25 Peristiwa Penting Sepanjang Oktober 2016

Menjelang penghujung tahun, makin banyak musik baru dirilis oleh para jagoan musik Indonesia. Perilisan single maupun album menjadi berita utama yang mendominasi.

Oleh

Menjelang penghujung tahun, makin banyak musik baru dirilis oleh para jagoan musik Indonesia. Perilisan single maupun album menjadi berita utama yang mendominasi. Dimulai dari Cassette Store Day 2016 di mana Bangku Taman sampai Sigmun merilis kaset khusus. Diakhiri Jeruji yang hadir dengan vokalis baru. Tentunya hal ini jadi sesuatu yang positif, bagi para penggemar setia band-band tersebut dahaga materi baru akhirnya bisa terpuaskan.

Bukan cuma dalam format album, banyak juga musisi yang merilis single terbaru. Seperti Danilla dengan lagu "Kalapuna", L'Alphalpha dengan "Tualang" sampai Blackteeth yang meluncurkan single "Setan". Untuk yang merindukan sesuatu yang segar, ada nama Vira Talisa yang memperkenalkan diri dengan single "Walking Back Home" atau Circarama lewat "Porcelain Sky". Rasanya melihat keragaman yang terjadi di Oktober, akhir 2016 akan semakin semarak.

Bicara soal semarak, selain Cassette Store Day 2016 yang digelar di belasan kota, ada juga Synchronize Festival 2016. Festival yang menyebut dirinya multi-genre festival ini menghadirkan Soneta sampai That's Rockefeller dalam satu acara. Lima panggung yang memuat penampilan dari reggae sampai hip hop menghibur pencinta musik Indonesia.

Tentunya pantas juga diapresiasi adalah melawatnya band-band Indonesia ke luar negeri. Stars and Rabbit berkeliling Inggris, sedangkan Deadsquad menyambangi Jepang. Musisi Indonesia makin dihargai oleh penonton asing. Sesuatu yang memang layak didapatkan karena kualitas yang diciptakan. Ditambah lagi, prestasi Indonesia di Anugerah Planet Muzik 2016 yang mempertemukan musisi Asia Tenggara. Indonesia membawa pulang tujuh piala di ajang ini.

Film Indonesia pun tak mau kalah. Film tentang Wiji Thukul di masa pelarian Istirahatlah Kata-Kata telah melanglang buana di berbagai festival film dunia. Salah satunya menjadi bagian CROSSCUT ASIA #03: Colorful Indonesia di Tokyo International Film Festival 2016. Bersama sepuluh film Indonesia lainnya, mereka mengharumkan nama dan memberikan gambaran Indonesia kepada warga asing.

Berikut 25 Peristiwa Penting Sepanjang September 2016:

19) Senyawa Berkolaborasi Bersama Bon Iver dan The National

Akun Twitter Senyawa mengunggah foto kolaborasi bersama Bon Iver, The National, dan Mouse On Mars di Michelberger Music Festival. Beberapa waktu lalu, Senyawa tampil bersama musisi internasional lainnya di sebuah festival yang mengedepankan kolaborasi. Festival yang diselenggarakan di Berlin, Jerman tersebut merupakan bagian dari rangkaian tur musim gugur Eropa yang dilakukan oleh Senyawa.

Michelberger Music Festival menampilkan musisi dengan berbagai gaya dan mencampuradukkan musik mereka dalam penampilan spontan. Selain bersama Senyawa, Bon Iver juga berkolaborasi dengan Boys Noize, Cantus Domus Choir, Damien Rice sampai Erlend Oye. Total 80 artis hadir di festival yang digagas dan dikurasi oleh Aaron dan Bryce Desner (The National), Justin Vernon (Bon Iver), Ryan Olson (Gayngs), Vincent Moon (La Blogotheque), Andre de Ridder, Brandon Reid dan Michelberger Hotel Berlin.

25) Indonesia Memborong Piala di Anugerah Planet Muzik 2016

Indonesia membawa pulang tujuh piala di Anugerah Planet Muzik 2016. Ajang penghargaan yang mempertemukan tiga negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura ini digelar pada 30 September lalu. Wakil Indonesia yang memenangkan penghargaan Anugerah Planet Muzik 2016 adalah Rizky Febian untuk Best New Male Artist, Yuka Kharisma untuk Best New Female Artist, Afgan and Raisa untuk Best Duo/Group, Musikimia untuk Best Band, Glenn Fredly untuk Best Male Artist, Raisa untuk Best Female Artist, dan lagu Musikimia "Dan Bernyanyilah" untuk Best Song – Indonesia.

Dalam ajang yang disiarkan langsung dari The Theatre @ Mediacorp, 1 Stars Avenue, Singapura tersebut artis-artis Indonesia lainnya juga turut memberi hiburan. Raisa berduet bersama Cakra Khan, Yuka Kharisma dan Rizky Febian tampil bersama Ayda Jebat, Armand Maulana membawakan singlenya "Hanya Engkau Yang Bisa", dan Musikimia dengan hitsnya "Dan Bernyanyilah".

24) Maudy Ayunda Memperkenalkan Single Terbaru, “Sekali Lagi”

Setelah pada Januari lalu meluncurkan single "Jakarta Ramai" yang berkisah tentang rasa sepi di antara keramaian ibu kota, penyanyi pop Maudy Ayunda pada Jumat (30/9) lalu merilis single terbaru berjudul "Sekali Lagi". Jika pada "Jakarta Ramai" ia berkolaborasi dengan Tohpati dalam segi aransemen, dalam "Sekali Lagi" Maudy bekerja sama dengan produser yang kerap berkolaborasi dengan Tulus, Ari Renaldi.

Melalui rilis pers, dijelaskan bahwa "Sekali Lagi" diciptakan Maudy ketika dirinya menimba ilmu di Oxford University, London, Inggris. Lagu tersebut berkisah tentang pengharapan dalam sebuah kisah cinta yang dibalut dengan musik pop balada.

23) Album Split Ska Reggae Indonesia Dirilis di Amerika Serikat

Album three way split reggae Indonesia, Soundclash Vol. 1, telah dirilis pada Cassette Store Day kawasan Chicago, Amerika Serikat, pada 8 Oktober lalu. Album kompilasi tersebut sebelumnya sudah dirilis pada 2015 silam. Soundclash Vol. 1 berisikan tiga band reggae Indonesia yaitu D"Jenks (Jakarta), The Skabanton (Surabaya), dan James Steady (Cirebon).

Soundclash Vol. 1 dapat dirilis di Chicago, Amerika Serikat, berkat hasil kerja sama D'Jenks dengan sebuah label rekaman independen asli sana bernama Jump Up Records. Pada Februari 2016 kemarin, D"Jenks, The Skabanton, dan James Steady merayakan peluncuran album Sounclash Vol. 1 di 365 Eco Bar Kemang, Jakarta.

22) Stars and Rabbit Tur Konser Keliling Inggris dan Wales

Stars and Rebbit telah mengadakan tur konser keliling Inggris dan Wales pada 12 hingga 20 Oktober lalu. Dalam tur konser yang diberi tajuk Baby Eyes ini, grup yang diperkuat vokalis Elda Suryani dan gitaris Adi Widodo ini mengunjungi Cardiff, Wales; serta Brighton dan London di Inggris.

Tur konser keliling Inggris dan Wales ini diungkapkan Stars and Rabbit sebenarnya adalah rencana yang akan dijalankan pada 2017. Tetapi karena rencana untuk menyelenggarakan konser tunggal Grow di luar Yogyakarta pada tahun ini mengalami kendala perizinan dan birokrasi, tur Baby Eyes akhirnya dimajukan.

"Kami merasa harus terus bergerak karena berkesenian itu nggak ada batasnya. Pengotak-ngotakkan kesenian justru membuat proses berkesenian itu sendiri sulit untuk berkembang," ujar Adi.

Dalam tur konser kali ini Stars and Rabbit mengajak tiga musisi tambahan–bassist Alam Segara, drummer Andi Irfanto, dan keyboardist Vicky Unggul–dan tampil dalam format full band.

21) Blackteeth Memperkenalkan Single Terbaru, “Setan”

Setelah meluncurkan single baru berjudul "Anjing Kantor" pada 5 Oktober lalu, unit punk rock asal Jakarta, Blackteeth, kembali merilis single baru dari album kedua yang akan segera dilepas. Lagu berjudul "Setan" tersebut sudah bisa dinikmati melalui akun YouTube milik mereka pada Senin (17/10) lalu.

Melalui rilis pers, lagu yang diciptakan oleh vokalis Blackteeth, Satriyo, tersebut dijelaskan oleh mereka terinspirasi dari band metal punk horor asal Jakarta, Kelelawar Malam.

"Gue pengin bikin lagu yang kedengarannya seram dan mencekam, dan Kelelawar Malam adalah band yang bisa menggambarkan suasana itu dengan sangat baik. Jadi gue coba mengadopsi dan mengadaptasi dengan cara Blackteeth," tutur Satriyo.

20) Film ‘Headshot’ Tayang di Berbagai Festival Film Internasional

Setelah beberapa waktu lalu berhasil tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) 2016 dan meraih penghargaan The Grand Noveax Genre Award di L'Trange Festival, Paris, 2016, film Headshot juga tayang di festival film internasional lainnya.

Film laga yang menampilkan Iko Uwais, Chelsea Islan, Sunny Pang dan Julie Estelle ini pada Sabtu (24/9) lalu telah tayang di Fantastic Fest 2016, Texas, dan menandai sebagai penayangan perdana di Amerika Serikat. Setelah itu pada Selasa (4/10) lalu, Headshot masuk dalam program West Coast Premiere di Beyond Fest, Los Angeles, AS. 13 Oktober lalu, film garapan The Mo Brothers ini akan tayang di Mayhem Film Festival, Inggris, dan menandai sebagai penayangan perdana di Britania Raya.

Selain beberapa festival film yang sudah disebutkan, rumah produksi Screenplay Infinite Films melalui rilis pers menjelaskan bahwa selama beberapa bulan ke depan Headshot juga akan tayang di Irish Film Institute Horrorthon, Rio De Janeiro International Film Festival, Busan International Film Festival, Sitges International Fantastic Film Festival, Quezon City International Film Festival, Chicago International Film Festival, Saskatoon Fantastic Film Festival, Hawaii International Film Festival

18) Bangkutaman Merilis Album Mini Terbaru di Cassette Store Day 2016

Bangkutaman, grup folk rock asal Yogyakarta merilis album mini terbaru berjudul Rileks. Album mini ini mencatat kembalinya kuartert ini ke kancah musik Indonesia setelah lepas dari album studio kedua mereka, Ode Buat Kota yang dirilis pada 2010. Rileks yang dirilis oleh La Munai Records dijual dalam format kaset bertepatan dengan perayaan International Cassette Store Day yang jatuh pada 8 Oktober lalu. Sedangkan video lirik dari lagu "Pekerja" telah diunggah pada 7 Oktober 2016 di akun YouTube resmi Bangkutaman.

"Ini semua adalah fase bangkutaman sekarang, yang memang lagi santai banget, meski dalam status band belum terlalu mapan, namun kami nikmati fase ini. Musik hari ini menurut bangkutaman adalah obat stres dari pekerjaan masing-masing personilnya," ungkap vokalis dan gitaris Wahyu 'Acum' Nugroho.

17) Cassette Store Day 2016 Indonesia Digelar di Berbagai Kota

Cassette Store Day 2016 Indonesia.

Kaset kembali menemukan jalannya bagi pecinta musik melalui Cassette Store Day. Ajang ini menjadi tempat yang tepat untuk para pemburu rilisan spesial berkumpul dan saling bertukar cerita. Untungnya semangat ini menular dan kini tersebar di berbagai kota. Rolling Stone Indonesia mengamati perkembangan ini dan mengabarkan kegiatan yang dikerjakan para pegiat musik di seluruh Indonesia.

Dari Tebing Tinggi, Sumatera Utara sampai Surabaya, Jawa Timur berbagai komunitas mengadakan acara penjualan dan pertukaran kaset. Selain itu, masing-masing kota juga hadir dengan konsep yang berbeda-beda, ada yang menambahkan acara di luar musik (pemutaran film) sampai diskusi musik.

Simak daftar penyelenggara Cassette Store Day 2016 Indonesia beberapa waktu lalu di sini.

16) Setelah Hampir Bubar, Band Indie Rock Yogya, Nerv.ous. Merilis Album Perdana

Nerv.ous.

Yogyakarta kembali menghadirkan band indie rock menarik. Salah satu eksponen terbarunya adalah Nerv.ous, grup yang akhirnya merilis album penuh perdana setelah sebelumnya vakum lima tahun lamanya. Album berjudul Nerv.ous dirilis oleh Yellow Records dalam format CD dan layanan musik streaming mulai Senin (10/10) lalu. Album Nerv.ous berisikan sebelas lagu yang hampir separuhnya ditulis dalam Bahasa Indonesia. Sebagian lagu merupakan materi dari album mini One for a Brighter Future (2009) yang direkam ulang. Di album ini mereka mempertemukan berbagai gaya musik alternatif yang memengaruhi mereka - indie rock, "Seattle Sound", shoegazing, art punk, hingga riotgrrl - musik yang akrab bagi mereka yang tumbuh dengan kanal MTV di era '90-an dan awal 2000-an.

15) Thrashpit Merilis Single Terbaru, “Bigotry Flock”

Thrashpit.

Kuintet thrash metal muda asal Jakarta, Thrashpit, baru-baru ini telah merilis single terbaru mereka yang berjudul "Bigotry Flock". Lagu ini sudah dapat didengar lewat akun resmi Soundcloud Thrashpit. "Bigotry Flock" adalah karya anyar dari Thrashpit setelah merilis album debut Perpetual Malice pada 2015 lalu. Lewat akun Facebook-nya, Thrashpit membeberkan cerita dibalik single terbaru mereka ini. "Lagu 'Bigotry Flock; adalah perwujudan kemarahan dan kecemasan kami terhadap masyarakat yang benar-benar tidak toleran dan bodoh yang cenderung paranoid dan menilai orang dengan hal-hal yang mereka bahkan tidak mengeri, juga inkonsistensi mereka yang didasari oleh opini yang lemah serta logika yang keliru."

14) Film tentang Wiji Thukul Memenangkan Penghargaan Film Terbaik

Gunawan Maryanto sebagai Wiji Thukul.

Film tentang Wiji Thukul, Istirahatlah Kata-Kata, telah memenangkan penghargaan Apresiasi Film Panjang Non Bioskop di ajang Apresiasi Film Indonesia 2016. Kategori tersebut ditujukan untuk film panjang non bioskop yang bermuatan nilai budaya dan/atau kearifan lokal dan/atau pembangunan karakter bangsa dengan durasi minimal 60 menit yang diputar di berbagai tempat selain di bioskop. Apresiasi Film Indonesia 2016 digelar di Manado pada 8 Oktober silam. Program ini diprakarsai oleh Pusat Pengembangan Perfilman, Sekretariat Jenderal Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan Bada Perfilman Indonesia. Tahun ini merupakan tahun kelima penyelenggaraannya.

13) Indische Party Memperkenalkan Single Terbaru, ‘Serigala’

Grup pembangkit rhythm & blues klasik asal Jakarta, Indische Party, memperkenalkan karya terbaru yaitu lagu berjudul "Serigala". Lagu tersebut ditunjuk oleh Indische Party sebagai single pertama bagi album kedua mereka nanti, Analog. "Nuansa surf rock yang pekat dibumbui sound dan melodi organ membuat lagu ini misterius sekaligus membangkitkan semangat. Sosok serigala dalam lirik lagu ini adalah metafora bagi sosok lelaki penggoda yang hendak memangsa gadis dalam impiannya," ungkap vokalis Japs Shadiq lewat siaran persnya.

12) L’Alphalpha Merilis Single Terbaru, “Tualang”

L'Alphalpha.

L'Alphalpha, grup indie rock asal Jakarta, telah merilis single terbaru mereka yang berjudul "Tualang" dalam format kaset pada 8 Oktober lalu. Dilepasnya single tersebut bertepatan dengan Cassette Store Day 2016, ajang untuk lebih mengenali nilai penting dari sebuah rilisan fisik berbentuk kaset. Lagu Terbaru milik band yang diisi oleh vokalis sekaligus gitaris Herald Reynaldo Sinaga, bassist Yudishtira Mahendra, pemain synthesizer dan gitaris Tercitra Winitya, pianis dan vokalis Byatriasa Ega, penggesek biola Purusha Irma, serta drummer Ildo Reynardian juga dapat dinikmati dalam format digital melalui layanan musik streaming seperti iTunes, Apple Music, dan Spotify.

11) D’MASIV Resmi Merilis Album Kelima, ‘Orange Album’

D'MASIV.

Salah satu band pop terbesar tanah air, D'MASIV, telah resmi merilis album terbaru mereka pada pertengahan Oktober kemarin. Tajuknya sama dengan nama band, namun bisa juga disebut Orange Album karena dominasi warna oranye pada sampul. Album kelima dari D'MASIV ini diakui para personelnya memiliki energi yang serupa dengan album perdana, Perubahan, rilisan pada 2008 silam. Di dalam album ini D'MASIV melibatkan beberapa musisi ternama dalam proses kreatifnya seperti Andhika dari The Titans, Noey dan Capung sebagai produser, hingga Yockie Suryo Prayogo.

10) Pengumuman Nominasi Festival Film Indonesia 2016

Para juri dan panitia FFI

Nominasi Festival Film Indonesia 2016 telah resmi diumumkan pada Jumat (14/10) lalu di La Moda, Plaza Indonesia. Dua film drama berdasarkan kisah nyata, Ahtirah dan Rudy Habibie bersaing ketat memperebutkan Piala Citra. Athirah dinominasikan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Lagu Soundtrack Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Sedangkan Rudy Habibie meraih nominasi Film Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Lagu Soundtrack Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. Daftar lengkap nominasi Festival Film Indonesia 2016 dapat di lihat di sini.

9) Drummer The Experience Brothers Mundur

Daud Sarassin.

Band rock and roll asal Bekasi, The Experience Brothers, telah resmi ditinggal oleh sang penggebuk drum, Daud Sarassin, yang mundur dari band terhitung pada awal Oktober kemarin. Mundurnya Daud dari The Experience Brothers membuat band yang terbentuk sejak 2001 silam ini tinggal menyisakan vokalis/gitaris, Ibrahim Saladdin, yang merupakan adik kandung dari Daud. "Keputusan ini diambil dengan banyak pertimbangan yang baik dari masing-masing personel," jelas Ibrahim atau Bram seperti dikutip dari srmbands.com. "Intinya semua berpisah dengan baik-baik, dan saya (Bram) menghargai keputusan kakak saya (Daud) untuk berpisah dari band ini, dan akan mendukung apapun yang dia lakukan sekarang, karena band boleh berpisah tapi hubungan saudara tidak akan pernah berakhir."

8) Speedkill Resmi Merilis Album Terbaru, ‘Buas’

Speedkill.

Kuartet thrash metal asal Jakarta, Speedkill, pada Kamis (20/10) lalu telah resmi merilis album terbaru mereka yang diberi judul Buas. Album ini merupakan album kedua dari Speedkill setelah mereka merilis album debut pada 2007 silam yang berjudul Metallium A.D. "Speedkill siap memacu adrenaline kalian dengan tensi musik berkecepatan tinggi dengan karakter sound yang lebih modern dan segar dengan sentuhan old school sehingga terdengar lebih groovy," jelas pihak manajemen band.

7) Deadsquad Menjalani Tur Konser di Jepang

Deadsquad

Pasukan death metal asal Jakarta, Deadsquad, menjalani tur konser Jepang mulai 30 Oktober hingga awal November lalu. Deadsquad tampil sebanyak empat kali di sana. Ini merupakan kali pertama bagi Daniel Mardhany (vokal), Stevie Item (gitar), Karisk (pemain gitar tambahan), Alan Musyfia (bas), dan Andyan Gorust (drum) untuk tampil di luar negeri. Tur konser Deadsquad di Jepang menjadi kesempatan bagi para personel untuk memperkenalkan materi-materi dari album terbaru mereka, Tyranation, yang dijadwalkan rilis di Indonesia pada November ini.

6) Danilla Meluncurkan Single Terbaru, “Kalapuna”

Danilla

Terinspirasi dari kegundahan seputar hubungan percintaan, Danilla menciptakan dan meluncurkan single terbaru miliknya yang berjudul "Kalapuna" pada Rabu (19/10) silam. Lagu tersebut dipersiapkan Danilla sebagai pengantar menuju album penuh keduanya nanti. Danilla mengungkapkan bahwa album keduanya memiliki materi yang lebih personal dibanding album sebelumnya.



Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Film 'Turah' Dipilih untuk Mewakili Indonesia pada Oscars 2018
  3. Konferensi Musik Indonesia, Archipelago Festival, Siap Diselenggarakan Oktober Mendatang
  4. Proyek Musik Elektronik Putra Bungsu Addie MS, Mantra Vutura, Rilis Album Mini
  5. .Feast Resmi Merilis Album Penuh Perdana Bertajuk 'Multiverses'

Editor's Pick

Add a Comment