15 Keseruan Popcon Asia 2016

Dari peluncuran komik Koil sampai stan dengan tema unik

Oleh
Suasana Popcon Asia 2016 di Jakarta Convention Center. (Ivan Makhsara)

Konvensi budaya pop terbesar di Asia, Popcon Asia 2016 baru saja selesai digelar. Selama tiga hari penggemar budaya pop diajak untuk merayakan komik, game, mainan, film, animasi. Acara tahunan yang sudah mencapai penyelenggaraan kelima ini sanggup menyedot ribuan massa dari berbagai usia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengumuman film, launching komik maupun kegiatan seru dari kreator mewarnai acara yang berlangsung selama 12, 13, 14 Agustus tersebut. Tahun ini film Algojo: Perang Santet, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1, dan Firegate mengadakan talkshow dan memutar trailer khusus. Kejutan datang dari komik Si Juki yang juga mengumumkan pembuatan filmnya, rencananya film adaptasi akan diluncurkan pada tahun 2017.

Dari dunia komik, nama berpengaruh di dunia komik seperti Beng Rahadian mengeluarkan komik terbaru Mencari Kopi Aceh, sedangkan Dinas Kebudayaan Jogja merilis komik di bawah nama Serikat Dagang Komik. Bukan cuma komikus, politikus pun tak mau kalah, Budiman Sudjatmiko mempromosikan komik yang diangkat dari buku karangannya Anak-Anak Revolusi.

Kegiatan di atas hanya segelintir dari keseruan Popcon Asia 2016, berikut pandangan mata dari Rolling Stone Indonesia selama tiga hari:

15) Pengunjung dari Berbagai Generasi

Crowd Popcon Asia 2016

Beragam usia, gaya pakaian, preferensi sampai generasi mewarnai Popcon Asia 2016. Berbeda dengan acara hiburan lain yang lebih spesifik, Popcon Asia 2016 dikunjungi oleh berbagai kalangan, siapapun bisa hadir dengan syarat penggila budaya pop atau minimal tertarik mencari tahu. Penggemar komik, game, mainan, film, ilustrasi sampai board game bersatu selama tiga hari penyelenggaraan.

14) Animamix Biennale

Animamix Biennale

Eksibisi seni kontemporer juga mendapat tempat di Popcon Asia 2016, dengan berbagai genre dan alam seni, terutama Pop Art ditampilkan selama tiga hari. Perpaduan animasi dan komik ke dalam bentuk seni yang dikerjakan oleh seniman dari bermacam negara menjadikan eksibisi ini salah satu perhatian yang sayang dilewatkan.

13) Tabletopia

Board gamer

Di Lower Lobby tersedia satu area khusus bagi pecinta board game, tempat bernama Tabletopia ini membebaskan pengunjungnya untuk menjajal board game asli buatan lokal. Bukan hanya mencoba, tapi juga bisa berkenalan dengan pemain board game lainnya. Permainan yang belum banyak dieksplorasi orang Indonesia ini bukan hanya nikmat ditonton, tapi juga dimainkan.

12) Maid Cafe

Miracle Kiseki Maid Cafe

Miracle Kiseki Maid Cafe, kafe dengan konsep yang diadopsi dari kafe-kafe di Jepang ini menampilkan pelayan dengan postur dan gestur imut. Di dalamnya pengunjung bisa membeli makanan dan minuman sambil bercengkrama dengan pelayan berkostum yang meluangkan waktu khusus untuk pengunjung. Meski bukan sesuatu yang baru di Indonesia, tapi tetap saja mengundang rasa penasaran karena hanya orang yang membeli yang bisa masuk ke dalam.

11) Booth Dengan Konsep Unik

Kedubes Bekasi

Tidak harus mahal, stan terbaik di Popcon justru yang datang dengan konsep unik dan menarik perhatian. Kedubes Bekasi adalah salah satu yang memanfaatkan keterbatasan dengan baik. Konsep komunitas kreatif yang berdasar dari candaan betapa jauhnya Bekasi ditunjukkan melalui jarum jam yang digambar di atas kardus. Cukup sekilas langsung jatuh cinta pada stan-nya.

10) Cosplayer dengan Berbagai Gaya

Cosplayers

Tak lengkap rasanya membuat sebuah acara budaya pop tanpa kehadiran cosplayer. Kumpulan orang yang memakai kostum karakter fiksi kesukaan, terutama dari Jepang masih menarik minat penonton. Uniknya tahun ini, karakter buatan Amerika Serikat seperti Ghostbusters, Joker sampai Jon Snow turut meramaikan.

9) Peluncuran Film "Firegate"

Firegate

Reza Rahadian kembali membintangi film lain tahun ini, Firegate yang disutradarai oleh Rizal Mantovani akan rilis akhir tahun ini. Diangkat dari mitos Gunung Padang yang misterius, Reza akan bersanding dengan Julie Estelle dan Dwi Sasono. Di Popcon Asia 2016 ditayangkan juga trailer dengan footage yang tidak banyak beredar sebelumnya.

8) Pengumuman "Si Juki The Movie"

Si Juki The Movie

Salah satu kejutan Popcon adalah pengumuman akan difilmkannya karakter komik terkenal Si Juki. Komik yang dibuat oleh Faza Meonk ini akan diproduksi oleh Falcon Pictures. Filmnya dijadwalkan tayang pada 2017. Aktor-aktor ternama dikabarkan akan mengisi suara untuk film animasi ini.

7) Vidi Aldiano Meluncurkan Visual Book

Booth Persona milik Vidi Aldiano

Bintang pop Vidi Aldiano turut hadir dalam rangka peluncuran visual book dirinya berjudul Persona. Kolaborasi kreatif bersama 31 illustrator ini dibukukan dan menjadi bagian dari promo album terbaru Vidi Aldiano berjudul sama.

6) Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!

Warkop DKI Reborn

Film terbaru Falcon Pictures Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! yang baru akan dirilis serentak pada 8 September dikenalkan ke khalayak Popcon. Di acara ini mereka juga merilis novel grafis sekaligus meet and greet bersama para pemeran seperti Tora Sudiro, Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian dan Hannah Al Rashid.

5) Komik Anak-Anak Revolusi

Anak-Anak Revolusi

Salah satu stan yang menarik perhatian datang dari komik serial Anak-Anak Revolusi. Komik bikinan Yoga Adhitrisna dan Hari Prast tersebut mengangkat kisah hidup Budiman Sudjatmiko. Rencananya, tokoh-tokoh Indonesia lain juga akan dikisahkan dalam bentuk komik. Di stan yang berkonsep warung, tampak ilustrasi dari Bung Karno, Chairil Anwar sampai Iwan Fals.

4) Peluncurkan Komik Koil

KOIL dan Killer Komik

Komik Dragonian Warrior yang dibuat terinspirasi dari personil Koil menjadi highlight dari hari pertama. Komik buatan penerbit Killer Komik ini bertemakan fantasi dan habis dalam tiga hari penjualan. Di hari kedua, KOIL memberikan tanda tangan khusus bagi para pembeli.

3) Kosasih Award 2016

Komik Terbaik: HAMA

Ajang penghargaan tertinggi untuk komik Indonesia Kosasih Award kembali digelar. Tahun ini komik Hama oleh Potonv diberikan anugerah komik terbaik. Dari ratusan karya yang terbit sejak April 2015 hingga Maret 2016 dipilihlah 8 pemenang untuk 8 kategori. Selain Hama, daftar pemenang adalah sebagai berikut:

Karakter Komik Terbaik : Timun (Alex Irzaqi)
Sampul Komik Terbaik : Hama (Potonv)
Gambar Komik Terbaik : Ksatria Topeng Emas (Toto Winarno)
Komik Pendek Terbaik : Harimau dari Medan ( Aji Prasetyo)
Cerita Komik Terbaik : Phagia (Alzein P Merdeka)
Komik Kampus Terbaik : Oppa!! (Cantika)
Komik Strip Terbaik : Digidoy (M Arief S, Fajar M, Vera R, Dodi P, Yasir H, Wira)

PIAGAM:

Penghargaan Khusus : Sepotong Kisah Sepenggal Kepala (Abdoel Semute)
Apresiasi Khusus : 9 Kisah Dakwah Wali Songo (Gerdi W K)

2) Pembukaan oleh Ketua Bada Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf

Triawan Munaf

Triawan Munaf, ketua BEKRAF memberikan sambutan yang menyemangati para pegiat lokal. "Korea Selatan bisa maju dan sukes di luar negeri karena telah menjadi yang terdepan di negara sendiri, kita punya ratusan juta pasar potensial dan harusnya bisa memanfaatkannya." Dia juga menekankan pentingnya act local, global later untuk mendorong industri kreatif dalam negeri.

1) Pembukaan dari Karakter Komik Indonesia

Karakter Komik Indonesia

Karakter komik asli Indonesia seperti Bima Satria Garuda, Volt, Wiro Sableng, Si Buta Dari Gua Hantu sampai Reon dan Pavliyuchenko mengadakan pementasan kecil bertajuk Insanirium. Dilakukan pada preview night di hari Kamis (11/8), penonton dibawa mengenal komik-komik Indonesia yang tak kalah keren dari luar negeri.



Related

Most Viewed

  1. 10 Film Indonesia Terbaik 2016
  2. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  3. Hammersonic Festival 2017
  4. Endank Soekamti Rekaman Album Kedelapan di Atas Perairan Papua Barat
  5. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017

Editor's Pick

Add a Comment