Biopik Kartini Terbaru Akan Dirilis April 2017

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo

Oleh
Para pendukung film 'Kartini' saat jumpa pers di Jakarta. Decky Arrizal

Membutuhkan persiapan dan riset yang lebih mendalam, akhirnya perilisan biopik terbaru tentang Raden Adjeng Kartini garapan sutradara Hanung Bramantyo dipastikan diundur. Direncanakan diluncurkan pada April 2016 kemudian sempat diniatkan dirilis pada akhir tahun, film tokoh perempuan kesetaraan gender legendaris Indonesia tersebut dipastikan akan tayang pada April 2017.

Melalui jumpa pers film bertajuk Kartini tersebut pada Kamis (14/7) di Jakarta, Hanung menjelaskan bahwa seiring berjalannya waktu produksi, ia dan timnya mendapatkan informasi dan fakta terbaru tentang Kartini. Hal tersebut mengakibatkan mundurnya jadwal perilisan.

"Meriset satu buku saja sudah kompleks, di sini kami memakai beberapa buku. Jadi di sini subjektivitas akan berperan. Subjektivitas saya ini semoga bisa menjadi dialog dan muncul film-film tentang Kartini lainnya," ungkap Hanung yang juga melakukan riset melalui wawancara dan kunjungan ke berbagai daerah.

Selain mengungkapkan kisah tentang Kartini, dalam film yang diproduseri Robert Ronny ini Hanung juga ingin menyuarakan perempuan-perempuan Indonesia yang terpinggirkan dan kerap menerima kekerasan.

Ia kemudian menjelaskan, "Saya melihat di Indonesia itu perempuan dengan tubuhnya selalu dipisahkan. Perempuan Indonesia selalu melihat tubuhnya milik orang lain, milik sebuah culture. Tapi saya [contohnya], Hanung Bramantyo, bisa melenggang ke manapun karena saya laki-laki. Saya bisa pulang pukul 02.00. Karena saya terlepas dari judgment. Itu tidak adil."

Sementara itu Dian Sastrowardoyo yang dalam film ini akan memerankan Kartini mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa terlibat dalam film Kartini. Ia mengatakan akan mempersiapkan dengan semaksimal mungkin untuk memerankan tokoh tersebut.

"Saya akan memerankan Kartini yang merupakan sosok high profile dalam dunia perempuan, akan sangat memalukan jika saya tidak mempersiapkan dengan baik.

Selain Dian Sastrowardoyo, Kartini juga akan dibintangi oleh aktor dan aktris ternama lainnya seperti Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita Nugroho, Djenar Maesa Ayu, Dwi Sasono, Nova Eliza, dan Denny Sumargo.

Editor's Pick

Add a Comment