25 Peristiwa Penting Sepanjang Juni 2016

Keluarnya beberapa personil band menjadi berita utama di bulan penuh berkah

Oleh

Memasuki pertengahan tahun 2016, dunia musik maupun budaya pop Indonesia mengalami berbagai kejutan. Setelah di akhir bulan sebelumnya, drummer Burgerkill mengumumkan pengunduran dirinya. Di bulan berkah kali ini giliran drummer Endank Soekamti memberikan pengumuman mendadak perihal keluarnya ia dari grup yang membesarkannya. Di saat bersamaan drummer Killing Me Inside dan beberapa personil Captain Jack juga memutuskan meninggalkan bandnya.

Terlepas dari berita duka yang menyelimuti beberapa band, dunia musik tetap punya kabar gembira. Band hardcore lawas Stepforward reuni setelah beberapa tahun tidak manggung dan memproduksi karya. Dari luar negeri, Led Zeppelin memenangkan gugatan atas tuduhan penjiplakan karya. Efek Rumah Kaca merilis lagu terbaru dengan Adrian sebagai vokalis utama.

Kabar dari Music Biz juga menarik untuk dicermati. Kerja sama aktivis musik Irama Nusantara dengan Badan Ekonomi Kreatif menjadi pembicaraan yang layak diikuti. Belum lagi, Warner Music Group yang mengakuisisi salah satu label penting di Indonesia, Indo Semar Sakti. Satu lagi, Dwiki Dharmawan yang ditunjuk sebagai ketua yayasan Anugerah Musik Indonesia bisa jadi titik balik dari penghargaan yang telah berlangsung belasan tahun tersebut.

Dari industri film, tiga film legendaris diberitakan akan diberikan sentuhan baru. Ketiganya dalam bentuk berbeda. Film Gita Cinta Di SMA akan direka ulang dengan judul Galih dan Ratna. Sedangkan film Tiga Dara dihadirkan kembali dengan format baru 4K. Trio Warkop DKI yang telah melekat di benak penonton komedi Indonesia akan dibawakan ulang dengan semangat zaman yang baru, ketiga tokoh asli akan dimainkan perannya oleh tiga aktor masa kini.

Segala yang terjadi selama bulan Juni 2016 diingat kembali melalui tulisan ini. Berikut adalah 25 Peristiwa Penting Sepanjang Juni 2016.

25) Enam Label Rekaman Besar Indonesia Merilis Layanan Streaming Musik

Perusahaan mobile engagement asal Australia, Tuned Global, berkolaborasi dengan eenam label rekaman besar Indonesia untuk meluncurkan layanan streaming musik baru bernama Nada Kita. Enam label rekaman tersebut adalah Aquarius Musikindo, Musica Studio"s, MyMusic, Nagaswara, Trinity, dan VMC. Melalui jumpa pers peluncuran layanan tersebut pada Rabu (30/6) kemarin di Jakarta, Tuned Global menjelaskan bahwa konsep yang diusung Nada Kita adalah layanan streaming yang memberikan akses tanpa batas kepada pengguna untuk mendengarkan musik secara gratis.

Selain enam label rekaman besar tersebut, Nada Kita nantinya juga berencana akan bekerja sama dengan label-label rekaman lainnya. Mereka mengaku membuka pintu lebar bagi label-label rekaman lain untuk bergabung.

24) Slank Merilis Album Religi Pertama

Slank ketika konferensi pers perilisan album 'D.O.A.' pada Rabu (29/6) lalu.

Setelah berkarier selama 32 tahun, akhirnya Slank merilis sebuah album religi bertajuk D.O.A pada hari Rabu (29/6). Grup legendaris tersebut kembali bekerja sama dengan label rekaman milik Kentucky Fried Chicken (KFC), yaitu Jagonya Musik & Sports Indonesia (JMSI) dalam hal distribusi album. Melalui sebuah konferensi pers, perwakilan humas dari KFC menyatakan bahwa D.O.A telah terjual sebanyak 15.000 keping dalam sepuluh hari penjualan.

Album D.O.A diwakili oleh single berjudul sama, "D.O.A", yang alih-alih justru mengentak. Slank mengaku bahwa mereka tidak mau melunturkan identitas band, sekalipun ketika merilis sebuah album religi. D.O.A merupakan hadiah Lebaran dari Slank untuk para Slankers.

23) Shaggydog Meluncurkan Film Dokumenter Penampilan di SXSW 2016

Grup ska asal Yogyakarta, Shaggydog meluncurkan film dokumenter berjudul Shaggydog Goes SXSW 2016. Video telah pertama kali ditayangkan di situs Malaria House pada Jumat (24/6) lalu. Video ini menampilkan perjalanan tour Shaggydog selama di Amerika Serikat untuk tampil di SXSW 2016 bulan Maret lalu. Film Dokumenter Shaggydog Goes SXSW 2016 berdurasi 22 menit ini diambil oleh videografer Malaria House Boris. Video mengikuti dua penampilan Shaggydog di Amerika Serikat, pertama pada 17 Maret di Flamingo Cantina dan sebuah show penutup yang meriah pada 19 Maret di Russian House. Bukan cuma penampilan live, kisah di balik panggung juga disorot. Bagaimana Shaggydog berangkat tanpa kru dan hanya mengajak seorang sound engineer dan videografer merangkap fotografer. Belum lagi bagaimana keenam pemuda asal Sayidan ini menempelkan dan membagikan sendiri flyer jadwal gig di jalanan.

22) Led Zeppelin Memenangkan Sidang 'Stairway to Heaven', Tidak Terbukti Plagiat

Robert Plant dan Jimmy Page saat tampil bersama Led Zeppelin di Hamburg, Jerman pada 1973.

Led Zeppelin akhirnya memenangkan sidang pengadilan atas kasus dugaan plagiarisme lagu legendaris "Stairway to Heaven" terhadap lagu "Taurus" milik sebuah band bernama Spirit. Sidang pengadilan tersebut diselenggarakan setelah wali dari pemilik hak cipta atas lagu "Taurus", Michael Skidmore, menyampaikan gugatannya kepada pengadilan. Pengadilan tersebut berakhir pada hari ketujuh pelaksanaan sidang (23/6) dengan putusan akhir bahwa tidak terdapat kemiripan di antara lagu milik Led Zeppelin dan Spirit.

21) Era Baru AMI Awards di Bawah Kepemimpinan Dwiki Dharmawan

Setelah ditunjuk menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) periode 2016- 2021, Dwiki Dharmawan meluncurkan sistem pendaftaran karya untuk ajang tersebut secara daring. Melalui jumpa pers pada Rabu (22/6) di Jakarta, musisi jazz yang juga memperkuat grup legendaris Krakatau itu memperkenalkan situs amiawards.net. Melalui situs tersebut, Dwiki berharap musisi dan band dari berbagai Indonesia bisa lebih mudah dan cepat untuk mendaftarkan karya-karyanya. Di sisi lain, sistem daring tersebut juga diharapkan bisa membuat tugas panitia AMI Awards lebih efektif dan transparan. "Semoga website ini bisa mengakomodir dan merambah musik-musik dari seluruh nusantara," ungkap Dwiki.

Selain meluncurkan amiawards.net, dalam jumpa pers Dwiki juga memperkenalkan susunan pengurus AMI Awards periode 2016-2021 yang terdiri dari Dewan Penasihat, Board of Director (BOD), dan General Manager.

20) Drummer Endank Soekamti Mundur dari Band

Unit pop punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti, dipastikan telah ditinggal mundur oleh drummer mereka, Ari Dwi Hamzah atau yang lebih dikenal sebagai Ari Soekamti. Melalui akun media sosial Path miliknya pada Kamis (23/6) pagi, Ari mengungkapkan keputusannya untuk meninggalkan band yang telah ia bentuk bersama Erix Soekamti sejak lebih dari lima belas tahun yang lalu. Bismillahirrohmanirrohim, dear all my beloved friends, terhitung mulai tadi malam tanggal 22 Juni 2016 saya resmi mengundurkan diri dari Endank Soekamti. Terima kasih untuk perjalanan yang luar biasa selama hampir 16 tahun ini. Matur nuwun," tulis Ari.

Ketika dihubungi Rolling Stone melalui WhatsApp, Erix Soekamti selaku pentolan grup tersebut membenarkan kabar mundurnya Ari dari Endank Soekamti. Ia mengungkapkan sudah berusaha membujuk sahabatnya tersebut untuk tetap tinggal tetapi pilihannya tersebut sudah diputuskan. "Benar. Ini kami semuanya lagi kumpul saling memberi semangat. Kami semua sudah berusaha memperjuangkan beliau tapi memang sudah menjadi pilihan," jelas Erix.

Untuk menggantikan peran Ari di atas panggung, Endank Soekamti rencananya akan menggunakan jasa drummer tamu untuk beraksi di atas panggung.

19) Captain Jack Ditinggal Mundur Vokalis, Gitaris dan Keyboardist

Salah satu band rock kenamaan asal Yogyakarta, Captain Jack, ditinggal tiga orang personelnya pada Kamis (23/6) lalu. Mereka adalah Momo (vokalis), Sanco (gitaris) serta Ismeth (keyboardist). Kini dua personel yang masih tersisa hanya Andi Babon (drummer) dan Novan (bassist). "Kami sekarang tinggal berdua," ujar sang drummer Andi kepada Rolling Stone.

Hal tersebut pun telah dikonfirmasi oleh mantan vokalis, Momo. Pria yang hobi mendaki gunung itu justru mengatakan keputusan Captain Jack harus pecah sudah diambil sejak Januari 2016 silam. "Aku, Sancho dan Ismeth cabut. Sebenarnya dari Januari tapi kami bertahan hingga akhir Mei karena beberapa kontrak harus diselesaikan," ucap Momo kepada Rolling Stone di kesempatan yang berbeda.

Baik Captain Jack ataupun pihak yang mengundurkan diri kompak menyatakan masalah di antara mereka sudah terjadi sejak lama. Keputusan untuk memisahkan diri terjadi karena bom waktu yang sudah tak bisa dihindari. Kedua pihak merasa keputusan untuk berpisah adalah hal yang paling benar dilakukan saat ini.

18) Drummer Killing Me Inside Mundur dari Band

Unit rock modern asal Ibu Kota, Killing Me Inside, telah resmi ditinggalkan oleh penggebuk drum mereka, Putra Pra Ramadhan. Melalui akun Instagram miliknya pada Senin (20/6) lalu, Putra mengumumkan pengunduran dirinya dari band tersebut. Ia mengungkapkan bahwa telah mendapatkan cerita yang menyenangkan dengan Killing Me Inside, sejak bergabung pada 2011 hingga 2016 saat memutuskan keluar. Pengalaman bahagia maupun sedih hingga pertengkaran dan keriaan menjadi cerita tersendiri bagi Putra. "Lima setengah tahun ini seingat saya adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Tapi ini adalah waktunya saya untuk pergi meninggalkan semuanya," tulis Putra.

Setelah ditinggal Putra, Killing Me Inside saat ini diperkuat oleh vokalis Savira Razak, gitaris Josaphat Klemens, keyboardist Rudy Nugraha Putra, dan Angga Tetsuya.

17) Endank Soekamti Garap film 360 derajat pertama di dunia

Trio pop punk veteran asal Yogyakarta, Endank Soekamti, belakangan ini baru saja menyelesaikan proses penggarapan film panjang 360 derajat yang diklaim sebagai pertama di dunia. Filmnya sendiri bakal berdurasi sekitar 90 menit dan diberi judul Vlog Fest. Endank Soekamti beserta tim produksi melaksanakan proses shooting Vlog Fest di Gunung Bromo, Jawa Timur. Vokalis/bassist Erix merangkap menjadi sutradara untuk film ini. Persiapan keberangkatan tim Endank Soekamti menuju Bromo dan proses pembuatan filmnya dapat disaksikan lewat serial Video Blog (Vlog) Erix bernama Diary of Endank Soekamti (DOES). Vlog Fest rencananya akan dibuat sebagai agenda tahunan dan hasil penjualannya akan didedikasikan sebagai sumbangan dana pendidikan. Vlog Fest akan disertakan ke dalam sebuah box set dengan menyertakan barang-barang menarik lainnya seperti kaus eksklusif Vlog Fest 2016, sertifikat kepemilikan, video Behind the Scene selama 60 menit, juga VR Glass untuk menyaksikan filmnya yang berformat 360 derajat. Rencananya box set tersebut akan dibiayai sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu.

16) Simak Kisah Bersejarah Dua Anggota Grup Hip-Hop Legendaris Bandung, Homicide

Grup hip hop asal Bandung, Homicide, beberapa waktu lalu mengadakan reuni dengan menggelar bincang-bincang bertajuk Retrospektif Homicide yang membahas sejarah grup hip hop asal Bandung yang terbentuk pada 1994 tersebut. Acara ini merupakan bagian dari pameran arsip, manuskrip dan dokumentasi Homicide yang diberi tajuk The Nekrophone Traces. Pameran berlangsung di s.14 Artspace Library, Komplek Perum UNPAD, Bandung mulai dari 31 Mei hingga 30 Juni 2016.

Selain diskusi dan lokakarya, pameran tersebut diramaikan juga dengan pemutaran film yang dipilih sendiri oleh Ucok. Film-film yang akan diputar adalah Style Wars, Slingshot Hip Hop, dan The Black Power Mixtape 1967-1975.

Homicide telah memutuskan bubar sejak 2007. Meskipun begitu beberapa tahun belakangan, mereka giat merilis ulang rekaman dalam bentuk vinil maupun kaset. Terakhir kali album Illsurrekshun dirilis ulang oleh Grimloc Records bekerja sama dengan Grieve Records dan Elevation Records.

14) 'Tiga Dara' Akan Kembali Ditayangkan di Bioskop dalam Versi Restorasi

Film klasik Indonesia Tiga Dara telah direstorasi dalam format 4K dan akan ditayangkan kembali ke khalayak luas pada 11 Agustus 2016. Ini merupakan film arahan Usmar Ismail kedua yang direstorasi, setelah sebelumnya Lewat Djam Malam. SA-Films menjadi rumah produksi yang mengedarkan film ini secara umum.

13) ‘My Stupid Boss’ Sukses Disaksikan Tiga Juta Penonton

Film komedi yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, My Stupid Boss, pada Kamis (16/6) kemarin telah sukses disaksikan lebih dari tiga juta penonton. Dengan pencapaian angka penonton sebesar ini, My Stupid Boss menjadi film Indonesia kedua terlaris di 2016 setelah Ada Apa dengan Cinta 2. My Stupid Boss mengalahkan film-film seperti Jagoan Instan, Petualangan Singa Pemberani Atlantos, Ketika Mas Gagah pergi the Movie, Komedi Gokil 2, Modus, Talak 3, London Love Story, dan Comic 8: Casino Kings Part 2.

12) The Ataris Mendadak Membatalkan Seluruh Penampilan di Indonesia

The Ataris

Band pop punk veteran asal Amerika Serikat, The Ataris, yang rencananya akan melakukan tur konser di Indonesia resmi membatalkan semua pertunjukannya. Berita ini disampaikan oleh agen mereka di Indonesia, Collective Touring melalui status Facebook pada Kamis (16/6) lalu. Vokalis Kristopher Roe tidak bisa melanjutkan tur karena terjangkit infeksi saluran pernafasan yang belakangan dirasakannya semakin memburuk.

Ketika dihubungi Rolling Stone Indonesia via akun Facebook, Collective Touring mengatakan bahwa berita ini datang mendadak ke mereka, beberapa hari sebelumnya kedua pihak masih sempat mendiskusikan masalah teknis untuk tur Indonesia. Tidak ada pengganti untuk tiga acara yang direncanakan, tapi mereka berjanji akan membawa The Ataris tahun depan. Sebelumnya The Ataris direncakan akan tampil dalam rangkaiaian tur yang dimulai di Ramadhan Festival with Jakcloth di City Walk Lippo Cikarang, Jum"at (17/6), Bandcloth Bandung, Minggu (19/6), Jakcloth Lebaran di Senayan, Senin (20/6).

11) Pengumuman pemeran film 'Warkop DKI Reborn'

Rumah produksi Falcon Pictures telah mengumumkan poster teaser resmi dari film Warkop DKI Reborn. Sesuai dengan judulnya, film ini akan menghadirkan kembali trio aktor komedi legendaris Indonesia yaitu Wahyo Sardono yang diperankan oleh Abimana Aryasatya, Kasino Hadiwibowo yang diperankan oleh Vino G Bastian, dan Indrodjojo Kusumonegoro yang diperankan oleh Tora Sudiro. Poster teaser Warkop DKI Reborn menampilkan Abimana, Vino, Tora yang mengenakan seragam kepolosian serupa dengan yang dipakai oelh mendiang Dono, mendiang Kasino, dan Indro di film Chips yang rilis pada 1982 silam. Selain ketiga aktor tersebut akan ada pula penampilan dari Hannah Al Rashid, Nur Fazura, Ence Bagus, hingga Indro "Warkop" yang sekaligus menjabat sebagai produser eksekutif.

10) HiVi! Memperkenalkan Vokalis Baru Lewat Video Musik “Pelangi”

Setelah ditinggal vokalis Dalila "Dea" Azkadiputri pada 23 Maret 2016, grup pop HiVi! mengumumkan vokalis baru bernama Nadia "Neida" Aleida. Pengumuman ini disampaikan di Instagram HiVi! melalui sebuah foto profil terbaru serta video musik dari single terbaru "Pelangi". Sebelumnya Neida sempat diperkenalkan ke para penggemar melalui penampilan di sebuah acara kampus di Yogyakarta. "Neida bukan datang dari industri musik, dia kayak orang biasa. Nah, setelah kita lihat cocok juga sama HiVi! Ke depannya kayaknya bisa bareng." Ezra menambahkan, "Vokalnya punya karakter sendiri, orangnya fun, lucu, menarik. Cocok sih sama HiVi!"

9) Vakum Lima Tahun, Stepforward Mulai Menggarap Album Terbaru

Stepforward: Ricky, Jill, Fajar, Junas.

Grup hardcore lawas asal Jakarta, Stepforward, mengungkapkan rencananya untuk kembali dari masa vakum selama lima tahun. Band yang saat ini diperkuat vokalis Jill, gitaris Ricky Siahaan, bassist Junas, dan penggebuk drum Fajar ini juga berencana membuat materi-materi baru. Jill mengungkapkan bahwa ia dan rekan-rekan bandnya sudah memiliki lima lagu baru: "Angkara", "Tak Pernah Mati", "Solitaire", "Camkan Memarku", dan "Saksi Imaji". Stepforward masih membutuhkan sekitar empat atau lima lagu lagi untuk melengkapi album studio kedua mereka.

8) Raisa Rilis Video Musik 'Kali Kedua'

Raisa merilis video musik untuk lagu "Kali Kedua" yang merupakan single perdana dari album ketiganya, Handmade. Video musik tersebut diunggah melalui kanal YouTube resmi milik Raisa. Raisa bekerja sama dengan fotografer Davy Linggar yang ia tunjuk sebagai sutradara video musik. Keterlibatan Davy Linggar dilatarbelakangi oleh kepercayaan Raisa bahwa sang sutradara dapat menyampaikan pesan dari lagu "Kali Kedua" yang digarapnya. Dikerjakan sejak pertengahan Mei, video musik "Kali Kedua" turut membintangi aktor Nicholas Saputra.

7) Galih dan Ratna Era Milenial

Film ikonis Gita Cinta dari SMA akan dibuat ulang dengan sentuhan modern. Dalam versi barunya, judul diubah dengan hanya menonjolkan tokoh utama yaitu Galih dan Ratna. Untuk menggantikan Rano Karno dan Yessy Gusman, telah terpilih dua aktor dan aktris pendatang baru, Refal Hady dan Sheryl Sheinafia. Film Galih dan Ratna sudah memulai proses pengambilan gambar pada 12 Juni namun hingga kini belum diumumkan jadwal penayangannya di bioskop-bioskop.

6) Frau Merilis Empat Single Terbaru

Leilani Hermiasih.

Leilani Hermiasih atau lebih dikenal dengan nama Frau, pada Juni 2016 merilis empat single terbaru secara eceran yaitu "Pull the Plug", "Slow Burn", "Storm Over Cut", dan "We Are Parasites". Keempat lagu tersebut dapat didengarkan dan diunduh secara gratis di kanal Soundcloud dari Casco, institusi seni non-profit asal Belanda. Keempat lagu tersebut merupakan bagian dari Parasite Lottery, versi sederhana dari sistem lotere kolektif untuk organisasi kesenian beserta komunitas-komunitas seni di Belanda yang digagas oleh Wok The Rock (Yes No Wave Music) dan Casco.



Related

Most Viewed

  1. 8 Lagu Cover Akustik Chris Cornell Paling Berkesan
  2. Ini Band-band Thrash Metal Favorit James Hetfield Di Luar 'Big Four'
  3. Dialog Santai Komunisme dalam Peluncuran Album Debut Jason Ranti
  4. JKT48 Meluncurkan Setlist Terbaru ‘Sekarang Sedang Jatuh Cinta’
  5. Rich Chigga, GTA, dan Anna Melengkapi Jajaran Penampil Ultra Singapura 2017

Editor's Pick

Add a Comment