Rio Haryanto Resmi Tidak Lagi Menjadi Pembalap Formula 1

Setelah diputus kontraknya oleh tim Manor Racing

Oleh
Rio Haryanto. F1 fans

Pembalap Indonesia pertama di ajang Formula 1, Rio Haryanto, resmi tidak lagi berlaga di lomba balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut. Rio tak dapat lagi melaju sebab kontraknya telah diputus oleh pihak tim Manor Racing. Posisi Rio akan digantikan oleh pembalap muda berusia 19 tahun asal Perancis bernama Esteban Ocon.

Seperti dikutip dari situs resmi Formula 1, Dave Ryan selaku direktur dari Manor Racing mengungkapkan, "Rio telah menjadi anggota penting kami sejak Januari, ketika kami menandatangani kontrak dengannya untuk musim ini," katanya. "Beberapa waktu lalu, manajemen Rio menunjukan bahwa mereka mengalami kesulitan menghormati kewajiban-kewajiban dari kontrak setelah Grand Prix Hungaria," tambah Ryan.

"Tim Rio telah bekerja tanpa menyerah untuk mencoba menyelesaikan situasi ini dengan para bantuan dari Indonesia dan kami telah mendukung usaha-usaha tersebut sebisa mungkin, termasuk memperbolehkan Rio membalap di Jerman. Sayangnya kami mencapai titik di mana, kepentingan terbaik untuk tim, kami terpaksa harus memilih opsi lain untuk jalannya musim yang tersisa.

"Kami dengan senang hati terus mendukung ambisi Rio di Formula 1, dengan menawarkan dia jabatan pembalap pengganti untuk sisa laga dari musim ini. Kami sangat berharap bahwa dia akan menerima tawaran ini," jelas pernyataan tersebut. Untuk melihat pernyataan lebih lengkap, dapat mengunjungi situs resmi Formula 1 atau laman Twitter Manor Racing.

Rio pertama kali berlaga pada pertengahan Maret 2016 lalu di Melbourne Grand Prix Circuit, Melbourne, Australian Grand Prix. Prestasi tertinggi Rio di Formula 1 musim 2016 tercapai saat ia melaju di Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monaco Grand Prix, dengan melewati garis finish di posisi lima belas.

Editor's Pick

Add a Comment