25 Peristiwa Penting Sepanjang September 2016

Musisi-musisi merilis album terbaru, dunia film bergairah, dan January Christy tutup usia

Oleh

September 2016 dipenuhi oleh berita dari para musisi dan band yang merilis album terbaru mereka. Mulai dari Afgan, The Rain, Gerald Situmorang, The Trees and the Wild, hingga Elephant Kind dengan album City J.

Selain para musisi yang bergembira dengan album terbaru mereka, dunia film juga tengah bergairah dengan beberapa kabar. Di antaranya adalah enam film Indonesia yang hadir di Busan International Film Festival 2016, film-film pendek Indonesia disambut hangat di Venice International Film Festival, dan yang paling fenomal adalah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 menjadi film Indonesia terlaris hingga saat ini menggeser posisi yang sebelumnya dipegang oleh Laskar Pelangi sejak 2008.

Berbagai kabar gembira tersebut juga berdampingan dengan berita duka yang hadir pada September 2016. Salah duanya adalah Fadhila Jayamahendra atau lebih akrab disapa Aca, vokalis dari band hardcore veteran Jakarta, Straight Answer, harus terbaring di rumah sakit karena mengalami pecah pembuluh darah serta penyanyi legendaris January Christy yang tutup usia karena penyakit paru-paru yang telah dideritanya sejak lama.

Berikut 25 Peristiwa Penting Sepanjang September 2016:

1) Afgan Resmi Meluncurkan Album Baru, ‘Sides’

Delapan tahun berkarier dalam industri musik tanah air, penyanyi pop Afgan telah resmi merilis album studio keempatnya. Kembali berada di bawah naungan Trinity Optima Production, album bertajuk Sides ini diluncurkan pada Rabu (30/8) lalu di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan. Afgan mengungkapkan album terbarunya ini merepresentasikan berbagai sisi yang ada di dalam dirinya. Ia turut menulis sepuluh lagu dalam album ini. Konsep album ini membagi daftar lagunya ke dalam dua bagian yang dilambangkan dengan sisi putih dan sisi hitam. Sisi putih didominasi oleh lagu berunsur pop, sedangkan sisi hitam diwarnai lagu dengan berbagai unsur, seperti R&B, soul, electronic, dan blues.

"Gue ngerasa ada banyak sisi dari diri gue yang sebelumnya belum pernah gue explore di album-album sebelumnya. Dua sisi berbeda ditonjolkan dalam album ini. Semuanya berawal dari judulnya, Sides, baru dikembangkan konsepnya jadi seperti ini," ungkap Afgan menjelaskan.

2) Deadsquad dan Seringai Tur Bareng Keliling Jawa

Unit death metal asal Jakarta, Deadsquad, dan grup rock oktan tinggi asal Jakarta, Seringai, menjalani tur konser bersama. Mulai 30 Agustus lalu hingga 16 September lalu, kedua band tersebut akan keliling jawa dalam tur konser bertajuk Hellnoise Tour 2016, dan mengunjungi Purbalingga, Purwokerto, Klaten, Karanganyar, Salatiga, dan Semarang. "Anak-anak excited banget karena turnya benar-benar tur. Setiap hari," kata Andyan. "Biasanya kami sering mainnya di weekend saja, ini weekdays juga. Dan kerennya penontonnya gokil walaupun weekdays. Entah mereka pada cabut sekolah atau cabut kerja," kata Andyan Gorust selaku drummer dari Deadsquad.

3) Efek Rumah Kaca Gelar Konser Dadakan di Jakarta

Setelah tampil dalam gelaran festival Soundrenaline 2016 di GWK, Bali, beberapa waktu lalu dengan formasi lengkap, termasuk vokalis sekaligus gitaris Cholil Mahmud, Efek Rumah Kaca menggelar konser tunggal dadakan di Gudang Sarinah Ekosistem, Jakarta pada Senin (5/9) malam. Bertajuk Tiba-Tiba Suddenly Konser, acara tersebut khusus diadakan karena pulangnya Cholil ke Indonesia dari domisilinya saat ini yaitu New York, AS. Dimas Ario selaku manajer Efek Rumah Kaca menjelaskan bahwa inisiatif digelarnya Tiba-Tiba Suddenly Konser berasal dari rururadio. Stasiun radio online yang berada di bawah ruangrupa tersebut baru saja menempati kantor baru di Gudang Sarinah Ekosistem yang memiliki area kosong untuk konser. Mereka pun langsung mengajak Efek Rumah Kaca untuk menggelar konser dengan formasi lengkap.

"Kenapa [konsernya] harus di hari Senin ini? Karena hari Selasa besok, pukul 06.00 pagi, Cholil harus kembali ke New York, kota yang akan menjadi tempat tinggalnya selama kurang lebih empat tahun ke depan. Jadi Tiba-tiba Suddenly Konser ini memang mau tidak mau harus terselenggara hari ini. Soalnya belum bisa dipastikan kapan Cholil akan kembali lagi ke Indonesia," ungkap Dimas.

4) Tokyolite Menggelar Tur Konser Keliling Jepang

Duo pop funk asal Bogor, Tokyolite, menggelar tur di Jepang dengan tajuk HighLite Tour Japan 2016 pada 14-28 September. Dalam rangkaian turnya di Jepang, Tokyolite menyinggahi lima kota di antaranya Osaka, Kyoto, Fukui, Suruga, dan Tokyo dengan jadwal konser sebanyak 10 kali. Keputusan Tokyolite untuk menjadikan Jepang sebagai destinasi tur berawal dari terpilihnya mereka sebagai perwakilan dari Asia Tenggara untuk tampil di Kansai Music Conference (KMC) 2016 yang diadakan di Osaka. "Kalau hanya tiga hari di sana kayaknya kurang seru, jadi kami berpikir bagaimana bisa lebih lama di sana. Akhirnya kami berinisiatif untuk membuat tur," ungkap gitaris sekaligus vokalis Stevan kepada Rolling Stone ketika ditemui di 365 Eco Bar.

5) Slank Tampill di GKJ untuk Pertama Kalinya

Berawal dari keinginan untuk mengembalikan kejayaan dan fungsi utama Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Ridho Hafiedz selaku gitaris Slank menggagas sebuah konser musik di gedung bersejarah tersebut yang diberi tajuk Liztomania. Konser yang akan digelar rutin setiap satu bulan sekali ini telah diadakan untuk pertama kalinya pada 18 lalu mendatang dengan Slank sebagai penampil utama.

Slank yang tampil di edisi perdana menyuguhkan hasil penggabungan antara musik dan puisi dengan tema "Not For Sale" dengan berkolaborasi dengan Tio Pakusadewo, Marsha Timothy, dan Nikita Mirzani.

7) Bassist Barasuara Merilis Album Solo, ‘Solitude’

Gerald Situmorang, gitaris akustik andal yang dalam dua tahun terakhir ini tengah sibuk bersama Barasuara, telah merilis album solo bertajuk Solitude. Dalam menyambut albumnya tersebut, Gerald juga telah melepas single perdananya dalam format video musik bertajuk "Old Stories". Diakui oleh Gerald, proyek solo ini terbentuk atas dasar ikatan emosional dirinya dengan rumah dari pemain drum Raisa dan Barasuara, Marco Steffiano. "Proyek musik ini tercetus ketika saya mengetahui jika saya akan kehilangan sebuah tempat yang begitu memiliki pengaruh besar untuk saya pribadi," kata Gerald seperti dikutip dari siaran pers.

8) Enam film Indonesia di Busan International Film Festival 2016

Wiji Thukul

Film tentang Wiji Thukul Istirahatlah Kata-Kata, film tentang ibu Jusuf Kalla Athirah, film era kolonial A Woman From Java, film laga terbaru Iko Uwais Headshot, film kerja sama Indonesia dan Timor Timur Memoria dan film pendek On the Origin of Fear menjadi wakil Indonesia di Busan International Film Festival 2016.

Keenam film tersebut akan diputar dalam tiga program berbeda. Istirahatlah Kata-Kata, Athirah, dan A Woman From Java tampil di program A Window On Asian Cinema, program untuk film-film yang dianggap bisa merepresentasikan Asia dari sutradara berbakatnya dengan gaya dan pandangan yang berbeda. Memoria dan On the Origin of Fear tampil di program Wide Angle, sebuah sesi yang didedikasikan untuk film-film pendek, animasi, dokumenter dan eksperimental terbaik. Sedangkan Headshot dipilih untuk program Midnight Passion, yang mempersembahkan film berbagai genre dan dari belahan dunia mana pun dengan garis besar hiburan.

9) ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1’ Menjadi Film Indonesia Terlaris Saat Ini

Vino G. Bastian sebagai Kasino, Tora Sudiro sebagai Indro dan Abimana Aryasatya sebagai Dono di film 'Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.'

Setelah mencetak beberapa rekor baru seperti raihan jumlah penonton terbanyak dalam sehari dan film Indonesia dengan pencapaian jumlah penonton tercepat, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 kembali menorehkan sejarah yakni sebagai film Indonesia terlaris saat ini. Hingga artikel ini turun, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 berhasil meraup 6.064.437 penonton.

10) Gerakan Penggalangan Dana untuk Vokalis Band Hardcore Straight Answer

Fadhila Jayamahendra atau lebih akrab disapa Aca, vokalis dari band hardcore veteran Jakarta, Straight Answer, harus terbaring di rumah sakit karena mengalami pecah pembuluh darah di kepala akibat hipertensi dan telah menjalani dua kali operasi di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan. Namun terhitung pada 16 September lalu, Aca dinyatakan telah siuman dan sudah bisa berkomunikasi. Beberapa acara penggalangan dana yang digelar di Indonesia dan berbagai negara telah dilakukan untuk membantu kelancaran proses penyembuhan Aca.

11) The Rain Merilis Album Terbaru Secara Independen

Grup pop asal Yogyakarta, The Rain, telah resmi meluncurkan album terbaru mereka yang diberi judul Jabat Erat. Album ini sekaligus menjadi penanda karya pertama mereka yang dirilis mandiri melalui label rekaman sendiri, Heavy Rain Records. Saat jumpa pers peluncuran album tersebut di Jakarta pada Rabu (14/9), The Rain menceritakan bahwa mereka sebenarnya tidak anti dengan label rekaman besar. Tetapi mereka mengaku bahwa ditolaknya lagu-lagu mereka oleh beberapa label menjadi pemicu untuk merilis karya-karya secara independen. Hasilnya dalam tiga tahun belakangan The Rain telah merilis trilogi single "Terlatih Patah Hati" (2013), "Gagal Bersembunyi" (2014), dan "Penawar Letih" (2015) yang diluncurkan setiap 18 November.

Album Jabat Erat dirilis melalui Heavy Rain Records bekerja sama dengan GP Records sebagai distributor. Sebanyak 1.000 album berformat cakram padat yang dijual dalam sesi pra-pesan diceritakan The Rain sudah laku terjual.

12) Film Pendek Indonesia Disambut Hangat di Venice International Film Festival

Film pendek Indonesia On the Origin of Fear mendapatkan sambutan hangat dari penonton Venice International Film Festival 2016. Film karya Bayu Prihantoro Filemon terpilih berkompetisi di seksi Orizzonti dan menjadi satu-satunya film Indonesia yang masuk dalam sesi kompetisi. Bertempat di Sala Giardino, Lido, Venice, film tersebut diputar perdana pada 9 September lalu.

13) 'Athirah,' Film Terbaru Riri Riza Akan Tayang di Tiga Festival Film Internasional

Athirah

Film terbaru Riri Riza Athirah akan tampil di tiga festival film internasional berturut-turut. Festival tersebut adalah Vancouver International Film Festival, Busan International Film Festival dan Tokyo International Film Festival.

Penayangan perdana secara internasional akan berlangsung di Vancouver International Film Festival pada 29 September – 14 Oktober 2016. Athirah dijadwalkan ditayangkan pada 2 dan 3 Oktober 2016. Setelahnya perjalanan berlanjut ke Busan International Film Festival yang akan berlangsung pada 6 – 15 Oktober 2016. Terakhir, Tokyo International Film Festival yang akan berlangsung pada 25 Oktober – 3 November 2016.

14) ‘Ada Apa dengan Cinta 2’ Menjadi Film Pembuka Festival Film Internasional di Jepang

Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra di 'Ada Apa Dengan Cinta 2'

Salah satu film tersukses di Indonesia tahun ini, Ada Apa dengan Cinta 2, terus melebarkan kiprahnya meski sudah tidak tayang di tanah air. Film besutan Riri Riza bersama rumah produksi Miles tersebut menjadi film pembuka Fukuoka International Film Festival 2016, pada Kamis (15/9) silam.

15) January Christy Tutup Usia

January Christy.

Penyanyi legendaris January Christy telah wafat pada Jumat (16/9) malam lalu, sekitar pukul 00.45 WIB di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Ia dikabarkan terkena penyakit paru-paru yang mengganggu pernafasannya. Penyanyi berumur 58 tahun ini akhirnya berpulang setelah berbulan-bulan berjuang melawan penyakit yang dideritanya. January Christy atau yang memiliki nama asli Krestini Anggraini dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Blok AA I Balad 17 nomor 0263.

16) Setelah Tujuh Tahun, The Trees & The Wild Merilis Album Terbaru

The Trees and The Wild.

Grup indie rock asal Bekasi, The Tress & The Wild, kembali merilis album setelah tujuh tahun absen. Album kedua berjudul Zaman, Zaman diluncurkan pada 16 September lalu oleh Blank Orb Recordings. Setelah terakhir kali merilis Rasuk yang banyak dipuji, mereka menjanjikan pendekatan baru yang lebih inovatif kali ini. Zaman, Zaman adalah sebuah karya di mana mereka mengerjakan semua produksinya sendiri. Tetap setia pada akar independennya, Remedy Waloni melaporkan dalam rilis pers bahwa setiap lagu diberikan beberapa pengembangan bertahun-tahun sebelum akhirnya menjadi sebuah kesatuan di rilisan final. Hasilnya adalah sebuah karya yang tidak biasa.

17) Elephant Kind Merilis Album Debut, 'City J'

Elephant Kind.

Trio alternatif pop asal Jakarta, Elephant Kind, pada Rabu (21/9) silam telah resmi merilis album penuh City J. Ini merupakan album penuh pertama mereka setelah sukses merilis dua album pendek sebelumnya yang berjudul Scenarios: A Short Film by Elephant Kind (2014) dan Promenades: A Short Film by Elephant Kind (2015). Format Cakram padat City J sudah dapat dibeli lewat www.elephantkind.com dan dapat didengar lewat beberapa layanan streaming musik seperti Apple Music, Spotify, Deezer, JOOX, dan Yonder Music. Menurut sang vokalis/gitaris, Bam Mastro, City J memuat dua belas lagu Elephant Kind yang lebih matang dari materi-materi sebelumnya.

18) Biopik 'Chrisye' Bakal Diperankan oleh Vino G. Bastian

Vino G. Bastian

Aktor Vino G. Bastian didaulat memerankan penyanyi legendaris, Chrisye. Ia akan bermain di biopik tentang Chrisye yang akan mulai dikerjakan pada awal 2017. Pengumuman disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di The Hook, Senopati pada Rabu (21/9) silam. Vino dipilih langsung oleh Damayanti Noor, istri Chrisye. "Pas nonton film Indonesia, saya melihat trailer Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1, disitu ada Vino, hati saya langsung bilang, ini dia orangnya yang cocok," cerita wanita yang menjadi pendamping hidup Chrisye sejak 1982 tersebut.

19) Film ‘Headshot’ Dipastikan Akan Tayang di Berbagai Negara Eropa

Setelah tayang perdana di Toronto International Film Festival (TIFF) 2016 beberapa waktu lalu dan menuai banyak pujian, Headshot direncanakan akan tayang dan beredar di berbagai benua. Wilayah Eropa dipastikan akan menyusul Amerika Utara dan Asia sebagai daerah peredaran film terbaru garapan The Mo Brothers tersebut.

20) Joey Alexander Merilis Album Keduanya, 'Countdown'

Joey Alexander.

Pianis muda berbakat Joex Alexander merilis album keduanya, Countdown, dalam bentuk digital. Album yang judulnya diambil dari lagu John Coltrane ini sudah tersedia di iTunes dan Amazon Music untuk area Amerika Utara. Album ini dirilis pada 20 September dan menyusul di Indonesia pada 28 Oktober. Album Countdown berisikan sepuluh lagu, tujuh lagu merupakan cover dan tiga lagu adalah komposisi orisinal. Lagu-lagu yang dibawakannya ulang adalah lagu "Countdown" dari John Coltrane, "Criss Cross" dari Thelonious Monk, "For Wee Folks" dari Wynton Marsalis, "Chelsea Bridge" dari Billy Strahorn, "Freedom Jazz Dance" dari Eddie Harris, "Smile" dari Charlie Chaplin, dan "Maiden Voyage" dari Herbie Hancock. Tiga lagu orisinal adalah "City Lights" (sempat dibawakan singkat di Grammy), "Sunday Waltz", dan "Soul Dreamer".

21) Kotak dan Anggun Berkolaborasi dalam Single Terbaru, "Teka Teki"

Salah satu grup pop rock ternama saat ini, Kotak, telah merilis single terbaru hasil berkolaborasi dengan penyanyi Indonesia yang saat ini menetap di Prancis, Anggun C. Sasmi. Keduanya berkolaborasi merilis "Teka Teki" pada Senin (26/9) kemarin dan bisa didengarkan di berbagai layanan musik streaming. Melalui jumpa pers yang diadakan di kantor label rekaman Warner Music Indonesia, Jakarta, Kotak mengungkapkan bahwa proses rekaman lagu "Teka Teki" dilakukan selama lebih kurang dua bulan dan tahap merekam vokal dijalani di dua negara, Indonesia dan Prancis. "Proses awal penggarapan lagu ini dimulai sejak saya hamil sampai akhirnya saat take vokal dilakukan setelah melahirkan. Saya sangat excited dengan lagu ini karena bisa berkolaborasi dengan idola," ungkap vokalis Kotak, Tantri.



Related

Most Viewed

  1. Dialog Santai Komunisme dalam Peluncuran Album Debut Jason Ranti
  2. 8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan
  3. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017
  4. Kronologi Detik-detik Tewasnya Chris Cornell Versi Kepolisian
  5. Ini Pernyataan Istri Chris Cornell atas Tewasnya Sang Suami

Editor's Pick

Add a Comment