Film tentang Wiji Thukul Memenangkan Penghargaan Film Terbaik

Kategori Film Panjang Non Bioskop dari Apresiasi Film Indonesia 2016

Oleh
Gunawan Maryanto sebagai Wiji Thukul. Limaenam Films

Film tentang Wiji Thukul, Istirahatlah Kata-Kata, telah memenangkan penghargaan Apresiasi Film Panjang Non Bioskop di ajang Apresiasi Film Indonesia 2016. Kategori tersebut ditujukan untuk film panjang non bioskop yang bermuatan nilai budaya dan/atau kearifan lokal dan/atau pembangunan karakter bangsa dengan durasi minimal 60 menit yang diputar di berbagai tempat selain di bioskop.

Istirahatlah Kata-Kata berkisah tentang Wiji Thukul, seorang penyair yang dikenal karena kelantangannya meneriakkan ketidakadilan di masa protes politik meningkat. Ketika kerusuhan Jakarta 1996, dia dan beberapa aktivis dituduh bertanggung jawab dan dikejar aparat keamanan. Dipaksa pergi, Wiji terbang ke Pontianak di mana dia bersembunyi selama delapan bulan, kadang bersama orang asing. Di sana dia mengganti identitasnya beberapa kali, tapi masih juga menulis puisi dan cerita pendek. Sedangkan di Solo, istrinya Sipon tinggal bersama dua anak mereka di bawah pengawasan ketat. Pada Mei 1998, Wiji Thukul dianggap hilang, sebulan sebelum Soeharto digulingkan oleh rakyatnya sendiri.

"Film ini kami persiapkan untuk tayang di layar-layar sinema Indonesia, terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Apresiasi Film Indonesia 2016, disaat yang sama film kami juga di Apresiasi di Busan International Film Festival. Apresiasi dari festival film di dalam dan luar negeri adalah energi positif bagi film ini," ucap Yosep Anggi Noen sang sutradara seusai pemutaran di Busan International Film Festival.

Film yang digarap oleh Yosep Anggi Noen tersebut telah melakukan beberapa penayangan internasional. Mulai dari penayangan perdana di Locarno Film Festival 2016, lalu berhasil berkompetisi di Vladivostok Film Festival 2016, Hamburg International Film Festival-Jerman, Busan International Film Festival 2016 dan menyusul festival-festival lainnya.

Yulia Evina Bhara, sang produser menyampaikan film Istirahatlah Kata-Kata direncanakan untuk tayang di berbagai bioskop Indonesia. "Saat ini kami sedang melalui proses persiapan hingga film ini bisa dinikmati di layar-layar bioskop Indonesia pada Januari 2017 nanti."

‎Selain film tersebut, film Salawaku yang berkisah tentang seorang anak kecil dalam perjalanan pencarian kakaknya menuai penghargaan Apresiasi Film Panjang Bioskop. Sedangkan film kolaborasi Tino Saroengallo dan Tio Pakusadewo Pantja Sila: Cita-Cita & Realita menggondol piala Apresiasi Film Dokumenter Umum. Untuk kategori Film Televisi, tak ada pemenang yang terpilih.

Apresiasi Film Indonesia 2016 digelar di Manado pada 8 Oktober silam. Program ini diprakarsai oleh Pusat Pengembangan Perfilman, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Badan Perfilman Indonesia. Tahun ini merupakan tahun kelima penyelenggaraannya.

Daftar Pemenang Apresiasi Film Indonesia:

Apresiasi Adi-Insani: Hartanto

Apresiasi Adi-Karya: Si Mamad (1973)

Apresiasi Program Film: Layar Perak (Metro TV)

Apresiasi Kritik Film: Hikmat Darmawan

Apresiasi Lembaga Pendidikan: Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Apresiasi Komunitas: Sumbawa Sinema Society

Apresiasi Asosiasi: Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI)

Apresiasi Pemerintahan Daerah: DI Yogyakarta

Apresiasi Festival Film: Jogja-Netpac Asian Film Festival

Apresiasi Trailer Film: Aach… Aku Jatuh Cinta

Apresiasi Poster Film: Ada Apa Dengan Cinta 2

Apresiasi Film Animasi Pelajar/Mahasiswa: Lakuna

Apresiasi Film Animasi Umum: Timun Mas

Apresiasi Film Dokumenter Pelajar/Mahasiswa: Kami Hanya Menjalankan Perintah, Jenderal!

Apresiasi Film Dokumenter Umum: Pantja Sila: Cita-Cita & Realita

Apresiasi F-TV: -

Apresiasi Film Pendek Pelajar: Ijinkan Saya Menikahinya

Apresiasi Film Pendek Mahasiswa: Emak

Apresiasi Film Pendek Umum: Pangreh

Apresiasi Film Anak: Amarta

Apresiasi Film Panjang Non Bioskop: Istirahatlah Kata-Kata

Apresiasi Film Panjang Bioskop: Salawaku

Editor's Pick

Add a Comment