15 Artis Wajib Tonton di Synchronize Festival 2016

Menampilkan total 104 artis lintas generasi maupun aliran yang siap meramaikan pesta musik tiga hari tiga malam tersebut

Oleh
Rhoma Irama.

Festival musik akbar besutan Demajors dan Dyandra Promosindo, Synchronize Fest 2016, siap diselenggarakan pada 28, 29, dan 30 Oktober besok di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Festival ini bakal membangun lima panggung berbeda (Dynamic, Lake, Forest, District, dan Gigs) demi menampilkan total 104 artis lintas generasi maupun aliran yang siap meramaikan pesta musik tiga hari tiga malam tersebut.

Beberapa dari mereka para pengisi acara yang datang sebagai generasi baru adalah Barasuara, Kelompok Penerbang Roket, Heals, Scaller, Blackteeth, Elephant Kind, Danilla, Dental Surf Combat, hingga Billfold. Ada pula band-band yang usia kariernya sudah dalam hitungan lebih dari satu dekade seperti Jasad, Pure Saturday, Sheila on 7, Indra Lesmana, The Flowers, P Project, Koil, The Groove, hingga Stepforward.

Namun salah satu daya tarik paling tinggi dari Synchronize Fest 2016 adalah kehadiran sang raja dangdut, Rhoma Irama, yang bakal tampil bersama orkes Soneta Group di malam kedua. Sebelum diundang untuk tampil di Synchronize Fest 2016, Rhoma Irama bersama Soneta Group terbilang sangat jarang tampil di festival musik yang memberlakukan biaya tiket untuk para penontonnya. Namun sejak namanya diumumkan pada awal Oktober sebagai aksi pamungkas Synchronize Fest 2016, sensasi dalam menyaksikan festival ini pun sontak menanjak tinggi.

Dengan padatnya jadwal di kelima panggung, tim Rolling Stone Indonesia mencoba memberi panduan sesuai jadwal penampilan, siapa saja yang patut disaksikan di Synchronize Fest 2016. Namun jika Anda mengantongi energi konser yang berlebih, silahkan Anda menikmati sebanyak-banyaknya para penampil di Synchronize Fest 2016. Selamat berpesta!

15) Kelelawar Malam

Band punk horor asal Jakarta, Kelelawar Malam, siap tampil sebagai aksi pembuka hari pertama Synchronize Fest 2016 di Dynamic Stage pada pukul 16.00 WIB. Penonton Synchronize Fest 2016 boleh memanaskan tubuhnya di mulut panggung Kelelawar Malam yang baru saja merilis piringan hitam tujuh inci berjudul Horror Metal Punk pada April lalu. Aksi mencekam Kelelawar Malam patut disaksikan. Apalagi jika mereka membawa gimmick panggung yaitu menghadirkan 'personel' tambahan dari alam baka.

14) Aksan Sjuman & The Committee of the Fest

Aksan Sjuman & The Committee of the Fest

Bersiap untuk petualangan sound dari kolektif Aksan Sjuman & The Committee of the Fest. Synchronize Festival 2016 membuktikan diri punya selera tinggi dengan mengundang band yang berisi para petualang dari musik jazz. Dipimpin oleh Aksan Sjuman, beranggotakan Dion Janapria, Mery Kasiman, Indra Perkasa, Kartika Jahja dan Nikita Dompas. Dengan musik yang ramai tapi juga susah ditebak, kolektif ini jelas bukan santapan mingguan biasa. Maka dari itu penampilannya sangat layak jadi highlight.

Aksan Sjuman & The Committee of the Fest akan tampil di hari pertama, 28 Oktober 2016, pada jam 17.15.

13) Indra Lesmana & Keytar Trio

Indra Lesmana selalu punya sesuatu yang menarik untuk ditawarkan dan kini hadir dengan konsep keytar. Baru saja merilis album, proyek terbaru Indra Lesmana ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak beberapa waktu lalu. Namun kini ia makin percaya diri dan mengusungnya sebagai penampilan utama. Dari otak jenius salah satu maestro jazz Indonesia, konsep ini akan menarik untuk diperhatikan. Poin tambahan adalah domisili Indra yang kini di Bali membuat penampilannya di Jakarta akan jadi sesuatu yang spesial.

Indra Lesmana & The Keytar Trio akan tampil di hari pertama, 28 Oktober 2016, pada jam 19.45.

12) Teenage Death Star

Unit rock ugal-ugalan dengan semboyan skill is dead kembali menggila bersama. Menyongsong kembalinya Sir Dandy ke tanah air, Teenage Death Star sekali lagi siap merobek anggapan band rock keren harus bisa memesona dengan kemampuan bermain musik. Jangan harapkan permainan kelas dewa rock, cukup bersenang-senang dan lupakan hari esok. Sedikit kekacauan di depan panggung rasanya sah-sah saja ketika menonton para dedengkot rock ini.

Teenage Death Star akan tampil di hari pertama, 28 Oktober 2016, pada jam 23.45.

11) Deadsquad

Deadsquad berpose bersama dengan penggemar mereka, Pasukan Mati.

Sebelum terbang ke Jepang untuk menjalani tur konsernya, Deadsquad akan tampil sebagai aksi penutup hari pertama Synchronize Fest 2016 pada pukul dua belas malam. Deadsquad bakal menampilkan technical death metal yang menjadi ciri khas mereka di Forest Stage. Apa yang membedakan penampilan Deadsquad kali ini tentunya adalah setlist mereka yang kali ini dipersenjatai oleh lagu-lagu baru dari album Tyranation di mana dijadwalkan rilis pada November 2016 mendatang.

10) Rajasinga

Rajasinga.

Trio grindcore berbahaya asal Bandung, Rajasinga, dijadwalkan tampil sebagai salah satu band pembuka hari kedua Synchronize Fest 2016 di Forest Stage pada pukul 14.45 WIB. Pemain drum Revan, gitaris/vokalis Biman dan vokalis/bassist Morgg siap menggilas gendang telinga para penonton dengan karya-karya mereka yang tak hanya datang dari album debut Pandora (2007) dan album terpuji RajagnaruK (2010), namun kini mereka tampil dengan mengantongi amunisi terbaru dari album penuh eksplorasi yakni Rajasinga: III (2016).

9) Taring

Taring.

Trio hardcore asal Bandung, Taring, dijadwalkan tampil untuk hari kedua Synchronize Fest 2016 di Dynamic Stage pada pukul 16.00 WIB. Penampilan mereka kali ini bakal lebih bertenaga dari panggung-panggung sebelumnya mengingat Hardy (vokal), Angga (gitar), dan Gebeb (drum) baru saja merilis album kedua mereka yang berjudul Orkestrasi Kontra Senyap. Silahkan bentuk mosh pit seliar mungkin ketika Taring menampilkan nomor-nomor terbaru seperti "Kontra Kebisuan", "Ragukan Aku Tanpa Ragu", hingga "Iblislah Aku".

8) Dead Vertical

Trio grindcore asal Jakarta, Dead Vertical, bakal menggempur hari kedua Synchronize Fest 2016 di Lake Stage pada pukul 16.45 WIB. Serupa dengan sejawat grindcore-nya yakni trio Rajasinga, Deadvertical yang beranggotakan Boy Bleh (vokal/gitar), DeadbonZ (bas/vokal) dan Aryablood (drum) juga baru saja merilis album terbaru yang berjudul Angkasa Misteri. Lagu itu memuat dua single yang sudah dirilis bertajuk "Broken" ft. Arian13 (Seringai) dan "Tunggal Bertarung" yang sudah tersedia dalam format video musik.

7) The Flowers

Synchronize Fest 2016 menjadi kesempatan yang cukup baik untuk menyaksikan langsung salah satu band rock & roll terbaik lulusan Potlot yakni The Flowers. Band yang belakangan ini sudah jarang tampil di hadapan publik, bakal kembali beraksi di hari kedua Synchronize Fest 2016 di Dynamic Stage pada pukul 20.15 WIB. Tentu saja The Flowers akan tampil membawakan hits mereka seperti "Gak Ada Matinye", "Rajawali", "Bayangan", hingga "Tolong Bu Dokter".

6) Soneta Group

Inilah penampilan yang paling ditunggu di Synchronize Fest 2016. Sang raja dangdut berusia 69 tahun, Rhoma Irama, bersama Orkes Soneta Group bakal tampil di Dynamic Stage sebagai aksi penutup hari kedua pada pukul 23.30 WIB. Tak ada yang yakin bang haji, begitu Rhoma sering disapa, bakal tampil berapa lama dan berapa lagu di atas panggung. "Sekarang ana tantang ente, kuat berapa jam?" Kata Rhoma saat menjalani jumpa pers beberapa waktu lalu. Endah Widiastuti dari Endah N Rhesa dan DDHEAR berteriak, "sampai pagi!" Dan sang raja hanya membalasnya dengan tertawa kecil.

5) Komunal

Alasan untuk datang lebih cepat. Komunal ditaruh sebagai penampil awal dan akan sangat rugi jika dilewatkan. Unit rock dari rawa, Komunal mungkin sudah terlalu lama tidak punya materi baru, namun materi dari album-album sebelumnya masih akan melibas telinga dan menjadi pemanasan yang baik untuk sepanjang hari. Gempuran lamban stoner metal di siang hari akan sangat memabukkan. Hati-hati jangan terlalu larut!

Komunal akan tampil pada hari ketiga, Minggu 30 Oktober 2016, pada jam 14.30.

4) Tony Q

Presiden reggae Indonesia akan membawa penonton bersantai dengan alunan musiknya. Tak ada kata berhenti untuk Tony Q dan di Synchronize Festival 2016, ia akan menunjukkan betapa membiusnya aksinya. Walau perhatian ada pada raja dangdut, namun susah untuk membiarkan diri tak menonton aksi sang presiden reggae. Hebatnya Tony Q masih produktif dan lagunya bahkan masuk nominasi Anugerah Musik Indonesia 2016. Saatnya bergoyang santai dan menenangkan diri bersama Tony Q.

Tony Q akan tampil pada hari ketiga, Minggu 30 Oktober 2016, pada jam 15.30.

3) Agrikulture

Setelah absen sekian lama, Agrikulture tiba-tiba kembali sering tampil di panggung musik. Balik lagi ke formasi aslinya, grup yang diisi para DJ ternama ini memainkan lagi hits-hits electronic punk yang sempat membawa mereka populer di akhir 2000-an dan awal 2000-an. Synchronize Festival 2016 bisa jadi ajang yang tempat bagi mereka yang rindu akan hits seperti "Disko di Rumah (Agrikulture Remix)" atau "Lagu Cinta-Cintaan". Pertanda akan ada album baru ke depannya? Doakan saja.

Agrikulture akan tampil di hari ketiga, Minggu 30 September, pada jam 16.00.

2) Tomorrow People Ensemble

Tomorrow People Ensemble

Penampilan live dari salah satu band jazz paling eklektik ini akan membuat mata terbelalak. Sepulangnya dari tur singkat di Jepang, Tomorrow People Ensemble kembali manggung di Indonesia. Mengingat jarangnya mereka tampil di depan publik, band yang digawangi banyak jagoan dari dunia jazz seperti Nikita Dompas, Adra Karim, Indra Perkasa, dan Elfa Zulham ini pastinya sayang dilewatkan. Harapkan sebuah set yang bukan hanya menghibur, tapi juga mengundang decak kagum.

Tomorrow People Ensemble akan tampil di hari ketiga, Minggu 30 Oktober, pada jam 18.30.

1) Krakatau

Krakatau Reunion

Supergrup Krakatau Reunion akan hadir di Synchronize Festival 2016 dan memberikan warna berbeda di antara penampil lainnya. Krakatau Reunion kini beranggotakan Dwiki Dharmawan, Gilang Ramadhan, Trie Utami, Indra Lesmana, Pra B Dharma, dan Doni Suhendra. Kalau biasanya kesempatan menonton mereka terbatas di festival jazz besar dan mahal, kini Synchronize Festival 2016 menyediakan waktu bagi penikmat musik yang seleranya lebih cair untuk merasakan nuansa megah dan permainan musik yang intens dari mereka.

Krakatau Reunion tampil di hari ketiga, Minggu 30 Oktober 2016, pada jam 19.00.



Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Film 'Turah' Dipilih untuk Mewakili Indonesia pada Oscars 2018
  3. Konferensi Musik Indonesia, Archipelago Festival, Siap Diselenggarakan Oktober Mendatang
  4. Proyek Musik Elektronik Putra Bungsu Addie MS, Mantra Vutura, Rilis Album Mini
  5. Saksikan Trailer Film ‘Chrisye’ yang Menampilkan Vino G. Bastian

Editor's Pick

Add a Comment