Inilah Perosotan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia

Dua karya seni dipadukan dalam pembuatannya

Oleh
Perosotan yang menjulang di Menara Arcelormittal Orbit di Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris.

Sebuah perosotan tertinggi dan terpanjang di dunia secara resmi telah dibuka untuk umum di Queen Elizabeth Olympic Park, Stratford, London, Inggris. Perosotan dengan panjang mencapai 178 meter ini akan memberikan sensasi meluncur selama 40 detik.

Menara Arcelormittal Orbit menjadi bangunan tempat perosotan ini dibuat. Menara setinggi 114 meter  ini merupakan hasil rancangan Anish Kapoor dan Cecil Balmond pada sesi Olimpiade Musim Panas London 2012. Seniman Belgia, Carsten Höller  kemudian mendesain menara ini menjadi sebuah arena perosotan yang dapat memacu adrenalin.

Höller mengungkapkan bahwa dirinya telah membuat sejumlah perosotan sejak 1999, baik yang berdiri bebas maupun yang menempel pada bangunan. Akan tetapi ia mengaku, membangun sebuah perosotan pada karya seni orang lain adalah pengalaman baru baginya.

Rasakan sensasi meluncur dari ketinggian 178 meter selama 40 detik di perosotan ini. (arcellormittalorbit.com)

 

“Sekarang kedua karya seni ini akan saling terkait satu sama lain, saya melihatnya sebagai sesuatu yang menarik,” ungkap Höller, demikian dikutip dari CNN.

The Slide didesain layaknya tabung perosotan berdiameter 800 mm yang berbahan tranparan di bagian atasnya. Dengan ini, para peseluncur dapat melihat pemandangan sekeliling Queen Elizabeth Olympic Park. Tak sampai di situ, peseluncur kemudian akan dibawa melewati 12 tikungan yang mengelilingi Arcelormittal Orbit dengan kecepatan mencapai 24 km per jam. Barulah setelah itu, perosotan ini akan diakhiri dengan luncuran lurus menegangkan yang disebut bettfeder sepanjang 50 meter.

Untuk dapat menikmati sensasi meluncur di perosotan tertinggi dan terpanjang di dunia ini, tiket dibandrol seharga 15 pound (Rp 270 ribu) untuk dewasa dan 10 pound (Rp 180 ribu) untuk anak-anak. Lebih lanjut, harga tiket secara rinci dapat dilihat di situs resmi Arcelormittal Orbit.

Editor's Pick

Add a Comment