‘The Amazing Race Asia’ Musim Kelima Siap Ditayangkan

Mulai Oktober mendatang akan berkunjung kelima kota di Indonesia

Oleh
Jumpa pers dihadiri pula oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya (tengah). Adam Bagaskara

Stasiun televisi satelit milik Sony Pictures Television, AXN, telah mengumumkan secara resmi bahwa musim kelima dari acara The Amazing Race Asia (TARA) akan mulai tayang pada Oktober mendatang. Pengumuman resmi tersebut disampaikan oleh pihak AXN melalui sebuah jumpa pers yang diadakan pada Kamis (28/7) siang di Fairmont Hotel, Jakarta.

Musim kelima TARA Asia akan diikuti oleh 11 tim—masing-masing terdiri dari dua anggota—yang berasal dari negara-negara di Asia, termasuk di antaranya adalah dua tim dari Indonesia. Kesebelas tim akan bersaing untuk memperebutkan hadiah sebesar 100 ribu dollar AS (sekitar Rp 1,3 miliar).

Jumpa pers turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, selaku sponsor dari musim kelima TARA. Dalam sambutannya, Yahya menyampaikan bahwa keterlibatan Kementerian Pariwisata sebagai sponsor acara tersebut memberikan Indonesia media value yang ia perkirakan secara kotor mencapai 25 juta dollar AS (sekitar 327 miliar rupiah). Hal tersebut turut disebabkan oleh dijadikannya lima kota di Indonesia sebagai destinasi di dalam kompetisi. Namun, kelima kota tersebut masih dirahasiakan.

Yahya juga menyampaikan bahwa ia akan memastikan musim kelima TARA tidak hanya akan tayang pada saluran televisi berlangganan—yang menurutnya hanya diakses oleh lima juta penduduk Indonesia—sehingga dapat disaksikan masyarakat luas. "Kita doakan agar kontestan asing tidak menang," gurau Menteri Pariwisata menutup sambutannya.

Berbeda dengan empat musim sebelumnya, musim kelima TARA tidak hanya dipandu oleh host Allan Wu, melainkan juga akan menghadirkan co-host yang merupakan aktris asal Indonesia, Tara Basro. "Senang sekali tentunya, karena selama ini saya hanya dapat menonton [TARA] di TV, dengar-dengar banyak soal programnya, how awesome it is, kemudian berkesempatan untuk bekerja sama dengan host [Allan Wu] yang hebat ini. Jadi ini adalah sebuah kesempatan yang sangat hebat," jelas Basro mengenai keterlibatannya dalam musim kelima TARA.

"Yang paling penting, persiapkanlah fisik Anda. Pergilah jalan atau jogging menggunakan tas yang terisi penuh dengan buku. Dan jika Anda bisa, tidurlah selama satu minggu penuh tanpa perlu terbangun karena Anda akan kurang beristirahat ketika kompetisi berlangsung," ungkap Wu memberikan saran kepada para peserta yang akan berkompetisi pada musim kelima TARA.

Dari segi peraturan, AXN juga melakukan beberapa perubahan. Senior Vice President dan General Manager Sony Pictures Television Networks, Ang Hui Keng, menyatakan dalam pidatonya bahwa, "para penonton kini dapat menjadi bagian dari kompetisi, berinteraksi bersama kontestan pada media sosial dan terlibat dalam kompetisi melalui cara yang tidak diperbolehkan sebelumnya."

Musim pertama TARA tayang perdana pada akhir 2006, acara tersebut kembali dilanjutkan setelah musim keempatnya berakhir pada 2010.

Editor's Pick

Add a Comment