassist/vokalis Morrgth, penggebuk drum Revan, dan gitaris/vokalis Biman ini memainkan nomor-nomor berbahaya yang ada di album tersebut seperti "Stoned Magrib", "Orang Gila", "Ada?", dan "Masalah Kami di Negri Ini".

Sementara itu Seringai selain membawakan lagu-lagu pencipta koor massal dan crowd surf seperti "Mengadili Persepsi", "Berhenti di 15", hingga "Program Party Seringai", juga membawakan satu lagu baru berjudul "Disinformasi". Itu merupakan kedua kalinya band rock oktan tinggi ini membawakan lagu tersebut setelah sempat memainkannya di festival metal Cadascult pada 28 Oktober 2014.

Tidak berhenti pada Oktober, sajian energetik di Authenticity dan Rolling Stone Music Series rencananya akan dilanjutkan pada November mendatang dengan nama-nama yang tidak kalah besar dan menariknya.

Informasi tambahan oleh Pramedya Nataprawira

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. Kisah di Balik Tur Konser Keliling Dunia Raksasa Metallica
  2. Ed Sheeran Angkat Bicara tentang Perseteruan Taylor Swift dan Katy Perry
  3. Album Debut Eleventwelfth Dirilis Ulang di Jepang
  4. Grup Folk Rock asal Bandung, Rusa Militan, Merilis Album Perdana
  5. Saksikan Video Musik Terbaru Monita Tahalea, “Hai”

Add a Comment