Opini Jujur Endank Soekamti tentang Rocket Rockers, Superman is Dead, Pee Wee Gaskins

Juga Rosemary, Superglad, dan NTRL

Oleh

2016 dapat dikatakan menjadi salah satu tahun teraktif dari trio pop punk veteran asal Yogyakarta, Endank Soekamti. Tak hanya menjalani kegiatan dunia musik seperti manggung, rekaman, rilis album, hingga promo album, Endank Soekamti juga merambat serius ke ranah video dan film hingga pendidikan.

Endank Soekamti resmi merilis album penuh ketujuh mereka dalam format box set berjudul Soekamti Day pada Februari lalu. Dalam proses penggarapannya mereka bermukim selama tiga puluh hari di sebuah pulau kecil bernama Gili Sudak, Lombok; pemain bas Erix bahkan sempat melakukan proses rekaman di atas kapal laut.

Belakangan ini Endank Soekamti juga baru saja merilis sebuah film panjang berformat 360 derajat yang diklaim sebagai pertama di dunia berjudul Vlog Fest. Rencananya penghasilan dari film ini akan didedikasikan untuk sekolah animasi gratis yang dibangung oleh Erix bernama Does University.

Endank Soekamti juga mendirikan beberapa unit usaha yang dapat dikatakan masih jarang dilakukan oleh band-band di Indonesia lainnya. Beberapa unit bisnis tersebut adalah label rekaman Euforia Records, rumah produksi Euforia Audio Visual, distributor kontel digital Euforia Digital, publikasi percetakan Euforia Aksara, dan yang paling terbaru adalah ekosistem musik musik bernama Euforia ID.

Namun ditengah kesibukan mereka dalam membangun istana kreatif ini, penggebuk drum Endank Soekamti yaitu Ari Soekamti secara mengejutkan malah memilih mengundurkan diri dari band. Meski tak begitu jelas apa permasalahan dan alasan dibalik mundurnya Ari, namun Endank Soekamti dan tim masih berharap Ari untuk bisa bergabung kembali.

Beberapa bulan lalu ketika Endank Soekamti tengah menjalani tur promo album Soekamti Day, tim Rolling Stone Indonesia berkesempatan melakukan wawancara video Opini Jujur bersama Endank Soekamti. Bersama Erik Soekamti (bass), Dory Soekamti (gitar), dan masih diperkuat oleh Ari Soekamti (drum), berikut adalah opini jujur Endank Soekamti tentang band-band punk rock/pop punk di Indonesia. Selamat menyaksikan.

Editor's Pick

Related

Most Viewed

  1. SORE Merekam Ulang Lagu Grup Fariz RM dan Erwin Gutawa
  2. Superman is Dead Tolak Permintaan Presiden Jokowi untuk Memakai Lagu Mereka
  3. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  4. Perpaduan Gairah Musik dan Skateboard di Volcom: Road to Cakrawala
  5. Yatra, Sebuah Perjalanan ke Nepal Sebelum Bencana

Add a Comment