Gentle Bones

Sedikit berbincang mengenai kiprah salah satu penyanyi paling sukses di Singapura

Oleh
Gentle Bones. Universal Music Singapura

Pada 2013 lalu seorang pemuda asli Singapura bernama Joel Tan merilis album pendek debutnya yang memiliki judul Gentle Bones; nama yang juga Tan gunakan ketika dirinya tampil sebagai musisi solo. Lewat abum pendek tersebut, beberapa single-nya seperti "Until We Die", "Save Me" dan "Elusive" berhasil memuncaki tangga lagu di iTunes.

Jauh sebelum memilih berkarier solo dan menggunakan nama panggung Gentle Bones, Tan adalah seorang personel dalam satu band bernama Andrew Saint yang kini berubah namanya menjadi Heir of Sound. Namun pada 2010 ketika dirinya masih berusia 16 tahun, Tan mulai dikenal oleh publik Singapura berkat video-video covers yang ia unggah ke kanal YouTube-nya.

Kini setelah setengah dekade berlalu, Tan berhasil membawa nama dan musik Gentle Bones ke tahap yang lebih tinggi lagi. Ia sempat tampil di beberapa negara Asia lainnya termasuk Indonesia. Pada Juni lalu Gentle Bones resmi merilis album pendek kedua yang berjudul Geniuses & Thieves di mana kali ini memiliki unsur R&B yang sangat kental. Di bulan yang sama Gentle Bones pun menggelar dua konser tunggal berstatus sold out di Singapura.

Dengan pencapaian-pencapaian menakjubkan tersebut, Gentle Bones atau Tan yang kini genap berusia 22 tahun menjadi salah satu penyanyi paling berhasil di kancah musik Singapura. Dan berikut adalah hasil wawancara via surel Rolling Stone Indonesia bersama dirinya.

Ketika Anda berusia 16 tahun, Anda tergabung di band bersama teman sekolah membawakan lagu All Time Low. Anda pernah mengatakan bahwa penampilan itu membuat Anda menjadi musisi seperti sekarang ini. Lalu mengapa Anda keluar dari band (Andrew Saint/Heir of Sound) dan memilih untuk berkonsentrasi di solo karier?

Saya merasa bahwa saya harus keluar untuk bisa mengekspresikan diri saya sebenarnya dan menulis banyak lagu dengan identitas saya pribadi. Gentles Bones selalu menjadi proyek sampingan.

Musik apa yang Anda dengarkan selain pop dan R&B?

Saya mendengarkan banyak musik dari idola saya seperti Yuna sampai Metallica.

Tahun lalu Anda terjebak di Jakarta selama 100 hari. Apakah itu memengaruhi musik Anda di album pendek Geniuses & Thieves?

Semua berjalan baik-baik saja!

Bisa Anda jelaskan perbedaan antara album pendek pertama dengan album pendek kedua Anda?

Saya hanya ingin membuat musik yang saya nikmati, tapi dengan cara saya. Saya membuatnya dengan cara bagaimana saya menyerapnya dan saya mendengarkan banyak sekali jenis musik. Album pendek ini lebih banyak terpengaruh dengan musik R&B.

Anda menggelar dan tampil di konser yang sold out pada bulan lalu. Bagaimana konser itu berjalan?

Konser itu sangat luar biasa, lebih dari seperti hanya mimpi yang menjadi kenyataan. Itu benar-benar sangat menyentuh melihat banyak orang yang rela untuk mendukung musik saya.

Anda juga sempat tampil di YouTube Fanfest tahun lalu. Seberapa penting YouTube dalam karier bermusik Anda?

YouTube benar-benar penting karena itu membuat saya dikenal banyak orang juga menjadi jembatan untuk saya bisa benar-benar merilis musik yang orisinal.

Menurut Anda cara apa yang paling ideal dalam menjual musik di era digital seperti sekarang?

Orang-orang harus mendukung musisi favorit mereka dan membeli musik yang benar-benar mereka rasakan. Itu membuat kami para musisi dapat terus melakukan apa yang kami lakukan!

Apa rasanya menjadi salah satu penyanyi tersukses di Singapura dalam usia Anda sekarang ini?

Saya benar-benar merasa diberkati dan merasa beruntung sejauh ini. Saya akan bekerja semaksimal yang saya bisa untuk membawa karier ini sejauh mungkin. Kami memiliki ragam musik yang sangat luas dan para musisi-musisi yang memiliki hasrat bermusik yang tinggi.

Anda memenangkan penghargaan Supernova Hong Kong Asia-Pop Music Festival 2016. Seberapa penting penghargaan itu dalam karier Anda?

Itu adalah pengalaman yang sangat indah untuk tampil bersama banyak para musisi dari banyak negara seperti Korea Selatan, Cina, dan Malaysia. Dan bisa memenangkan penghargaan tersebut membuat saya sangat terkejut sekaligus merasa terhormat. Saya sudah tidak sabar untuk kembali ke Hong Kong untuk tampil lagi di sana.

Apa proyek Anda selanjutnya? Bisakah kami mengharapkan Gentle Bones bakal merilis album penuh?

Saya sedang mengerjakannya sekarang! Saya baru saja mengeluarkan album pendek Geniuses & Thieves dua bulan lalu jadi semoga orang-orang menyukainya.

Editor's Pick

Most Viewed

  1. 6 Musisi Yang Juga Ilustrator
  2. Mundur dari Payung Teduh, Is: “Saya Enggak Egois”
  3. 10 Destinasi Wisata Musik Legendaris di Inggris
  4. Kelompok Penerbang Roket Gelar Konser Istimewa di Gedung Kesenian Jakarta
  5. Frau Siap Meluncurkan Album Mini Terbaru

Add a Comment