Daftar Kota Penyelenggara Cassette Store Day 2016 di Indonesia

Dari Tebing Tinggi Sampai Surabaya

Oleh
Cassette Store Day 2016 Indonesia.

Kaset kembali menemukan jalannya bagi pecinta musik melalui Cassette Store Day. Ajang ini menjadi tempat yang tepat untuk para pemburu rilisan spesial berkumpul dan saling bertukar cerita. Untungnya semangat ini menular dan kini tersebar di berbagai kota. Rolling Stone Indonesia mengamati perkembangan ini dan mengabarkan kegiatan yang dikerjakan para pegiat musik di seluruh Indonesia.

Dari Tebing Tinggi, Sumatera Utara sampai Surabaya, Jawa Timur berbagai komunitas mengadakan acara penjualan dan pertukaran kaset. Selain itu, masing-masing kota juga hadir dengan konsep yang berbeda-beda, ada yang menambahkan acara di luar musik (pemutaran film) sampai diskusi musik.

Inilah dia daftar penyelenggara Cassette Store Day 2016 Indonesia:

Cassette Store Day 2016: Malang

Cassette Store Day 2016 Malang

Cassette Store Day 2016 menjadi edisi keempat yang diselenggarakan di Malang, Jawa Timur. Tahun ini CSD Malang diselenggarakan di Teras Panglima, Simpang Ijen, pada 8 Oktober mendatang. CSD 2016 regional Malang bakal diramaikan oleh 24 lapakan di mana diantaranya adalah Barongsai Records, Forget The Pain.inc, Gerpfast Kolektif, Terserahati, Rocknterror Records, Reka Records, hingga Haum Entertainment.

Ada pula aksi-aksi yang siap meramaikan CSD 2016 Malang seperti Crimson Diary, Beeswax, Remissa, Soul Projeck, Chamomile, Write the Future, dan Pagi Tadi. CSD 2016 regional Malang bakal menjual rilisan spesial seperti Cassette Store Day 2016 Malang Compilation + booklet record stores yang ada di Malang, album Grown Away from Society (Confuse Records) milik No Man's Land, album Falling Appart (Tarung Records) kepunyaan Ravage, Jejaden (Swad Records) milik Toreh, serta We Were Trying Not to Distrub You milik Bbdtrio (Gerpfast Kolektif).

"Semoga kedepannya semakin banyak rilisan dalam format kaset, kaset tidak punah. Semoga saja industri musik nasional (major) berani mengeluarkan/memproduksi dalam format kaset. Selain itu semoga tukang service tape dan suku cadang tape masih ada," jelas Indra Zulkarnain selaku penyelenggara CSD 2016 Malang.


Cassette Store Day 2016: Solo

Cassette Store Day 2016 Solo

Untuk ketiga kalinya Cassette Store Day diselenggarakan di kota Solo, Jawa Tengah. Untuk edisinya tahun ini, CSD rergional Solo siap diadakan di Muara Market, Banjasari, Solo, pada 8 Oktober mendatang. CSD 2016 regional Solo memiliki beberapa perbedaan dibanding dengan dua perhelatan sebelumnya pada 2014 dan 2015. "Untuk tahun ini kami menyediakan space untuk perorangan yang ingin berpartisipasi di lapakan bersama," jelas Bagus 'Bege' Purwoko selaku perwakilan pihak penyelenggara.

"Untuk kegiatan juga tidak terbatas (hanya) transaksi jual beli, tapi juga memungkinkan tiap partisipan bisa melakukan trade/barter koleksi rilisan pribadi," tambahnya. Selain lapakan bersama, CSD 2016 regional Solo tentunya bakal diramaikan oleh beberapa lapakan label rekaman seperti dari Alpha Omega Records, Alimrugi, serta Substrack. Namun CSD 2016 regional Solo memilih untuk tidak diramaikan oleh penampilan dari band. "Tapi akan ada sesi mendengarkan kaset/mixtape. Alasannya agar acaranya lebih intim dan fokus ke aktivitas lapakan," terang Bege.

Selain CSD 2016 regional Solo juga memiliki kegiatan bincang-bincang di antaranya bersama Dondiet (Alpha Omega Records), Dimas DFH (sound engineer/Matius III:II), serta Dimas Purnono (Deanstreetbilly's). CSD 2016 regional Solo menjadi distribusi resmi bagi beberapa rilisan spesial Cassete Store Day seperti dari label rekaman Kolibri dan Nanaba Records (Bedchamber, Peonies, Kaveh Kannes, Ikkubaru, juga Sigmun). Selaku pihak penyelenggara, Bege menaruh harapan tersendiri lewat perhelatan CSD 2016 regional Solo. "Semoga dengan adanya acara seperti ini bisa menjadi trigger bagi pelaku industri musik di kota Solo sendiri. Kami cukup tertinggal dari kota-kota besar, tapi setidaknya di sini sudah mulai berbenar," kata Bege.

Cassette Store Day 2016: Bekasi

Cassette Store Day 2016 Bekasi

Cassette Store Day tahun ini juga diselenggarakan di Bekasi lewat sebuah acara yang diberi tajuk Indikasi Vol. 1. "Indikasi adalah forum kolektif dalam format gig yang dirintis untuk menjahit berbagai jejaring pegiat musik di Bekasi yang selama ini terserak. Konsep ini digagas dengan semangat guyub dan etos berbagi: bahwa Bekasi menyimpan banyak potensi di bidang musik," terang pihak penyelenggara Kedubesbekasi lewat akun Instagram. Indikasi Vol. 1 yang sekaligus merayakan Cassette Store Day 2016 diselenggarakan pada 8 Oktober besok di markas Kedubes Bekasi, Jl. Raya Jatikramat No. 2A, Jatiasih, Bekasi. CSD 2016 regional Bekasi bakal menghadirkan tiga lapakan yakni Zim Zum Store, Warkop Musik, serta Ripstore.Asia. Ada pun sesi diskusi bersama dengan tiga narasumber yakni Tresna Galih, Hardy Bangsat, serta Pry S Pry. Tak kalah menarik, CSD 2016 regional Bekasi juga menghadirkan penampilan dari Chewing Sparkle, Primata, Beautiful Garbage, Junaidi Bobby, Obsoletala, Kamuflase, dan GineTonic.

Cassette Store Day 2016: Bogor

Cassette Store Day 2016 Bogor

Untuk pertama kalinya Cassette Store Day diselenggarakan di kota Bogor, Jawa Barat. CSD 2016 regional Bogor siap diselenggarakan di Safe 'N Sound, Cibinong, Bogor, pada 9 Oktober mendatang. Dalam edisi pertamanya, CSD 2016 regional Bogor bakal diramaikan oleh beberapa lapakan seperti Eternal Store & Positive Sights, Zumi (Jepang), Nercos Division, Hujan! Rekords, Anarkopop, Kick It! Records, juga EHM Music. Tak ketinggalan ada pula band-band yang siap menggempur CSD 2016 regional Bogor seperti Avhath, Disfare, Wicked Flesh, Heaven In, The Kuda, dan Frack. CSD 2016 regional Bogor bakal menjual dua rilisan spesial yaitu Satu Aku Sejuta Kalian (Tromagnon Records) dari The Kuda dan Pertunjukan Hari Esok (Kick It! Records) yang merupakan album debut dari Topi Jerami. "Semoga tahun depan sudah bisa join sama penggiat Cassete Store Day di luar kota, tujuannya sih ya biar Bogor nggak dianggap sepi aja," jelas Qori Hafiz selaku perwakilan pihak penyelenggara. "Jadi ada kesempatan didistribusikan oleh penggiat (record label) lain. Kayak misalnya satu records menyebarkan rilisannya di CSD Jakarta, Bandung, Kediri, Yogyakarta, dan Bogor," tambah Qori.

Cassette Store Day 2016: Jakarta

Cassette Store Day 2016 di Jakarta akan dirayakan di dua tempat berbeda yang satu sama lain sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pertama berada di Aksara, Jl Kemang Raya no. 8B, Jakarta Selatan, yang akan dimulai pukul 16.00 WIB. Berbagai rilis spesial rencananya akan hadir di sini, di antaranya adalah dari label rekaman Nanaba Records, Pepaya Records, SRM bands, dan Karma Records. Selain itu Kolibri Rekords akan berkolaborasi dengan Nanaba Records untuk menghadirkan pertunjukan musik di dalam toko Aksara. Bedchamber, Kaveh Kanes, dan Peonies dipastikan akan meramaikan gelaran tersebut.

Kedua, Cassette Store Day 2016 akan diadakan di Blok M Square (lantai basement, blok B), Jakarta Selatan. Selain rilisan spesial dari Nanaba Records dan Pepaya Records, kaset-kaset dari era '70-an hingga terkini akan dijual oleh para toko-toko musik yang ada di Blok M Square.

Cassette Store Day 2016: Bandung

Toko rekaman musik Omuniuum yang berada di Jalan Ciumbuleuit 151 B, akan kembali menjadi pusat ajang Cassette Store Day 2016 cabang Bandung pada 8 dan 9 Oktober mendatang, mulai pukul 12.00 WIB hingga 21.00 WIB. Selain Omuniuum sendiri, beberapa label rekaman dan merchandise pun dipastikan akan hadir di gelaran ini yaitu Alternaive, Decibel Store & Estafet, DSSTR Records, Nanaba Records, Sleborz, Sunstore, dan Warkop Musik.

Tidak hanya jual-beli kaset, Cassette Store Day 2016 di Bandung juga akan ada acara bincang-bincang dengan tema "Hikayat Berburu & Dinamika Mengkoleksi Kaset Pita", demo merawat kaset pita yang didampingi oleh Gery Sugeng Riyadi, dan empat penampilan Cassette Jockey. Sedangkan rilisan spesial yang ada di Bandung salah satunya adalah Collapse, proyek terbaru dari gitaris A.L.I.C.E., Dika, dengan debut album mini bertajuk Grief .

Cassette Store Day 2016: Tebing Tinggi

Sumatera Utara turut merayakan Cassette Store Day 2016, di mana kali ini digelar di Tebing Tinggi untuk pertama kalinya. Acara bertajuk "Mana Kaset Kelen" diadakan di Cafe Amir, jalan Bulian, Tebing Tinggi mulai pukul empat sore sampai tengah malam.

Acara akan diramaikan oleh pembicara Iiw (rimbasvara/hars), Ivan Stupidzero, Puja Rahim, dan Pak Robin. Diisi dengan lapak zine dan perpustakaan jalanan Tebing Tinggi. Grup musik yang tampil adalah Slow White, Slekot, Papercuts, Dicva, dan Foundation Hip Hop Tebing. Dengan rilisan spesial dari Stupidzero.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Cassette Store Day 2016: Yogyakarta

Cassette Store Day 2016 Yogyakarta

Dua puluh empat Lapak Kaset akan berjualan di Cassette Store Day 2016 Yogyakarta. Para penjual ini akan berkumpul di Halaman Bentara Budaya pada 8 Oktober mendatang. Selain penjualan kaset akan ada juga peluncuran zine dan kompilasi Jogja Record Store Club #3. Kompilasi ini berisikan sembilan band baru dari Yogya dan zine bertemakan musik serta perkembangannya hari ini. Acara lain yang tak kalah menarik adalah diskusi musik bersama Robert Pepper pemilik dari Alreaon Musique dari New York.

Penampil yang mengisi acara di Cassette Store Day 2016 Yogyakarta adalah Pas Musique, Numbfoot dan Bloater dari Amerika Serikat yang sedang tur di Indonesia hingga Emil Palme dari Denmark. Perwakilan dari Yogyakarta adalah Terasering dan Mengayunkyu. Sedangkan rilisan spesial untuk tahun ini adalah penjualan perdana kaset Libertaria Kewer Kewer, To Die Kalut Mendera, dan juga Frau 7".

"Masih banyak yang menjual dan berburu rilisan kaset di sini tapi banyak yang susah nyari penjualnya jadi sekalian saja dikumpulin jadi satu dalam ajang ini. Biar seru juga sih bertemu para penikmat musik dalam bentuk kaset," jelas Indra Menus, penyelenggara Cassette Store Day 2016 Yogyakarta.

Cassette Store Day 2016: Semarang

Cassette Store Day 2016 Semarang digelar di Clapper Movie Cafe pada 8 Oktober 2016. Delapan lapak musik akan menjual berbagai kaset. Acara dimulai sejak pukul empat sore.

Konten acara meliputi bincang-bincang bersama Udin Ahmad dan Godhot Nurhakim yang akan berbicara seputar khazanah rilisan fisik, berbagi sudut pandang kolektor rilisan, serta tips merawat kaset pita. Ada juga konsultasi nada dan lirik bersama Serikat Pembunuh Ayah Kandung yang ditujukan bagi siapapun yang membutuhkan bantuan dalam merangkai penggalan lirik dan nada lagu.

Bukan cuma musik, ada juga lokakarya kolase dari Riska Farasonalia dan pemutaran film Sound City dari Dave Grohl.
Acara diorganisir oleh Semarang On Fire dan Whocares Collective

Cassette Store Day 2016: Surabaya

Tahun ini Cassette Store Day 2016 Surabaya digelar SubRecord. Konten acara berisi penjualan kaset, pertukaran kaset, acara musik dari band dan DJ. Dua puluh lapak musik bergabung dalam Cassette Store Day tahun ini. Acara digelar di M-Radio pada 16 Oktober 2016. Gratis.

Untuk penampilan musik, Cassette Store Day 2016 Surabaya hadir dengan pengisi acara The Flins Tone, Hawk, Hecht, Dhurma, DJ Dellen, Sinleto, dan Pijar (Medan). Untuk rilisan spesial akan ada dari Egon Spengler, Obsoletala, Dandellions, Pedestrian Drama, Kolibri, dan Dhurma.

"Penikmat kaset di Surabaya bisa dibilang banyak, apalagi sekarang anak-anak muda juga mulai mengoleksi kaset pita sebagai bentuk dukungan terhadap usaha band/label yg sudah bikin rilisan kaset, untuk bernostalgia dan ada juga yang ikut-ikutan karena lagi ngetrend," jawab Eri Rukmana, selaku penyelenggara Cassette Store Day 2016 Surabaya.

Cassette Store Day 2016: Bali

Berbeda dengan kota-kota lain, Bali baru akan mengadakan Cassette Store Day 2016 di akhir Oktober mendatang. Kemungkinan mengambil tempat di daerah Bali Selatan. Selain membuka lapak dari beberapa toko rekaman di Bali, kegiatan lainnya adalah sharing session dengan beberapa pelaku yang pernah terlibat dalam jayanya era kaset di Bali sekitar 1970-an. Dibarengi juga dengan diskusi bersama beberapa label lokal yang masih jalan sampai sekarang untuk berbagi pengalaman seputar kaset dan tentunya lelang kaset.

Untuk acara musik, tahun ini baru Kaset Kulcha yang mengkonfirmasi akan main. Untuk perilisan khusus, beberapa nama juga sudah masuk, namun belum dapat diumukan.

"Di Bali, kaset masih menjadi semacam hanyalah memori masa lampau dan kami ingin mengingatkan bahwa ada perayaan untuk memori-memori itu," ujar Indra Gunawan, penyelenggara Cassette Store Day 2016 Bali.



Related

Most Viewed

  1. Grass Rock, Steven Jam, SATCF Siap Ramaikan RadioShow di Kota Malang
  2. 24 Kota Merayakan Record Store Day 2017 di Indonesia
  3. Alvin Eka Putra: Bermusik dengan Sikap Mental Positif
  4. Kelompok Penerbang Roket dan Mooner Dijadwalkan Tampil di Australia
  5. Unit Post-Punk Pendatang Baru Ibu Kota, Pelteras, Rilis Dua Lagu dalam Format Kaset

Editor's Pick

Add a Comment